Pernikahan adalah momen bahagia sekali seumur hidup, tentu saja berharap bisa berkesan. Namun, untuk membuat momen tersebut berkesan tidak harus dengan biaya besar. Anda bisa melakukan persiapan pernikahan sederhana, tanpa mengurangi kesakralan dan tetap berkesan seumur hidup Anda.

Dalam mempersiapkan pernikahan tentu melibatkan .banyak orang dengan beragam printilan yang juga harus dipersiapkan. Terlebih jika Anda ingin mengusung pernikahan adat tertentu. Agar pesta pernikahan Anda visa terselenggara dengan baik dan berkesan tetapi tetap hemat, beberapa tips di bawah bisa coba Anda terapkan.

Persiapan Pernikahan Sederhana dan Hemat Biaya

Meskipun pernikahan merupakan momen bahagia yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup nantinya, bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk menggelarnya. Sebab masih ada perjalan rumah tangga yang begitu panjang menanti di depan. Dimana pasti memerlukan biaya untuk memenuhi kebutuhan mendatang.

Maka, akan lebih bijak jika persiapan pernikahan bisa lebih hemat dan ada sisa untuk kehidupan setelah berumah tangga nantinya. Untuk mewujudkannya, berikut ini tips-tipsnya bagi Anda.

  1. Tentukan Konsep Sederhana dan Rincian Kebutuhan Serta Susunan Acara

Sebelum menggelar pesta pernikahan, sebaiknya terapkan konsep yang akan diusung serta susunan acara yang ada agar bisa dibuat rekap apa saja yang dibutuhkan nantinya. Pilih konsep yang tidak ribet dan tidak melalui banyak proses. Jika perlu, Anda bisa membuat acara akad nikah yang langsung menyatu dengan resepsi.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu, serta hemat biaya karena akad juga resepsi dilaksanakan di satu lokasi yang sama. Alih-alih menyewa gedung, Anda bisa memanfaatkan lingkungan sekitar rumah yang gratis tanpa perlu membayar sewa.

  1. Panitia

Menikah tentu melibatkan dua keluarga, daripada harus mengeluarkan uang untuk menyewa jasa wedding organizer, pembentukan panitia dari pihak keluarga sudah cukup untuk menghandle pernikahan yang sederhana. Pastikan koordinasi berjalan dengan baik, serta rincian kebutuhan dipersiapkan dengan seksama.

Dengan begitu, segala persiapan akan berjalan lancar hingga acara pernikahan terlaksana. Kebersamaan antara dua keluarga juga akan terjalin semakin erat, serta lebih hemat biaya pastinya.

  1. Sewa Baju

Tujuan menikah adalah mengikat janji suci yang diharapkan cukup terjadi satu kali. Jadi, membeli gaun akan terasa mubazir sebab tidak akan dikenakan lagi. Gunakan jasa sewa baju pengantin dan juga kostum keluarga yang ada banyak pilihannya. Biayanya lebih ringan, pernikahan juga tetap bisa digelar dengan penuh kesan.

  1. Modal

Sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, pastikan Anda sudah mempersiapkan dana atau modal dari jauh hari sebelum tanggal ditetapkan. Dengan dana yang tersedia, tentu Anda bisa memproyeksikan tema atau konsep seperti apa yang terjangkau oleh budget yang Anda punya.

Sekali lagi, masih ada hari setelah pesta pernikahan yang akan dijalani. Hari-hari itu justru inti dari pernikahan dan perlu diprioritaskan dibandingkan sekedar pesta resepsi yang berlangsung satu hari. Hindari berhutang untuk sebuah pesta pernikahan. Sebab hal itu hanya akan menjadi beban, usai acara dilaksanakan.

Kalaupun Anda harus meminjam dana tambahan, alokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting atau menutup kekurangan dana yang mungkin di luar perencanaan. Untuk pinjaman cepat cair dan anti ribet, Anda bisa gunakan aplikasi Tunaiku. Pinjaman online resmi di bawah pengawasan OJK yang rendah bunga pinjamannya.

Tunaiku menawarkan pinjaman mulai 2 juta sampai 20 juta rupiah. Dengan tenor mulai 6 bulan sampai dengan 20 bulan. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan, agar nantinya tidak memberatkan. Pinjaman cepat cair dari Tunaiku, hanya memerlukan KTP sebagai syaratnya. Tidak perlu dokumen pendukung seperti NPWP ataupun slip gaji.

Ajukan pinjaman cepat cair dari Tunaiku, untuk solusi masalah keuangan yang Anda hadapi. Cukup download aplikasi, daftar akun dan isi form pengajuan pinjaman dengan lengkap dan benar, maka pengajuan akan segera diverifikasi. Jika disetujui, Anda akan tanda tangan kontrak, lalu dalam hitungan menit dana akan masuk ke rekening yang Anda miliki.

Redaksi