Sistem cloud atau komputasi awan mulai banyak dilirik oleh pelaku bisnis di Indonesia. Hal ini terjadi berkat kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi cloud. Melihat kebutuhan pasar yang semakin tinggi, tak heran jika saat ini tersedia berbagai jenis cloud service yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Teknologi ini telah dipercaya memberikan banyak keuntungan, terutama bagi bisnis, mulai dari biaya yang terjangkau, penggunaan yang fleksibel, hingga bisa diakses secara luas.  Tak heran jika saat ini semakin banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya. Namun, sebelum mengakses dan memanfaatkan cloud service, penting bagi Anda untuk mempelajari dan memahaminya terlebih dahulu. Berikut beberapa ketentuan yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih cloud service.

Performa Layanan Cloud

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu ingin mendapatkan layanan cloud dengan performa yang maksimal. Terlebih, jika Anda sudah mengeluarkan biaya untuk menggunakan layanan tersebut. Untuk itulah, sebelum memutuskan menggunakan cloud, Anda perlu mempertimbangkan performa dari layanan cloud yang akan Anda pilih. Pastikan untuk tidak sembarangan dalam memilih dan mencari servis komputasi awan yang tepat bagi Anda.

Untuk memastikannya, Anda bisa melihat penawaran yang diberikan oleh pihak penyedia cloud. Biasanya, mereka akan menawarkan proses trial terlebih dahulu. Jika Anda merasa puas, Anda bisa lanjut untuk mulai berlangganan.

Biaya Layanan Cloud

Mengeluarkan biaya yang lebih murah untuk kebutuhan bisnis memang menjadi pilihan yang paling dicari. Namun, dalam sistem cloud, Anda tentu harus mempertimbangkan semuanya secara objektif. Dengan kata lain, harus ada variabel ukur sehingga Anda bisa mencari dan membandingkan dengan layanan lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan biaya dengan keperluan perusahaan terhadap aplikasi yang ingin dijalankan serta tingkat kepentingan yang ingin didapatkan.

Keamanan Layanan Cloud

Ada banyak pertimbangan sebelum menentukan penyedia layanan cloud yang tepat, salah satunya adalah segi keamanan. Hal ini perlu dilakukan mengingat data dan informasi perusahaan sangat penting untuk dijaga agar tidak bocor, terlebih kepada kompetitor. Jika hal ini terjadi, tentunya akan ada banyak permasalahan yang muncul kemudian hari.

Umumnya, penyedia servis komputasi awan sudah memaksimalkan performa dari sistem keamanan. Bahkan, mereka menghabiskan investasi besar untuk hal ini, terutama pada IPS/IDS, Anti-DDos, dan Firewall.

Dukungan Layanan Cloud

Permasalahan mungkin saja terjadi saat menggunakan komputasi awan. Itulah mengapa, dukungan layanan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam cloud service. Semua bentuk dan mekanisme penanganan yang ditawarkan perlu Anda pahami secara menyeluruh, termasuk saluran yang digunakan, apakah lewat telepon, email, atau on-site.

Semua bagian tersebut sangat penting sehingga aspek-aspek terkait permasalahan penggunaan bisa diatasi secara cepat.

Beberapa pertimbangan di atas sangat penting untuk diperhatikan agar semua kebutuhan yang diinginkan dalam bisnis bisa Anda dapatkan. Bagi Anda yang sedang mencari penyedia cloud service di Jakarta, neuCentrIX bisa menjadi pilihan tepat.

Redaksi