Dengan majunya teknlogi serta perkembangan zaman, maka hampir semuanya juga berubah. Inovasi demi inovasi terus dilakukan oleh semua bidang. Jika tidak beronovasi maka akan menemui satu jawaban, yakni tertinggal atau bahkan sampai tumbang. Inovasi memang harus dilakukan, tak terkecuali dengan rumah.

Saat ini konsep rumah zaman sekarang dan zaman dulu terdapat pergeseran atau perbedaan. Jika kita melihat tren rumah atau mengamati konsep rumah dari dulu hingga saat ini pasti berbeda. Makanya beberapa tahun terakhir ini sering diadakan seminar atau sharing mengenai rumah.

Hal ini juga dilakukan pada OBSAT. Obsat kepanjangan dari Obrolan Langsat. Obsat diadakan rutin setiap bulan dengan mengambil tema atau isu yang sedang hangat di masyarakat. Namun Obsat sekarang sudah tidak berlokasi di Langsat saja, justru lebih luas, bisa di mana saja.

Oosat pada bulan Juli (episode 203) mengangkat tema “Rumah Zaman Now”. Tema ini memang sangat bagus dan perlu untuk dibicarakan. Apalagi dengan narasumber yang memang ahli di bidangnya.

Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 19 Juli 2018 di Eat & Eat FX Sudirman. Saya sebagai blogger ikut menhadiri diskusi santai ini. Sebelum membahsa mengenai diskusi Obsat 203, saya akan memberi informasi para narasumber yang hadir.

  1. Fransisca Wungu (Arsitek & Editor IDEA Magazine, Kompas Gramedia)
  2. Yudhi Puspa Tia (Arsitek & Creative Director @RumahDuaPohon)
  3. Ary Amry (Product Specialist MU-Weber
Para Narasumber di Obsat 203
Para Narasumber di Obsat 203

Jika teman-teman melihat profil dan background pekerjaannya, maka tak bisa diragukan lagi. Yuk kita mulai bahas tentang isi diskusinya.

Perbedaan Rumah Zaman Now & Dulu

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas bahwa konsep rumah zaman now dengan dulu itu berbeda. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa hal atau area. Mulai dari yang paling dasar dulu deh, yakni luas bangunan.

Jika rumah zaman dulu itu kebanyak luas bangunannya sangat lebar atau lega. Namun berbeda dengan rumah zaman sekarang yang lebih mini. Dengan perbedaan yang mencolok pada luas bangunan ini akan membuat konsep rumah yang dibangun pun juga sangat berbeda. Maka rumah zaman now memiliki konsep yang minimalis. Dari sini kita bisa menelaah mulai dari ruangannya akan berbeda dengan rumah zaman dulu.

Perbedaan selanjutnya adalah pada kamar mandi. Untuk rumah zaman sekarang itu posisi kamar mandi ada di ruang tengah atau bahkan di depan. Hal ini berbanding terbalik dengan rumah zaman dulu yang posisinya selalu di belakang, malah ada yang senagaja dipisah dengan rumah utama. Baru ngeh kan teman-teman?

Dua hal (luas tanah dan posisi kamar mandi) ini sangat menunjukkan perbedaan anatara rumah zaman sekarang dan zaman dulu. Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang ada. Tapi saya akan lebih spesifik membahas tentang rumah zaman now dan area mana yang perlu perlakuan khusus ketika ingin membangun rumah.

Setidaknya terdapat 5 area rumah yang diperhatikan secara khusus karena area ini gampang rusak. Apa saja sih?

  • Area Kamar Mandi
  • Dapur
  • Interior / eksterior
  • Kolam renang
  • Garasi

Kelima area ini memang sangat mudah rusak jika material atau produk yang kita pakai salah. Gak percaya? Misalnya di area kamar mandi, area ini memang area ‘basah’, makanya harus memerlukan keramik khusus. Karena tidak bisa disamakan antara ruangan biasa dengan kamar mandi. Untuk itu saya merekomendasikan dengan pakai nat keramik dari MU-Weber yakni MU-408 PowerBathroom. Produk ini memang khusus untuk kamar mandi karena memiliki fitur “easy clean” dan “smartshield pro”.

Selanjutnya pada area dapur. Area ini memang sering terkena bekas masakan, makanya harus menggunakan produk keramik dan nat keramik khusus. Sebabnya adalah agar mudah dibersihkan. Oleh karena itu lagi-lagi MU-Weber juga menghadirkan produknya khusus di area dapur yakni MU-408 ColorKitchen.

Nah sudah sedikit paham kan? Begitupula degan area Interior/Eksterior, dengan menggunakan produk MU-408 Colorfill, pada kolam renang terdapat produk MU-408 PowerPool, dan di area Garasi menggunakan produk MU-408 ColorOutdoor. Dengan kelima area tersebut dan dari produk khusus MU_Weber tersebut akan membuat rumah kita tahan lama dari kerusakan.

5 Produk dari MU-Weber untuk nat keramik
5 Produk dari MU-Weber untuk nat keramik

Rumah Zaman Now Seperti Apa sih?

Nah jika teman-teman menyimak informasi yang saya tulis di atas, maka sudah bisa sedikit menyimpulkan mengenai rumah zaman now. Jadi rumah zaman now sebenarnya sih yang paling utama adalah bisa membuat nyaman penghuninya. Kemudian selain nyaman adalah kalau bisa memiliki lima area yang saya sebut di atas. Kalaupun tidak ada salah satu juga gak masalah sih sebenarnya. Misalnya tidak ada kolam renangnya.

Aplikasi Mortar Utama Werber

Oh ya untuk teman-teman jika ingin belajar lebih tahu tentang informasi rumah, produk, konsep, design, dan kalkulasi berapa uang yang harus dikeluarkan dalam membangun rumah, kamu bisa unduh aplikasi “Mortar Utama Weber”

Aplikasi MU-Weber
Aplikasi MU-Weber (agak ngeblur ya? Maaf, fotonya sudah terlalu larut ­čÖü

Di aplikasi ini kamu bisa belajar banyak hal. Misalkan cara memasang perekat keramik, menyemen acian dinding dengan hasil yang sempurna, dan lain sebagainya. Kerennya lagi di aplikasi ini adalah informasinya juga disampaikan melalui video. Jadi kita bisa langsung praktik sambil belajar.

Jadi sekarang jika kamu ingin membangun rumah, percayakan saja material produknya di MU-Weber. Karena produk ini memang sudah terjamin kualitasnya di masayarakat Indonesia, bahkan sampai manca negara.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE