Setara.net – Kegiatan traveling beberapa tahun terakhir ini sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Bagi yang hobinya traveling mestinya kamu tahu tentang sikap yang harus dihindari ketika traveling. Akan tetapi, banyak sekali traveler yang masih melakukannya. Setara.net akan membahas apa saja sikap yang harus dihindari pada saat traveling, biar kamu ga norak dan travelingmu menyenangkan. Cheers!

Sikap yang harus dihindari pada saat traveling

Salah milih kostum

salah kostum saat liburan
Duh jangan sampai seperti ini ya.

Pada saat traveling, kamu harus mengerti atau paham tentang pakaian yang dikenakan. Misalnya, kamu ingin traveling ke pantai, ya bawa baju-baju pantai beserta asesoris lainnya. Jangan bawa pakaian untuk naik gunung. Lalu ada beberapa orang yang salah kostum, misalnya ketika akan traveling ke Malaysia, malah ia mengenakan pakaian musim dingin di Eropa. Padahal hanya ingin tampil beda, tapi harus tahu tempat ya. Selain norak, kamu akan menjadi pusat perhatian orang lain. Bukan karena kamu keren, akan tetapi memalukan.

Jangan buang sampah sembarangan

membuang sampah pada tempatnya
Membuang sampah sembarangan akan membuat tempat wisata ketika dipandang menjadi tak sedap.

Sebagian traveler dari Indonesia terkenal dengan buang sampah sembarangan. Hal itu berlaku juga di dalam negeri. Banyak tempat wisata di Indonesia yang penuh sampah berserakan dimana-mana. Jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan di tempat wisata. Tidak susah juga kan, membuang sampah pada tempatnya. Hal ini juga sudah disediakan tempat sampah oleh pengelola wisata. Gak enak juga kan, pesona alam yang indah rusak hanya karena sampah yang menumpuk tak karuan.

Mencorat-coret Tempat Wisata

mencoret coret tempat wisata
Plis deh, tempat wisata bukan buku tulis yang bisa kamu coret-coret!

Ahhh… kamu ini sedang traveling, bukan sedang membuat grafiti di buku gambar. Mencorat-coret sebuah tempat wisata demi mencari sensasi atau eksis adalah hal yang harus kamu hindari. Jangan menjadi norak dan alay deh, ketika traveling. Selain membuat tempat wisata jadi kurang bagus, kamu juga berarti belum bisa menjaga keindahan alam yang diberikan Tuhan. Jika ingin mengabadikan moment bahwa kamu pernah berada di tempat wisata tersebut, cukup hanya dengan foto. Tak harus mencorat-coretnya. Apalagi kamu membuat tulisan yang aneh-aneh. Misalnya seperti inisial kamu dan pacarmu, atau lainnya.

Melanggar peraturan dan norma-norma setempat

acara adat di bali
Salah satu acara adat di Bali, Ketika kamu traveling ikuti norma setempat ya…

Setiap tempat wisata pasti memiliki peraturan-peraturan tertentu bagi traveler. Pun setiap tempat wisata akan memiliki norma-norma yang berbeda. Peran kamu disini sangat gampang sekali. Hanya menaati peraturan setempat. Yang tak kalah penting juga, jika kamu tidak tahu peraturannya, kamu bisa bertanya kepada pemandu wisata disitu atau tanya pada petugas yang jaga. Bertanyalah, karena bertanya tidak akan membuatmu bodoh kok. Lagian bertanya juga gratis. It’s simple.

Merusak apalagi mengambil tanpa izin

merusak taman bunga amarilis di jogja
Jangan ditiru ya kelakuan seperti ini, malu euy malu…

Ketika kamu traveling ke alam, jangan sampai merusak. Ingat, yang menikmati alam itu bukan kamu seorang! Tetapi masih ada orang lain, dan juga anak-cucumu kelak. Beberapa waktu lalu, ada kejadian yang norak sekali. Bahwa di sebuah kota di Indonesia ada taman bunga yang indah seperti di luar negeri. Lalu banyak orang yang berdatangan di taman tersebut. Yang bikin kesalnya adalah, mereka menginjak-injak bunga tersebut hanya untuk selfie. Tindakan seperti itu selain norak juga bikin malu. Jadi, jangan dirusak ya…

Baca juga : Inilah Alasan Kenapa Traveling Itu Penting!

Itulah hal-hal yang harus dihindari pada saat melakukan traveling. Jika sudah tahu jangan sampai kamu melakukan sikap tersebut. Selain merugikan orang lain, kamu juga termasuk bagian orang yang tidak bersyukur.

Robit Mikrojul Huda

1 COMMENT

Comments are closed.