Tips Berburu Tiket Pesawat Murah di Libur Akhir Tahun

0
Berburu tiket murah

“Gua mau ke Singapore bro, akhir tahun ini. Mau menghabiskan cuti dan menikmati waktu bersama keluarga. Kalo lo liburan kemana akhir tahun ini?” 

Setara.net – Libur akhir tahun sudah di depan mata. Para pekerja dan anak sekolah banyak sekali yang membuat planning liburan. Mereka sedang gencar-gencarnya mencari tiket murah.

Adalah hal lumrah terjadi kunjungan wisatawan di berbagai destinasi wisata dalam negeri maupun luar negeri pengunjungnya melonjak di akhir tahun. Itu semua disebabkan oleh adanya libur akhir tahun. Di saat natal dan tahun baru.

Mayoritas orang memanfaatkan waktu libur itu dengan bepergian ke suatu tempat. Karena sudah barang tentu, mereka menghabiskan waktu kesehariannya untuk bekerja dan kehidupan yang itu-itu saja. Libur akhir tahun adalah salah satu obat yang munjarab untuk menyegarkan otak ke dalam keadaan yang fresh di tahun selanjutnya.

Setara.net telah membikin beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan tiket, dan terlebih lagi harganya murah.

Siapkan data-data calon penumpang
Jika kamu sedang berburu tiket murah menggunakan website atau aplikasi, pastikan kamu sudah menyiapkan data-data terlebih dahulu. Dan jangan lupa jika kamu mau liburan ke luar negeri persiapkan paspor juga. Karena biasanya yang namanya tiket murah, periode waktunya singkat. Jika kamu belum mempersiapkan data yang dibutuhkan, kecil kemungkinan kamu akan mendapatkan harga tiket murah.

Berlangganan newsletter atau membership
Ketika kita registrasi di sebuah website booking tiket, disana biasanya akan ada pertanyaan “apakah Anda ingin berlangganan newsletter dari kami?”. Nah, jika kamu pilih berlangganan. Maka kamu akan mendapatkan update terus mengenai promo tiket dan lainnya. Berlangganan email ini sebenarnya sepele, namun masih banyak yang belum melakukannya. Walaupun terkadang pada email kita agak “terganggu” dengan email masuk karena promo. Tapi apa boleh bikin, berlangganan atau membership adalah langkah yang tepat jika kamu ingin mendapatkan tiket murah di hari biasa dan bahkan libur akhir tahun sekaligus.

Saya sendiri, sudah mendaftarkan dan berlangganan di berbagai newsletter maskapai penerbangan dan website khusus menjual tiket pesawat dan kereta api. Saran saya mengenai hal ini, bikinlah satu email khusus untuk email newsletter. Fungsinya adalah newsletter yang masuk tidak akan menggangu kamu dengan email utamamu. Lagi pula, kamu juga bisa memilah-milah email mengenai harga tiket dari berbagai maskapai.

Pesan tiket jauh-jauh hari
Yap! ini adalah hal yang sangat mudah dan simpel. Ini adalah langkah yang paling ampuh juga untuk mendapatkan tiket murah. Biasanya maskapai penerbangan sudah menginformasikan tiket promo di pertengahan tahun untuk penerbangan akhir tahun. Jadi tentukan waktu yang tepat untuk libur akhir tahunmu dari jauh hari. Hal ini membuat kamu tenang juga karena sudah memegang tiket. Tahu sendiri kan, jika akhir tahun harga tiket mahal dan juga susah dapetinnya.

Pilih penerbangan di hari rabu
Sebenarnya ini bukan apa-apa sih. Tak ada yang spesial dengan hari rabu. Namun, kebanyakan maskapai penerbangan jika kita perhatikan harga tiketnya akan selalu paling murah di hari rabu daripada hari-hari lainnya. Beda hal jika hari rabu tersebut bertepatan dengan tanggal merah.

Sebab paling mudah kamu ketahui mengenai hari rabu adalah karena hari tersebut di pertengahan minggu. Rata-rata juga, pada hari tersebut banyak kursi yang kosong, maka dari itu kemungkinan pihak maskapai memberi tiket murah. Jadi, hari terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah hari rabu. Percaya atau tidak. Namun, cobalah deh.

Kunjungi Travel Fair
Ini adalah langkah yang sudah pasti kamu akan mendapatkan tiket pesawat murah. Namun yang perlu kamu ketahui mengenai travel fair adalah, kuota yang diberikan kepada pembeli adalah terbatas. Namanya juga sudang promo gede-gedean. Banyak sekali maskapai yang menjual harga tiket dengan diskon 50%. Biasanya di awal tahun dan pertengahan tahun, banyak maskapai yang menggelar travel fair.

Keberuntungan
Faktor terakhir adalah luck! Jika hal-hal diatas sudah kamu coba dan belum beruntung, mau dikata apa coba? Ada juga yang membeli di H-1 dan mendapatkan tiket dengan harga murah, bahkan di hari H sekalipun.

Faktor ini sebenarnya juga tidak keberuntungan. Namun kamu bisa mempelajari mengenai rute pesawat, hari dan maskapai apa yang biasanya menjual murah pada jauh-jauh hari atau dadakan. Tapi jika kamu masih belum bisa menentukan dan mengamati seperti saya, alangkah lebih baiknya cara-cara diatas adalah sangat rekomended banget bagi kamu. Karena namanya keberuntungan setiap orang tidak tahu.

Memang gak mudah mencari tiket pesawat murah. Namun langkah-langkah diatas bisa kamu praktekkan. Pada intinya, kamu harus sering-sering mengunjungi website maskapai penerbangan. Karena dalam website tersebut informasi mengenai tiket bisa kamu lihat secara detil.

***

Oh ya sebagai tambahan, ketika teman-teman sedang wisata ke Cirebon bisa dengan menggunakan sewa mobil cirebon atau rental mobil cirebon. Di kota ini, banyak sekali wisata yang bisa kamu datangi.

Selain itu, Cirebon juga memliki kuliner yang enak-enak. Jangan lupa, ketika ke Cirebon lihat detil lengkap mengenai rute wisatanya. Jika bingung bisa sewa mobil murah Cirebon atau bisa menghubungi di 08156407913

Robit Mikrojul Huda