Tips Aman Saat Traveling Pertama Kali ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri itu menyenangkan! Dan yang lebih penting juga, kamu harus santai dan jangan grogi. Namun, perlu tips agar travelingmu lancar. Apa saja?

0
Tips traveling pertama kali ke luar negeri

Setara.net – Liburan ke luar negeri adalah hal yang diimpikan banyak orang. Pasalnya liburannya bisa jadi tak akan pernah dilupakan dalam hidupnya, apalagi jika itu yang pertama kali. Hal ini juga akan membuat seseorang menumpulkan uang untuk liburan atau traveling ke luar negeri.

Perjalanan yang jauh dan pertama kali tentunya tidak hanya mempersiapkan uang saja. Tetapi masih banyak hal-hal yang harus dipersiapkan ketika traveling. Lalu apa saja tips aman saat traveling ke luar negeri untuk pertama kali?

Mengurus Paspor atau Visa

Ketika kamu ingin mengunjungi negara lain, pastinya kamu akan menggunakan paspor. Kamu tidak akan bisa membeli tiket pesawat jika tidak memiliki paspor. Lebih baik, kamu membuat paspor terlebih dahulu walaupun untuk waktu dekat tidak akan berlibur ke luar negeri. Kemudian ada juga beberapa negara yang mewajibkan visa untuk masuk ke negara tersebut. Hal ini kamu bisa mengurusnya ke kedutaan besar terkait, atau kadang pada agen perjalanan juga bisa mengurus pembuatan visa.

Fisik

Hal yang harus dipersiapkan ketika traveling ke luar negeri adalah fisik. Karena fisik adalah menjadi faktor utama ketika kamu traveling ke luar negeri. Karena Perjalanan jauh ke luar negeri akan menguras tenaga atau fisikmu. Kamu akan menghabiskan waktu yang lama di pesawat. Itu semua akan membuatmu bosan dan kadang jetlag.

Maka dari itu, kamu harus menjaga kondisi fisik agar terus fit.

Cari informasi mengenai negara tujuan

Sebelum kamu traveling ke luar negeri, lebih baiknya adalah kenali atau cari informasi mengenai negara yang akan kamu tuju. Mulai dari makanan, minuman, hukum adat istiadat, musim dan lainnya. Kamu harus tahu seluk beluk negara yang akan kamu tuju. Hal ini akan memudahkan kamu saat liburan. Mengenai ini, Setara.net pernah menulis tentang : Hal yang Wajib Kamu Ketahui Ketika Berlibur di negara Thailand. Karena setiap negara tentu memiliki perbedaan masing-masing. Jadi intinya, kenali negara tujuanmu ketika ingin traveling ke luar negeri.

Ikuti instruksi agen perjalanan

Jika kamu travelingnya bareng banyak teman dan dengan menyewa agen perjalanan, maka kamu tidak usah khawatir. Pihak agen perjalanan akan memberi instruksi kepada kamu karena mereka memeiliki aturan. Hal ini dibuat agar peserta tour aman ketika melakukan traveling.

Namun bagi kamu yang traveling tidak menggunakan jasa agen perjalanan, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari banyak informasi. Kamu bisa bertanya kepada teman yang pernah ke luar negeri atau dengan cara lain.

Aktifkan Ponselmu

Ini adalah hal penting juga ketika kamu baru pertama kali traveling ke luar negeri. Handpone saat ini sudah menjadi bagian penting dalam hidup manusia modern. Jadi pastikan bahwa handponemu selalu aktif. Kamu juga bisa menggunakan jasa roaming internasional. Tentu ini akan sedikit mahal. Lebih baik kamu membeli sim card lokal untuk biaya yang lebih hemat. Juga kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi di negara tersebut.

Itulah tips aman saat traveling pertama kali ke luar negeri. Dan hasil yang akan kamu dapat adalah pengalaman yang tak akan pernah kamu lupakan. Liburan ke luar negeri itu menyenangkan! Dan yang lebih penting juga, kamu harus santai dan jangan grogi.

Baca juga : Pertamakali naik pesawat? Ketahui hal berikut ini!

 

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda