Kebanyakan orang sering kali terburu-buru ketika ingin pinjam uang online di berbagai platform pinjaman online. Proses meminjam secara online memang terbilang sangat mudah. Para peminjam atau kreditur tidak perlu keluar rumah tinggal duduk manis sehingga membuat kebanyakan peminjam tidak berpikir panjang. 

Padahal, dalam meminjam uang tidak bisa dilakukan secara asal dan hanya bermodalkan syarat yang mudah saja. Sebab, ada banyak modus penipuan online yang mengancam para kreditur jika tidak berhati-hati. Maka dari itu pahami secara bijak platform pinjaman online yang akan digunakan sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman. Inilah tips meminjam uang secara online agar tidak salah langkah:

  1. Memastikan Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online yang Resmi

Sebelum memutuskan pinjam uang online, peminjam harus memastikan jika aplikasi pinjaman online yang digunakan merupakan aplikasi resmi yang diawasi dan dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebaiknya tidak asal download dalam mencari aplikasi pinjaman online, riset dan pelajari dahulu mengenai perusahaan dibalik aplikasi tersebut.

 Jangan gunakan aplikasi tidak resmi yang tidak tersedia di Google PlayStore atau AppStore biasanya aplikasi seperti ini didownload oleh peminjam melalui link yang tidak jelas. Biasanya aplikasi seperti ini sudah pasti tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus dihindari jika menemukan aplikasi seperti ini.

  1. Bijak Dalam Menentukan Jumlah Uang yang Akan Dipinjam

Meminjam uang secara online, memiliki banyak kemudahan yang membuat kebanyakan peminjam kurang bijak dalam menentukan jumlah uang yang akan dipinjam sehingga sering kali membuat keputusan yang salah. Tips agar tidak salah langkah ketika ingin melakukan pinjaman online sebaiknya tentukan jumlah nominal uang sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Perlu diingat jangan sekali-kali tergiur dengan penawaran pihak platform pinjaman online agar meminjam uang yang jauh melebihi kebutuhan mendesak Anda. Melakukan pinjaman online untuk kebutuhan yang sangat penting saja, dan pastikan jika Anda sanggup membayar tagihannya setiap bulan. 

  1. Mengingat Tanggal Jatuh Tempo

Setelah pinjaman online yang diajukan telah disetujui dan dana telah dicairkan oleh pihak platform pinjaman online. Hal yang sangat penting dilakukan adalah mengingat kapan tanggal jatuh tempo pinjaman tersebut. Jika diperlukan catat saja atau tAndai kalender di smartphone Anda. Dengan begitu resiko telat bayar karena lupa dengan tanggal jatuh tempo dapat teratasi.

  1. Sisihkan Uang Ketika Gajian

Tips selanjutnya agar Anda tidak telat bayar karena tidak ada uang. Ketika awal bulan jangan gunakan gaji Anda untuk keperluan yang lain yang tidak terlalu penting seperti makan-makan atau shopping di awal bulan. Pastikan untuk menyisihkan sebagian untuk membayar hutang agar tidak telat bayar ketika tanggal jatuh tempo tiba. Pastikan Anda untuk tidak mengambilnya.

  1. Jangan Melanggar Ketentuan

Ketika Anda mengajukan pinjaman online pasti akan menemui yang namanya syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi. Sehingga hubungan antara peminjam dan pihak platform pinjaman online terstruktur dan jelas apa saja ketentuan yang wajib dipatuhi pihak peminjam. Agar Anda tidak mengalami masalah atau merasa salah langkah di kemudian hari pastikan membaca dan memahami serta mematuhi ketentuan atau kebijakan yang diberikan pihak platform pinjaman online.

Supaya Anda tidak salah langkah dalam menentukan platform aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya, Tunaiku dapat Anda jadikan pilihan karena Tunaiku sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sudah terbukti terpercaya dan aman. Selain itu, para calon peminjam tidak perlu memusingkan mengenai jaminan yang harus diberikan kepada pihak Tunaiku, di sini calon peminjam dapat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan. 

Dalam pengembalian dana yang dipinjamkan oleh pihak Tunaiku Anda dapat mencicilnya sesuai tanggal jatuh tempo yang diberikan. Tunaiku juga memberikan pinjaman dengan jumlah yang cukup tinggi yaitu Rp 5 juta, Rp 10 juta, hingga Rp 20 juta. Ini merupakan suatu terobosan baru yang menjadi keunggulan Tunaiku dibanding dengan platform pinjaman online lain.

Redaksi