London merupakan ibukota Inggris yang memiliki pesona luar biasa. Pesona ini berasal dari bangunan dengan arsitektur kuno yang mendominasi kota. Bangunan kuno tersebut masih terawat sehingga menarik minat wisatawan dari seluruh dunia untuk singgah di London. Setidaknya dalam satu tahun lebih dari 10 juta orang datang ke London untuk menikmati pesona wisata yang luar biasa di kota ini. Berikut ada daftar tempat wisata di London yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung di kota ini.

Portobello Road Market

Portobello Road Market merupakan pusat penjualan benda-benda antik yang paling besar di Inggris. Tempat wisata ini tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang gemar mencari benda-benda antik, mulai dari pakaian, furnitur, hingga asesoris. Pasar barang antik yang berada di Nothing Hill ini paling ramai ketika hari sabtu dan minggu. Ada baiknya membawa uang dalam jumlah yang banyak karena benda antik di Portobello Road Market dijual dengan harga yang relatif mahal. Tidak ada salahnya mencari orang yang meminjamkan uang tanpa jaminan jika ingin membeli beberapa benda antik di Portobello Road Market. Selain menjual benda-benda antik, di sepanjang Portobello Road Market terdapat kafe dan restoran yang bisa dikunjungi untuk mengisi perut.

Sungai Thames

Sungai Thames merupakan sungai terbesar di Inggris yang membelah London. Wisatawan bisa menyusuri sungai Thames dengan kapal pesiar. Kapal pesiar di Sungai Thames memiliki desain dek dengan atap yang terbuka. Sehingga wisatawan bisa merasakan kesejukan hembusan angin sepanjang sungai sembari menikmati keindahan kota London. Kapal pesiar di Sungai Thames beroperasi sejak jam 10 pagi sampai dengan malam hari. Wisatawan bisa pinjam duit cepat tanpa jaminan untuk membeli tiket kapal pesiar di Sungai Thames yang harganya 14 Euro.

Camden Town

Camden Town adalah tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk wisatawan yang gemar berbelanja. Camden Town merupakan pusat penjualan souvenir khas London. Wisatawan bisa naik tube atau kereta bawah tanah dari pusat kota London untuk sampai ke Camden Town Train Station. Kemudian mereka hanya perlu keluar dari stasiun untuk menemukan pasar suvenir Camden Town yang berada di sepanjang Camden Road.

Ada beragam souvenir yang bisa dibeli di Camden Town. Namun souvenir yang menjadi favorit wisatawan adalah poster yang memajang setiap sudut London serta miniatur bangunan di London seperti Big Ben, kotak telepon merah, Tower Bridge, hingga Trafalgar Square. Jika menginginkan souvenir khas London dengan harga yang murah, belilah pembuka tutup botol, gantungan kunci, magnet kulkas, dan cermin.

Queen Mary’s Garden

Wisatawan yang ingin merasakan romantisme London bisa mengunjungi objek wisata Queen Mary’s Garden. Queen Mary’s Garden merupakan destinasi wisata berupa taman bunga mawar yang berlokasi di Regent’s Park. Mawar yang ada di Queen Mary’s Garden mulai ditanam sejak masa pemerintahan Raja George V dan berakhir pada tahun 1934. Kemudian, taman ini dibuka untuk umum dan dinamai sesuai dengan nama istri raja yaitu Ratu mary.

Queen Mary’s Garden memiliki lebih dari 12.000 bunga mawar dengan beragam warna dan jenis. Di dalam taman ini terdapat danau yang bisa dikelilingi dengan perahu bernama Boathouse. Selain itu, di sekitar taman terdapat kafe untuk bersantai dengan arsitektur bangunan yang unik. Waktu yang paling direkomendasikan untuk mengunjungi Queen Mary’s Garden adalah bulan Juni karena bunga mawar yang ada di taman ini sedang bermekaran.

British Museum

Wisatawan yang mencari tempat wisata murah dan menakjubkan bisa datang ke tempat wisata yang satu ini, yaitu British Museum. Museum ini menyimpan lebih dari delapan juta artefak kuno yang berasal dari seluruh dunia. Museum yang berdiri sejak tahun 1753 ini bisa dikunjungi dari pukul 10 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Churchill War Rooms

Churchill War Rooms adalah museum yang menjadi sumber pembelajaran tentang Perang Dunia II, khususnya pembelajaran tentang strategi perang yang diterapkan Inggris pada masa Perang Dunia II. Lokasi museum ini berada di bawah tanah, tepatnya di bawah bangunan yang berada di kawasan Whiteball, Westminster.

Museum ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Churchill Museum dan Cabinet War Rooms. Churchill Museum merupakan bagian museum yang memuat tentang biografi Winston Churchill, termasuk beberapa barang peninggalan Churchill semasa masih hidup. Sedangkan Cabinet War Rooms adalah bagian museum yang menampilkan peralatan perang milik tentara Inggris selama Perang Dunia II beserta informasi tentang keterlibatan Inggris di dalam Perang Dunia II.

Churchill War Rooms sudah ada sejak tahun 1984 dan beroperasi sejak jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Tiket masuk museum ini adalah 17 Euro untuk orang dewasa dan 13 Euro untuk anak-anak, pelajar, dan orang tua.

Windsor Castle

London memiliki banyak bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya Windsor Castle. Windsor Castle merupakan kastil yang paling besar sekaligus paling tua yang ada di dunia. Kastil ini telah menjadi tempat tinggal bagi 39 raja Inggris beserta keluarganya. Bahkan sampai saat ini Ratu Elizabeth masih menjadikan Windsor Castle sebagai tempat untuk menerima tamu kenegaraan. Wisatawan yang mengunjungi Windsor Castle bisa berkeliling di dalam bangunan kastil yang megah serta taman yang indah.

London Eye

Rasanya tidak lengkap datang ke London tanpa mengunjungi London Eye. London Eye merupakan objek wisata yang setiap tahunnya menyedot lebih dari tiga juta orang wisatawan. London Eye merupakan kincir angin raksasa dengan tinggi 135 meter yang berada di sebelah selatan Sungai Thames. Keindahan London bisa dilihat secara sempurna dari atas London Eye.

Tower of London

Tower of London atau Menara London adalah tempat wisata yang menjadi ikon bagi London. Menara ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih terawat dengan baik. Sehingga wisatawan yang datang ke London bisa menikmati keindahan Tower of London sambil berfoto-foto.

Westminster Abbey

Wisatawan yang datang ke London tidak boleh melewatkan Westminster Abbey yang sudah berdiri sejak tahun 1066. Bahkan, Westminster Abbey dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Pada mulanya Westminster Abbey adalah gereja untuk tempat penobatan raja dan ratu Inggris. Selain itu, tempat ini dijadikan tempat pernikahan anggota keluarga Inggris seperti Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011. Wisatawan bisa mengagumi keindahan arsitektur Westminster Abbey yang sudah berumur ribuan tahun sekaligus merasakan suasana sakral di dalam gereja ini.

Big Ben

London memiliki banyak bangunan yang ikonik, salah satunya Big Ben atau Elizabeth Tower. Big Ben merupakan menara jam raksasa dengan berat melebihi 13 ton yang sudah berdiri di London sejak 150 tahun yang lalu. Big Ben berada di bagian ujung dari Westminster Bridge dan berdekatan dengan Parliament Square.

SHARE