Menjaga tubuh agar tetap sehat seharusnya tidak menunggu adanya pandemi virus corona seperti saat ini. Sebab menjaga kesehatan adalah kewajiban yang harus dilakukan, agar tidak mudah sakit.

Maka, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pola hidup yang baik. Mungkin ini klise, tapi memang ini jalan yang paling efektif dan sederhana yang bisa dilakukan. Apalagi dengan situasi dan kondisi seperti sekarang, seharusnya menjaga pola hidup benar-benar dijaga. 

Lalu apa saja yang bisa dilakukan? 

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah langkah penting agar kamu tetap sehat. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, dan juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, mulai dari benda-benda yang ada di rumah, dan lain sebagainya. 

Kebersihan adalah salah satu penangkal yang manjur untuk melawan virus corona atau coronavirus. Jadi, jangan malas untuk bebersih, ya. Kebiasaan lama yang buruk segera diubah, mulai sekarang. Oh ya, sering-sering cuci tangan dengan sabut dengan cara yang tepat ya. 

Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan yang kita makan harus benar-benar dijaga dengan baik. Pilah dan pilih makanan yang bergizi untuk menjaga agar tubuh kamu tetap fit. Selain itu, sebisa mungkin untuk mengonsumsi multivatimin. 

Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu, sebab bisa memacu sel darah putih untuk melawan infeksi. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, buah paprika, bayam, dan lain sebagainya. 

Selain itu kamu juga mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, jambu biji, pepaya, kiwi, dan lain-lain. 

Rutin Berolahraga

Selain menjaga kebersihan dan mengonsumsi makanan bergizi, yang jangan ditinggalkan adalah dengan berolahraga secara rutin. Kamu cukup berolahraga dari rumah. Olahraga akan membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bisa membantu proses regenerasi sel imun.

Kamu bisa berolahraga yang ringan-ringa, misalnya dengan berjalan kaki mengelilingi pekarangan rumah. Jangan dipaksakan dengan berolahraga yang berat, apalagi kamu tidak terbiasa olahraga. Oh ya, selain itu kamu juga bisa berjemur di bawah sinar matahari sekitar 15 menit. 

Istirahat yang Cukup

Setelah semua sudah kamu lakukan, ada hal penting lagi yang bisa kamu lakukan, yakni dengan istirahat yang cukup. Mungkin saat ini kegiatan atau aktivitasmu banyak di dalam rumah. Tapi, bukan berarti kamu tidak mengalokasikan waktu untuk beristirahat.

Dengan tidur yang cukup akan membantu regulasi imun tetap terjaga, dan jika kamu kurang tidur akan menurunkan sistem imun. Oh ya, selain menurunkan sistem imun, kurang tidur juga membuat seseorang rentan terinfeksi patogen.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh kamu agar tetap sehat dan bisa terhindar dari virus corona. Selain tips di atas, jika kamu saat ini masih beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk menggunakan masker dan tetap jaga jarak dengan orang lain. Tetap waspada ya, dan semoga pandemi ini segara usai, agar kita bisa beraktivitas normal.

Oh ya, jika kamu mencari informasi tentang kesehatan harus mencari dari sumber yang kredibel dan terpercaya. Salah satu yang bisa kamu jadi rujukan adalah halodoc. Di website ini dibahas lengkap mengenai kesehatan, dan kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Jadi, sangat memudahkan kita di saat pandemi seperti sekarang. Karena gak harus keluar rumah.

Redaksi