Ketika ingin menjual iPhone, mungkin kamu perlu meresetnya terlebih dahulu supaya perangkat kembali ke pengaturan pabrik dan pemilik berikutnya tidak bisa mengakses data-data kamu. Mengembalikan pengaturan pabrik berarti data-data yang tersimpan di dalam penyimpanan ponsel sebelumnya akan terhapus seluruhnya. Dengan begitu, iPhone akan tampak seperti baru. Lalu bagaimana cara reset iPhone?

Sebelum melakuan reset, kamu perlu mengetahui perbedaan dua jenis reset yang biasa dilakukan pada iPhone yaitu soft reset dan hard reset. Soft reset bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa perlu menghapus data, sedangkan hard reset akan menghapus data secara permanen. Nah, hard reset inilah yang harus dilakukan untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik. Biasanya dilakukan sebelum dijual atau karena lupa kode masuk.

Cara Melakukan Soft Reset iPhone
Istilah lain dari soft reset adalah reboot. Jadi langkah ini sebenarnya hanya dilakukan untuk memulihkan iPhone yang berhenti berjalan atau hang. Cara melakukan soft reset sangat mudah dan tidak perlu menggunakan aplikasi iTunes. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Home” dan “Sleep” secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik.
  2. Setelah itu layar ponsel akan mati, kemudian langsung lepaskan kedua tombol. Tunggu beberapa saat sampai logo Apple akan muncul di layar.
  3. Ini merupakan proses reboot standar ponsel. Setelah itu kamu hanya tinggal menunggu sampai proses selesai dan ponsel siap digunakan lagi.

Cara Melakukan Hard Reset iPhone
Cara reset iPhone yang kedua adalah hard reset atau factory reset, yakni proses reset iPhone secara menyeluruh. Sebelum melakukan hal ini ada baiknya kamu melakukan backup data-data penting terlebih dahulu karena semua data akan terhapus secara permanen dan membuat tampilan iPhone terlihat seperti pertama kali baru dibeli.

Nah, pada proses back up ini kamu disarankan menggunakan aplikasi iCloud dan iTunes untuk hasil terbaik. Berbeda dengan backup pada Android, yang mana bisa dilakukan dengan hanya copy-paste saja. Setelah semua data sudah diselamatkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik:

  1. Buka “Settings”.
  2. Pilih “General”, kemudian ketuk “Reset”.
  3. Di dalam menu Reset akan ada pilihan “Erase All Content and Settings”, ketuk sampai muncul kotak peringatan mengenai data yang akan terhapus apabila iPhone direset.
  4. Masukkan Apple ID kamu untuk mengonfirmasi dan memastikan bahwa tindakan reset ini adalah seizin kamu.
  5. Tunggu prosesnya sampai semua data pada iPhone terhapus dan menampilkan tampilan semula.

Cara Reset iPhone dengan Aplikasi iTunes

Selain dengan cara di atas, reset iPhone juga bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi iTunes lewat komputer. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan iPhone dengan komputer dengan menancapkan kabel USB.
  2. Buka aplikasi iTunes di komputer.
  3. Setelah itu kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan kode atau mengklik “Percayai Komputer Ini”.
  4. Pilih perangkat iPhone kamu.
  5. Pada menu “Ringkasan”, pilih dan klik “Pulihkan perangkat”, kemudian klik sekali lagi untuk mengonfirmasi.
  6. Tunggu proses sampai selesai. Kini perangkat kamu sudah kembali ke pengaturan pabrik dan siap untuk dimulai kembali sebagai perangkat yang baru.

Mudah sekali bukan cara reset iPhone dengan metode factory reset ini? Setelah itu apabila kamu ingin melakukan restorasi data yang telah di-backup pada iCloud atau iTunes, kamu bisa melakukannya. Akan tetapi semua pengaturan sebelumnya akan kembali seperti saat pertama kali keluar dari pabrik, sehingga kamu harus mengaturnya lagi.

Perlu kamu pahami bahwa iPhone merupakan salah satu jenis smartphone kelas atas yang dibekali tingkat keamanan cukup ketat. Maka dari itu ketika lupa kode masuk atau tidak bisa membuka iPhone karena terkunci, satu-satunya jalan adalah dengan melakukan hard reset.

Jadi buat kamu yang sering lupa dengan kode-kode, gunakan saja fitur finger print untuk seri iPhone 5s ke atas. Fitur pengaman ini dinilai sangat efektif untuk menjamin keamanan data kamu di iPhone tanpa harus khawatir lupa kode.

Demikian penjelasan tentang cara reset iPhone untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Sekarang hal apa yang harus dilakukan setelah menjual iPhone lama? Mungkin kamu bisa membeli yang iPhone terbaru di Bhinneka. Segera kunjungi dan dapatkan penawaran harga terbaik!

Redaksi

Temukan informasi yang menarik dari Setara.net yang diupdate setiap hari.
Redaksi