Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang menggunakan internet. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat itulah, bisnis pengembangan startup juga banyak yang bermunculan. Jika di Indonesia kalau startup mana yang menjadi patokan kesuksesan, maka pasti akan menjawab startup seperti Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Keempat startup asal di Indonesia tersebut bahkan saat ini sudah menjadi startup unicorn. Startup unicorn merupakan startup yang memiliki nilai valuasi sebesar U$ 1 Miliar atau Rp 14 Triliun. Dengan kesuksesan tersebut, mereka di awal berdirinya juga tak semudah dan sebesar sekarang.

Jika Anda ingin membangun startup, berikut ini terdapat empat langkah awal yang harus Anda ketahui. Chief Executive PT Kibar Kreasi Indonesia (KIBAR), Yansen Kamto dan pendiri aplikasi Code for Indonesia, Prasetyo Andy Wicaksono memberikan langkah-langah yang harus Anda ambil jika ingin mendirikan startup

Berawal dari Masalah

Banyaknya permasalahan sehari-hari yang terdapat dalam kehidupan masyarakat membuat Anda harus bisa mencari masalahnya. Tidak usah jauh-jauh dalam mencari permasalahan, karena bisa dimulai dari sendiri dan lingkungan sekitar.

Buat Tim

Saat ini adalah eranya kerjasama atau kolaborasi. Maka untuk memmbangun startup, salah satu kuncinya adalah membuat tim yang solid dan kolaborasi. Jadi bagi Anda pendiri startup harus memiliki tim yang solid, agar startup yang didirikan tidak berhenti di tengah jalan.

Riset Masalah

Ketika Anda sudah menemukan masalah. Langkah selanjutnya adalah melakukan riset terhadap masalah yang ditemukan. Apakah banyak orang atau masyarakat yang memiliki masalah serupa atau tidak.  Setelah itu Anda harus meriset juga mengenai seberaa besar pasarnya. Jadi lakukan riset dengan serius, agar startup yang Anda dirikan apakah bisa bertahan atau tidak.

Ciptakan Solusi

Ketika permasalahan sudah jelas dan kebutuhan pasar telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah dengan menciptkan solusi. Tentunya yang namanya menciptakan solusi itu harus simple dan sederhana. Agar masyarakat sebagai pengguna atau pemakai layanan tidak menimbulkan kesulitan atau masalah di kemudian hari.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE