AC sering jadi solusi ketika sebuah ruangan terasa kurang nyaman karena suhunya panas. Ini bisa karena dampak cuaca di luar atau ruangan tersebut tidak memiliki ventilasi yang cukup. Masalahnya, beberapa orang mengeluhkan tagihan listrik yang melonjak setelah pakai AC. Jadi kamu harus pandai memilih AC paling hemat listrik. Untuk itu kita akan mengulas tentang rekomendasi harga AC 1/2 PK hemat listrik yang mungkin bisa dimasukkan dalam daftar keinginan kamu.

Harga AC 1/2 PK untuk Rumah atau Kantor

Jika kamu berencana untuk memasang AC di rumah, apartemen atau kantor, coba pertimbangkan beberapa merek berikut ini:

1. Daikin FTNE15JEV 1/2 PK
Rekomendasi pertama adalah produk buatan Daikin, AC dengan desain modern yang pastinya cocok untuk ruangan di rumah atau kantor kamu. Selain itu Daikin FTNE15JEV ini juga ramah lingkungan dan pastinya hemat listrik. Harga AC 1/2 PK ini sendiri di pasaran ada di kisaran Rp 3,4 jutaan dengan garansi resmi untuk kompresor selama 3 tahun dan 1 tahun untuk spare part.

AC Daikin ini hanya memakan daya sebesar 340 low Watt dan 05 tenaga kuda. Ukurannya tidak terlalu besar yakni 85 x 25 x 30 cm. Dengan berat total 30 kilogram pastikan benda ini diletakkan di tempat yang aman dan tidak membahayakan bagi orang di sekitarnya.

2. Sharp 1/2 PK AH-A5SEY Standard
Berikutnya ada produk dari Sharp yang sudah didukung teknologi Powerful Jet Stream. Pada saat bekerja AC ini hanya membutuhkan daya listrik 390W saja. Ditambah lagi ada fitur Auto Swing sehingga hembusan angin terasa lebih sejuk dan jangkauannya lebih jauh.

Harganya tidak sampai Rp 3 jutaan tetapi secara kualitas tidak jauh berbeda dengan produk dari Daikin tadi. Dengan Freon R410A, AC Sharp AH-A5SEY Standard juga sangat ramah lingkungan. Tetapi kelemahannya adalah bodinya agak sedikit lebih tebal dan secara keseluruhan bobotnya pun 5 kilogram (indoor dan outdoor) lebih berat dari Daikin FTNE15JEV.

3. AC Samsung Split 1/2 PK AR05JRFLAW Standard R410
Untuk ruangan yang tidak terlalu luas kamu bisa pilih AC Samsung Split  1/2 PK AR05JRFLAW Standard R410. Selain hanya mengonsumsi daya listrik 360W saja, AC ini bisa membuat udara di ruangan lebih cepat dingin berkat adanya fitur Fast Cooling. Ukurannya pun standar jadi tidak masalah jika digunakan pada ruangan seluas 3×3 m sekalipun.

Dengan merogoh kocek Rp 2,5 jutaan, Samsung memberikan garansi resmi selama 1 tahun untuk spare part dan 3 tahun untuk kompresor. Sejauh ini Samsung mampu memberikan harga kompetitif untuk produk dengan kualitas yang hampir sama dengan kompetitornya.

4. AC Samsung 1/2 PK AR05JRFLAW
Di opsi keempat Samsung punya seri lain dengan fitur yang lebih tinggi yakni AR05JRFLAW. Desainnya elegan dan mengadopsi teknologi terkini. Sama dengan seri standar, AC 1/2 PK ini juga punya fitur Fast Cooling namun ditambahkan dengan filter full HD sehingga udara yang dihasilkan lebih bersih.

Dari segi dimensi, Samsung memilih desain memanjang namun lebih tipis (72 x 18 x 24 cm) dan hanya menghabiskan daya 360W saat digunakan. Cocok dipasang di ruang rapat atau di ruang pertemuan dengan ukuran standar. Harganya sendiri mulai Rp 3 jutaan saja.

5. AC Panasonic Low Standard Split 1/2 PK – CS CU-YN5RKJ
Jika kamu mencari AC Panasonic yang hemat listrik, maka pilihlah AC Single Split 1/2 PK. Panasonic mengklaim produknya ini dapat menghemat penggunaan listrik hinga 20 persen. Keunggulan lainnya adalah bisa mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin. Ini bertujuan supaya orang di dalamnya tetap merasa nyaman. Setelah 2 jam pemakaian, maka suhu akan naik otomatis 1 derajat C setiap 1 jam sekali.

Menarik sekali, bukan? Teknologinya ramah lingkungan, produknya tahan lama dan sudah pastinya lulus uji SNI. Dapatkan produk ini dengan harga hanya Rp 2,8 jutaan saja.

Memilih AC memang perlu mempertimbangkan beberapa hal, sayangnya tidak semua orang memahami spesifikasi AC. Dengan ulasan singkat di atas, diharapkan kamu bisa memilih mana AC hemat energi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Dapatkan harga AC 1/2 PK termurah dan asli hanya di situs jual beli Bhinneka.com.

Redaksi

Temukan informasi yang menarik dari Setara.net yang diupdate setiap hari.
Redaksi