Setara.net – Melakukan sebuah perjalanan bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Entah perjalanan sendiri, bareng teman atau keluarga. Kita bisa memakai kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Akan tetapi, ada kalanya kita pada saat melakukan perjalanan dengan tujuan yang lumayan jauh, kita bisa menggunakan transportasi umum.

Ketika kita ingin melakukan perjalanan ke luar pulau, atau ke luar negeri misalnya. Ada dua pilihan kendaraan yang harus kamu gunakan adalah melalui jalur darat dan udara. Mayoritas orang akan menggunakan jasa pesawat terbang jika ia akan keluar negeri atau melakukan perjalanan jauh.

Selain menghemat waktu dan tenaga, pesawat adalah transportasi umum yang paling aman di dunia. Ketika kamu naik pesawat, kamu harus mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan.

Pengalaman pertama kali, akan selalu diingat oleh seseorang. Tak hanya dalam naik pesawat, akan tetapi pada hal lain juga demikian. Misalnya pada saat pertama kali kita sekolah, berpacaran, dan begitu juga pengalaman pertama traveling sendirian.

Lalu apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan ketika kita naik pesawat agar perjalanan kita lancar dan sampai tujuan dengan selamat?

Hal yang harus diketahui ketika pertama kali naik pesawat

Perhatikan peraturan bagasi maskapai

Setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan yang berbeda mengenai kapasitas bagasi pesawat. Ada yang maksimal barang bawaan 20 kg, 30 kg dan lainnya. Sebenarnya kapasitas bagasi dari maskapai ini mudah dilihat ketika saat memesan tiket. Disana terdapat berbagai informasi, salah satunya adalah kapasitas bagasi. Meskipun maskapainya sama, peraturan yang diberikan juga berbeda. Karena itu tergantung dengan kelas dan tujuan penerbangan.

Hal ini sangat penting karena jika kamu membawa barang bawaan yang melampui dari batas kapasitas. Kamu akan dikenakan biaya ekstra.

Datanglah dua jam sebelum keberangkatan.

Pesawat berbeda dengan transportasi umum lainnya. Jangan sampai kamu datang terlalu mepet apalagi telat. Itu akan membuat kamu rugi. Karena ketika kita mau naik pesawat ada peraturan yang lumayan banyak dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Jadi, kamu harus datang di bandara dua jam sebelum penerbangan.

Ada beberapa prosedur ketika kita naik pesawat. Mulai dari pemeriksaan keamanan, chek-in, dan mencari ruang boarding bahkan juga mencari terminal keberangkatan kita sesuai dengan maskapai yang ada tiket. Jadi, usahakan kamu jangan sampai mepet datangnya.

Pemeriksaan keamanan

Di Bandara memiliki standard kemanan yang tinggi dibandingkan dengan lainnya. Kamu akan diperiksa dua kali ketika ingin naik pesawat.

Pertama, adalah pada saat kamu check-in. Pemeriksaan pertama ini kamu pasti akan melewati metal detector. Oleh petugas kemanan kamu akan diminta melepaskan logam yang menempel di tubuh. Seperti jam tangan, ikat pinggang, handpone, korek api dan lainnya. Dalam hal ini, jangan sampai kamu membawa barang bawaan yang berbahaya jika tidak mau berurusan dengan petugas keamanan.

Pemeriksaan kedua adalah ketika kamu masuk ruang tunggu sebelum naik pesawat. Pada pemeriksaan ini, pihak keamanan fokus pada barang bawaan yang berjenis cairan.

Chek in

Chek in adalah prosedur resmi dimana pihak maskapai mencatat penumpang yang datang ke manifes data maskapai. Kamu harus mencari loket check in yang sesuai dengan nama maskapai. Disaat chek in kamu akan diminta menunjukkan beberapa hal, salah satunya adalah KTP atau paspor. Disini kamu yang membawa barang bawaan, barangnya juga akan ditimbang. Dan kamu bisa memilih apakah barang bawaanmu ditaruh di bagasi atau kabin pesawat. Setelah proses ini kamu akan diberikan selembar boarding pass.

Boarding

Perhatikan boarding pass yang kamu dapatkan. Disitu akan diberi informasi mengenai gate (pintu keberangkatan). Jangan sampai salah ya. Perhatikan jam boarding dan jam keberangkan pesawatmu. Karena kamu akan masuk pesawat hanya di pintu ini.

Patuhi peraturan yang ada di dalam pesawat

Setelah boarding (naik pesawat), kamu harus menaati peraturan. Seperti mematikan handpone. Jangan sampai handpone kamu nyalakan, dan tidak kamu atur di “air plane mode”. Karena hal ini akan mengganggu sistem navigasi pesawat. Gunakan sabuk pengaman dengan benar. Dan perhatikan petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh awak kabin.

Baca juga : Tips meninggalkan rumah saat liburan.

Demikian informasi yang harus kamu perhatikan ketika naik pesawat pada saat pertama kali. Yang terpenting juga adalah, nyantai aja dan jangan tegang. Semoga penerbanganmu lancar dan selamat sampai tujuan!

Robit Mikrojul Huda