Setara.net – Memiliki tubuh ideal menjadi impian setiap orang, terutama wanita. Pasalnya memiliki tubuh ideal dan langsing bisa membuat penampilan makin percaya diri. Tak jarang banyak wanita rela melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh ideal dan langsing, mulai dari melakukan diet ketat dengan berbagai pola makan, olahraga berlebihan, sampai menghindari makan dan ngemil yang menjadi momok sangat menakutkan bagi mereka.

Namun, diet yang ketat, olahraga berlebihan dan menunda rasa lapar kadang berimbas terhadap kesehatan. Memang berat badan turun, tapi sayangnya bukan karena diet yang sehat tapi karena terserang penyakit yang ujungnya sakit. Gak mau kan jika ‘badan kurus’ yang didapat sebagai akibat terbaring lemah di tempat tidur berhari-hari?

Nah, buat kamu yang lagi diet, saya mau kasih beberapa makanan sehat untuk menurunkan berat badan tapi tetap memenuhi kebutuhan nutrisi kamu. Berikut urairannya:

  1. Buah Alpukat

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, alpukat menjadi makanan wajib konsumsi. Selain rasanya enak, buah alpukat juga mengandung banyak serat dan lemak sehat yang berguna bagi tubuh.

  1. Ikan Salmon

Siapa sih yang gak setuju jika salmon memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti protein, lemak sehat, dan omega 3. Nah, untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, ikan salmon mampu mengurangi obesitas loh.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain tidak memiliki banyak lemak, ikan tuna juga kaya akan protein untuk membuat antibody agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

  1. Kentang Rebus

Seperti yang kita ketahui, kentang memiliki jumlah potassium yang terbilang tinggi. Potasium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Dengan asupan potassium yang tepat, bisa menghindari kamu dari berbagai penyakit.

Selain manfaatnya yang baik untuk kesehatan, kentang rebus cocok dijadikan makanan pengganti nasi untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

  1. Aneka Sayur Mayur

Manfaat sayur mayur sudah tidak diragukan lagi. Warna-warna sayuran yang kaya akan betakaroten dengan sifat antioksidannya mampu menjaga sel kulit dari kerusakan. Mengkonsumsi banyak sayuran yang kaya akan betakaroten, juga bisa untuk mengurangi risiko kanker.

Sedangkan untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, mengkonsumsi banyak sayuran yang kaya akan serat dan rendah kalori serta karbohidrat adalah makanan terbaik untuk diet.

  1. Telur

Jika kamu sedang menjalani program diet, mengkonsumsi telur dapat membuatmu kenyang lebih lama karena kandungan protein yang tinggi serta lemak sehat yang dikandungnya.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan kalori yang tinggi pada kacang bisa membuat tubuh sehat jika dikonsumsi secukupnya. Selain mengandung kalori, kacang juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang seimbang sehingga cocok menemani menu makan sehat penurun berat badan kamu.

  1. Makanan yang kaya gandum

Makanan yang kaya akan gandum cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Karena pada umumnya gandum mengandung jumlah serat dan protein yang lumayan.

Jadi cukup mengenyangkan sekalipun kamu hanya mengkonsumsi satu slice roti gandum. Selain roti gandum, makanan yang kaya akan gandum juga bisa kamu dapatkan pada oat dan quinoa.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk susu yang wajib ada dalam daftar makanan untuk diet. Kandungan yoghurt seperti bakteri probiotik, mampu meningkatkan fungsi usus. Jika kamu sedang menjalani program diet, lebih baik mengkonsumsi yoghurt normal daripada yoghurt rendah lemak yang mengandung banyak gula

  1. Dada Ayam

Lagi diet tapi gak bisa menghindari dari daging ayam? Tenang, kamu tetap bisa mengkonsumsi daging ayam. Tapi sebaiknya bagian yang kamu makan adalah dada ayam daripada paha agar lingkar pinggang kamu menjadi lebih kecil. Walaupun rasanya tidak seenak paha, kandungan nutrisi dada ayam lebih sehat loh.

Nah,itulah beberapa makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Et,tapi agar nutrisinya tetap terjaga, pastikan kamu mengolahnya dengan tepat ya. Jangan sampai makanan sehat yang akan kamu konsumsi memiliki kematangan tidak merata, khususnya untuk dada ayam, telur, kentang rebus, tuna dan salmon.

Nah, untuk kematangan yang merata, gunakan alat dapur berbahan stainless stell seperti Panci Zebra. Untuk mendapatkan panci zebra dengan harga rmurah, kamu bisa dapatkan di website duniamasak. Selain harganya murah, duniamasak juga sering mengadakan promo-promo atau potongan harga loh. Menarik kan!

Panci Zebra
Panci Zebra | DuniaMasak

Yuk, konsumsi makanan sehat pendukung program diet kamu, dan pastikan dalam pengolahananya memakai cara yang tepat dengan produk andalan.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE