Cirebon, sebuah kota perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, siapa sangka di sana banyak terdapat destinasi wisata. Tak hanya wisata keagamaan, wisata alam pun dapat dengah mudah kita temukan di sana. Kamu berminat menjadikan kota Cirebon sebagai destinasi wisata, setara.net telag merangkum tempat wisata di Cirebon yang bisa kamu kunjungi bersaa keluarga, rekan kerja atau teman bermain. Berikut rangkumannya.

  1. Goa lalay, Majalengka
Goa Lalay Majalengka
Goa Lalay Majalengka

Goa lalay, sebuah tempat wisata yang mendapat julukan green canyon nya Majalengka ini merupakan destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Cirebon. Goa lalay terletak di  Desa Sukadana, Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Keindahan dari goa satu ini, memang patut diacungi jempol. Keindahannya mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Dengan jurang batu  yang sangat besar dan panjang kurang lebih 1 kilometer yang dibawahnya mengalir air yang sangat jernih yakni aliran sungai Ciongkrang, seolah menjadikan goa lalay sebagai surge tersembunyi di tanah sunda. Selain itu, Green Canyon satu ini memiliki keunikan yaitu selain batu-batu yang mengapit sisi jurangnya berwarna hijau.

  1. Puncak Gunung Ciremai
Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Jika kamu mencari destinasi wisata yang dapat memacu adrenalin, kamu perlu mencoba mendaki puncak gunung ciremai.  Puncak gunung ciremai merupakan puncak tertinggi di Jawa Barat yang menyimpan banyak keindahan.

Gunung yangi memiliki ketinggian 1.072 mdpl ini menjadi salah satu tempat terbaik melihat mekarnya bunga edelweiss saat musim kemarau. Jadi merupakan hal wajar, bahwa destinasi satu ini tak pernah kehilangan peminat.

Untuk mencapai puncak ciremai bisa melewati beberapa jalur pendakian. Jalur yang pertama, jalur linggarjati yang merupakan akses paling dekat dengan kota Cirebon di ketinggian 600 mdpl atau yang paling jauh dari puncak. Jalur kedua adalah jalur palutungan.  Berada di ketinggian 1.100 mdpl dengan jalur yang lebih dekat ke puncak dengan waktu tempuh sekitar 8 jam. Dan yang ketiga, pendakian lewat apuy sebagai lokasi yang lebih dekat lagi ke puncak dan bisa diselesaikan dengan waktu tempuh 6-7 jam.

  1. Telaga Biru Cirecem, Kuningan
Telaga Biru Cicerem
Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cirecem, sebuah destinasi dengan keindahan telaga yang patut diacungi jempol. Telaga Biru Cirecem, terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan yang merupakan sebuah telaga alami yang letaknya berada persis di kaki Gunung Ciremai.

Telaga satu ini memiliki keunikan tersendiri.  JIka kebanyakan telaga memiliki air yang berwarna coklat dan keruh. Telaga ini memiliki air yang jernih, bersih dan berwarna biru, sama seperti namanya. Selain memiliki pemandangan yang memanjakan mata, pengunjung juga diperbolehkan berenang di pinggir telaga ini bersama sekumpulan ikan sambil menikmati kesegaran air telaga.

  1. Situ Cipanten, Majalengka
Situ Cipanten Majalengka
Situ Cipanten Majalengka

Satu tempat yang tak kalah cantik dengan telaga biru, yakni Situ CIpanten yang merupakan perpaduan sanau, spot kekinian dan hutan. Situ Cipanten ini berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Pepohonan rindang, hutan yang alami, alam yang segar, adalah suasana yang ditawarkan Situ Cipanten.

Sebenarnya situ cipantn bukanlah tempat wisata baru. Pasalnya situ satu ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 1970-an. Namun, karena kurangnya perawatan membuat situ ini terlihat angker dan pengunjungpun enggan untuk datang. Nah, tahun berganti, pengelola berinisiatip untuk lebih merawat situ cipanten. Tak sia-sia, situ yang semula terihat angker disulap menjadi tempat wisata dengan spot-spot kekininian. Tak heran jika saat ini, situ cipanten menjadi destinasi wisata yang selalu menjadi andalan.

Nah, jadi kamu berminat untuk mengunjungi destinasi yang mana nih jika berkunjung ke kota Cirebon? Jika kamu beniat berkunjung rame-rame baik satu keluarga , satu kantor atau satu genk, kamu pasti membutuhkan jasa rental hiace di Cirebon.  Nah, untuk jasa rental di Cirebon, kamu bisa menghubungi rental mobil Cirebon di nomor 081298486511. Rental mobil Cirebon merupakan penyedia jasa rental dengan berbagai mobil pilihan. Selamat berwisata.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)