Perkembangan teknologi yang pesat membuat berbagai produk elektronik mengalami transformasi pula. Transformasi yang terjadi mulai dari bentuk hingga fungsi yang semakin luas. Salah satu contohnya adalah Televisi yang dahulu memiliki bentuk tabung dan besar.

Saat ini, TV tabung sudah tidak dijual lagi (kecuali barang lama atau bekas) dan telah tergantikan oleh TV LCD. Dengan transformasi yang dialami, Televisi rupanya semakin berkembang teknologinya dan kini semakin unggul dibandingkan TV tabung. Apa saja keunggulannya? Artikel berikut akan mengulas seputar keunggulan TV LCD dibandingkan dengan TV tabung.

Dimensi yang lebih ramping

Salah satu keunggulan utama dari TV LCD adalah dimensi atau ukurannya yang lebih ramping. Dengan ukuran yang lebih ramping, kini Televisi Anda dapat dipindahkan dengan lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Ya, dahulu saat Televisi masih berbentuk tabung, memindahkan Televisi terasa seperti bencana mengingat bobotnya yang luar biasa. Namun kini sejak TV bertransformasi menjadi TV LCD, memindahkan Televisi dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun.

Selain itu, dengan bobotnya yang semakin ringan, TV Anda juga dapat ditempelkan pada dinding dengan menggunakan bracket sehingga dapat memberikan keleluasaan pada ruangan di rumah Anda sekaligus mengurangi anggaran untuk membeli rak televisi. Pada intinya secara kualitas  fisik, TV LCD lebih unggul dibanding dengan tv tabung.

Fitur USB input

Keunggulan lainnya dari TV LCD jika dibandingkan dengan TV tabung adalah fitur yang dimilikinya. Dahulu, saat TV tabung masih berjaya, fitur USB input tidak tersedia dan hanya input AV (Audio Video) saja yang tersedia. Namun kini, sejak TV bertransformasi menjadi TV LCD, teknologi USB mulai diterapkan dengan memberikan fitur berupa USB input pada TV LCD. Hasilnya, Anda dapat menyetel berbagai media melalui usb input tersebut seperti lagu, gambar atau film yang dapat Anda saksikan bersama keluarga. Dengan adanya fitur usb input, Anda tidak memerlukan DVD Player untuk menyetel berbagai media melalui USB.

Itulah berbagai keunggulan TV LCD jika dibandingkan dengan TV tabung yang dulu laris di pasaran. Maka bukan hal yang mengagetkan jika kini masyarakat sudah mulai beralih ke TV LCD dan meninggalkan tv tabung.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda