Setara.net – Bagi Anda warga Jakarta, pasti sering mendengar warung lalapan Babeh. Karena tempat makan yang satu ini sudah sangat terkenal di Jakarta, maka tak ayal para pembelinya membludak dan sering sekali yang akan menyantap masakan warung babeh harus nunggu antrean meja kosong. Warung ini berlokasi di Jakarta Barat, di Jalan Mangga Besar VIII, tepat di samping kiri Bank DKI atau di seberang Hotel Royal Regal.

Jika Anda masuk di jalan Mangga Besar VIII, maka gampang sekali mencari tempat makan ini. Tempat ini selalu ramai, jadi jika Anda baru pertama kali kesini, maka tak akan susah mencari lokasi warung lalapan Babeh ini.

Jika Anda akan menyicip di Lalapan Babeh, jangan kaget kalau harus rela mengantre untuk mendapatkan meja untuk menyantap. Karena selain hanya ada beberapa buah meja, tempat ini bisa dibilang dari buka hingga tutup selalu penuh oleh pembeli.

Kurang lebih tempat Lalapan Babeh ini hanya bisa menampung 40 orang. Karena meja berjejer ke belakang sekitar 5 buah, di kanan dan kiri. Artinya di warung ini tersedia 10 buah meja, jika kita asumsikan setiap meja diisi oleh 4 orang, maka warung ini hanya menampung pembeli sebanyak 40 orang saja. Itupun jika satu meja diisi oleh 4 orang.

Menu masakan yang rumahan banget

Dalam daftar menu warung Babeh ini sebenarnya sangat sederhana sekali. Diantaranya dalam kategori lalapan berupa daun singkong dan pepaya, ada lalapan kangkung, kacang panjang dan labu muda. Dari tumis mereka menjual aneka tumis kacang dan kangkung. Akan tetapi dalam hal tumis, masih memiliki macam-macam olahan. Misalnya tumis kacang dicampur pete dan lain sebagainya.

Lalu dari menu ayam, dihadirkan macam olahan seperti ayam goreng bawang, ayam tumis dicampur dengan pete. Kemudian untuk ikan, warung Babeh menjual berbagai macam ikan, seperti ikan cue, gabus dan ikan sepat. Tentu dengan aneka olahan yang bikin ngiler.

Harga

semua maskaan di warung ini harganya sangat terjangkau. Tidak terlalu mahal, walaupun lokasinya di seputaran Mangga Besar. Jika Anda datang berdua dan memesan, misalnya seporsi tumis ikan cue, dua nasi dan ditambah lalapan serta minuman es teh manis atau air mineral, harga yang mereka patok sekitar 70 ribu saja. Padahal 1 porsi tumis ikan cue ini sangat banyak, dan saya sangat yakin, jika Anda menyantapnya sendirian dipastikan tidak akan habis. Untuk rata-rata di sini, satu menu di bawah 30 ribuan.

Menu Favorit

Mayoritas pengunjung yang berdatangan banyak yang membeli tumis ikan cue dan campuran lalapan. Menu ini adalah menu yang biasa sebenarnya, sering kita temukan di rumah sendiri. Akan tetapi hebatnya di warung lalapan Babeh ini, Anda bisa menikmati tumis ikan cue dengan rasa yang sempurna. Dengan olahan tumis yang pas di lidah kita. Rasa asin yang tak terlalu menohok di lidah, dan bau harum dari sedikit kuah tumis ini. Ditambah dengan lalapan seperti labu muda yang benar-benar segar dan sedikit rasa manis serta cocolan sambal yang sangat pedas. Bisa dibilang, perpaduan menu ini adalah masakan sederhana yang rasanya sempurna. Tak ayal, para pengunjung banyak yang menambah porsi nasinya.

Tambahan Informasi

Warung Nasi Goreng & Lalapan Babeh, ini buka setiap hari pada jam 11 siang hingga jam 3 pagi. Saya berikan rekomendasi, jika ingin menyantap makanan di Lalapan Babeh, Anda bisa datang pada saat di jam 6 hingga 9 malam. Jika memasuki jam malam, maka warung ini semakin padat oleh penikmatnya. Karena lokasi ini di seputaran Mangga Besar, yang sangat populer dengan “dunia malam”, maka jika ingin datang diusahakan di bawah jam 10-an.


Itulah sedikit ulasan saya tentang warung nasi goreng & lalapan babeh. Untuk saya sendiri menu favorit saya adalah tumis ikan cue dan lalapan labu muda yang dicocol sambal. Sudah cukup itu saja, namun membuat saya lahap menyantapnya hingga tandas dengan waktu yang sangat singkat setelah dihidangkan.

Daftar Menu Lalapan Babeh Mangga Besar
Daftar Menu Lalapan Babeh Mangga Besar

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda