Sebagai pasangan yang baru menikah, saya awalnya memiliki persoalan dengan mengelola keuangan. Karena ternyata mengelola keuangan setelah menikah dan sebelum menikah itu sangat berbeda sekali. Dan bisa dibilang lebih susah.

Dulu ketika masih lajang semua keuangan diatur sendiri. Dari pendapatan, pengeluaran, dan menabung. Tapi setelah menikah, apa-apa harus dikomunikasikan, gak bisa semuanya saya lakukan sendirian.

Persoalan tersebut ternyata juga banyak dialami oleh pasangan muda lain. Nah untuk itu saya mencari cara yang tepat dan strategi yang baik agar pengelolaan keuangan keluarga saya bisa berjalan lancar. Dan satu lagi, ketika saya ingin menabung, saya juga tidak mau ribet jika harus datang ke bank. Hal ini bukannya saya sibuk. Karena jika ada yang lebih mudah dan tanpa perlu datang ke bank kan lebih enak. Kondisi ini sebabnya saya hampir setiap saat bergelut dengan dunia online. Maka lebih baik menabung atau mengelola keuangannya bisa juga melalui online. Masak harus menggunakan cara konvensional kalau ada yang lebih mudah?

Persoalan tersebut ternyata sudah ada solusinya. Saya tidak perlu datang ke bank dan membawa berbagai dokumen. Tapi sebelum membahasnya, saya akan memberikan tips pentingnya mengelola keuangan bagi pasangan muda.

Pilih Prioritas Finansial dengan Pasangan

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa mengelola keuangan setelah menikah itu susah-susah gampang, makanya hal yang pertama dilakukan adalah dengan diskusi bersama pasangan. Pasti saat diskusi akan menemukan perbedaan antara kamu dan pasangan, hal ini sangat wajar sebab menikah adalah menyatukan dua orang atau individu yang berbeda. Diskusilah dengan pasangan kebutuhan mana yang paling utama. Kelompokkan kebutuhan tersebut, dari utama, dan lain sebagainya.

Pilih ‘Menteri Keuangan’ Keluarga

Setelah mengelompokkan kebutuhan utama, langkah selanjutnya adalah diskusikan siapa yang mengatur keuangan ruamah tangga. Untuk posisi ini, tak selalu dipegang istri, tapi suami pun juga bisa menjadi ‘menteri keuangan’ dalam keluarga. Mengapa harus ditentukan? Karena peran ini sangat penting agar keuangan keluarga berjalan dengan baik dan sehat. Dari uang masuk, keluar, dan untuk ditabung dia yang menentukan. Bisa dikatakan keluar masuk dalam satu pintu.

Dengan menentukan ini akan memudahkan pendapatan atau pun pengeluaran bisa dievaluasi di akhir bulan.

Susun Anggaran Bulanan

Mungkin banyak pasangan muda atau pun yang sudah lama berkeluarga, tetapi tidak membuat anggaran bulanan. Menyusun anggaran bulanan itu sangat penting dalam sebuah rumah tangga. Dalam menyusun anggaran ini kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dengan pendapatan.

Sebagai pasangan muda kamu harus bisa mengaturnya secara tepat. Kamu dan pasangan tentunya memiliki pendapatan  tetap setiap bulannya, maka diperlukan untuk menghitung semua pendapatan selama satu bulan. Cara ini harus dilakukan setiap bulan atau secara konsisten. Mungkin di awal-awal menyusun, sangat susah dan berat, tetapi jika sudah biasa dilakukan cara ini akan mudah dilakukan. Tinggal mengurangi atau menambahi apa yang sekiranya perlu dikoreksi.

Sisihkan Pendapatan untuk Ditabung

Pendapatan dan pengeluaran sudah dihitung, maka langkah selanjutnya adalah dengan menabung. Hal ini seperti yang sudah saya informasikan di atas bahwa menabung itu sangat penting agar masa depan kita lebih baik. Nah untuk menabung, kamu bisa melakukan berbagai cara. Tapi saya sarankan bisa menabung dengan mudah dan dan menguntungkan. Jangan malah mempersulit kamu.

Untuk itu kamu sekarang bisa menabung tanpa ribet dan tidak harus datang ke bank. Satu lagi, yakni menguntungkan. Kok bisa? Karena ketika menabung, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang bisa kamu nikmati. Lalu menabung seperti apa dan di mana?

Aplikasi Sobatku
Aplikasi Sobatku

Jadi saya beberapa waktu lalu mengunduh aplikasi SOBATKU. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan  untuk menabung dan berbagai transaksi seperti transfer bank dan lain sebagainya dengan mudah.

Kamu tidak usah capek-capek untuk datang ke bank. Karena tinggal mengunduh aplikasinya di smartphone. Setelah itu melengkapi data diri seperti nama lengkap, email, tanggal lahir, alamat, dan data diri lainnya. Informasi data sudah lengkap, selanjutnya mempersiapkan dokumen KTP. Setelah registrasi selesai, akun rekening SOBATKU telah jadi. Kamu tinggal menabung atau bertransaksi dengan mudah.

Apa untungnya menabung di SOBATKU?

Di SOBATKU memiliki banyak program yang menguntungkan. Salah satunya adalah Program Undian. Program ini dibagi menjadi dua, yakni Undian Bulanan dan Undian Triwulan.

Selain itu juga terdapat undian Grand Prizes. Program ini berlangsung dari periode April hingga Juni 2018 dengan hadiah utama uang tunai Rp 100 juta dan 4 paket umroh untuk 4 pemenang. Program Grand prizes sudah dilakukan oleh SOBATKU sebanyak 4 kali. Pada periode ini, acara undian Grand Prizes akan dilakukan di Lapangan Karebosi, Makassar. Selain itu SOBATKU juga memberikan hadiah kejutan bagi masyarakat Sulselbar yakni “PESTA JUTAWAN SULSELBAR”. Hadiah yang diberikan adalah uang tunai jutaan rupiah serta hadiah utama adalah satu unit motor Yamaha Aerox.

Jadi menabung di SOBATKU itu mudah dan banyak sekali bukan untungnya? Untuk legkapnya kamu bisa mengunjungi di sobatku.co.id/undian

Evaluasi

Semua langkah di atas telah kamu dilakukan, setelah itu adalah; evaluasi. Hal ini berguna karena jika ada yang kurang tepat di bulan sebelumnya, akan bisa diperbaiki di bulan selanjutnya. Lakukan ini dengan konsisten dan keuangan keluarga akan sehat.

 

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda