Teman-teman di sini pasti sudah tahu kan tentang Asian Games? Asian Games adalah hajatan olahraga terbesar di Asia. Event ini pertama kali digelar di Delhi, Indiapada 4– 11 Maret 1951. Hanya dengan waktu 7 hari, dengan peserta dari negara yakni Afganistan, India, Iran, Jepang, Nepal, Filipina, Singapura, dan Indonesia.

Asian Games diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Indonesia pada tahun 1962 pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Pada saat itu digelar di Gelora Bung Karno, dan dibuka langsung oleh Presiden Soekarno. Dengan diikuti atlet sebanyak 1.460 atlet. Di tahun itu, Asian Games menampilkan 13 cabang olahraga, yakni atletik, akuatik, bola basket, tinju, balap sepeda, sepak bola, menembak, hoki, tenis, dan lain sebagainya.

Perjalanan Asian Games dari waktu ke waktu, terus begulir, dan di tahun 2018, Indonesia kembali didapuk sebagai tuan rumah. Dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, membuat Indonesia bisa lebih dikenal oleh khususnya Asia, dan umumnya dunia.

Asian Games 2018

Ada yang berbeda dengan Asian Games 2018, karena di event ini, diadakan di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang. Asian Games 2018 dilaksanakan pada 18 Agustus–2 September 2018. Sebanyak 11.280 atlet dari 45 negara, hadir untuk bertanding pada Asian Games 2018.

Menariknya lagi adalah, Asian Games 2018 juga menjadi sejarah baru dengan jumlah atlet paling banyak selama diadakannya Asian Games. Sebelumnya, Asian games di 2010 di Guangzhou, Cina, yakni dengan jumlah peserta 9.501 atlet.

Pada Asian Games 2018 ini, akan melibatkan sebanyak 6.000 offisial dengan 40 cabang olahraga, dan 465 nomor pertandingan. Selain itu, juga akan diliput oleh 9.621 wartawan dari 570 media, baik dari nasional, Asia, maupun dunia.

Sebagai tuan rumah, Indonesia patut bangga dengan sejarah tersebut. Bukan hanya itu saja, akan tetapi dengan digelarnya Asian Games di Indonesia, juga dijadikan ajang untuk memperkenalkan Indonesia di mata Asia maupun dunia.

Asian Games sebagai ajang Memperkenalkan Indonesia

Dengan diliput dari 570 media baik lokal, Asia, maupun dunia, membuat Indonesia akan dikenal masyarakat dunia. Apalagi dengan upacara pembukaan yang mewah dan meriah beberapa waktu lalu, membuat nama Indonesia semakin harum.

Opening Ceremony
Opening Ceremony

Bahkan ketika upacara pembukaan, sempat menjadi trending topik di Indonesia dan negara Korea. Hal ini karena aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuat kagum para penonton. Tidak cukup sampai di situ, pada saat upacara pembukaan yang meriah tersebut, membuat Indonesia digadang-gadangkan mampu menghelat pesta olahraga terbesar di dunia, yakni olimpiade.

Pawai Obor Asian Games 2018
Pawai Obor Asian Games 2018

Selain dari upacara ppembukaan, Indonesia juga memperkenalkan berbagai kota-kota yang dilewati obor atau tourch relay Asian Games 2018. Setiap kota yang dilewati oleh obor tersebut, bisa lebih dikenal masyarakat dunia. Baik mulai dari destinasi, kuliner, maupun kerajinan tangan.

Asian Games Pelesiran Palembang
Asian Games Pelesiran Palembang

Asian Games 2018 bukan hanya sekadar pesta olahraga terbesar di Asia, akan tetapi di balik semua itu, adalah ajang memperkenalkan Indonesia lebih luas. Tak hanya olehraga saja, akan tetapi wisata, maupun keragaman budaya.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda