Seorang administrator harus mampu untuk mengelola, mengembangkan, dan merancang sebuah sistem organisasi pemerintah. Serta harus memiliki visi dan misi yang jelas. Seorang administrator harus cepat tanggap dalam merespon tanggapan masyarakat. Hal ini dikarenakan letak administrator sebagai pelayan masyarakat. Secara tidak langsung pelayan publik telah memegang amanah untuk sebuah pelayanan terhadap masyarakat  atas kebutuhan yang ada.

Banyak organisasi pemerintah yang salah pemahaman tentang pelayanan, mereka justru meletakkan kedudukan sebagai  penguasa daripada sebagai pelayan masyarakat. Hal tersebut menggambarkan ketidaksesuaian perilaku organisasi dengan peraturan yang telah ditetapkan. Fungsi utama pelayanan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat,  meningkatkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat, memelihara, menciptakan dan mensejahterakan masyarakat.

Penentu dari kualitas pelayanan adalah pemerintah atau lembaga pelayanan, karena disini masyarakat adalah hanya alat atau penguasa untuk membantu berjalannya pelayanan. Di sini pemerintah harus bisa mengelola untuk menghasilkan barang atau jasa yang ekonomis, inovatif dan bernilai tinggi. Dengan demikian pemerintah bisa mengoreksi diri dengan adanya hasil kerja tujuan dari pelayanan publik adalah untuk memuaskan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kinerja adalah hasil kerja seseorang setelah selesai melakukan tugas-tugasnya. Kinerja pelayanan publik sampai saat ini belum bisa memenuhi apa yang di inginkan masyarakat. Usaha-usaha yang telah dilakukan pemerintah belum bisa mencapai maksimal. Dalam hal ini aparatur pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam pelayanan publik. Pembanguna sumber daya aparatur mendukung adanya pelayanan publik yang lebih baik. Dalam suatu organisasi pemerintah akan terus bertahan jika di dalam organisasi tersebut masih mempunyai sumber daya manusia. Dalam mempertahankan sumberdaya salah satu cara adalah pendidikan. Dengan pendidikan dapat mempertahankan justru mengembangkan sumber daya manusia. Dorongan dari pelayan juga adanya fasilitas yang memadai. Dengan adanya fasilitas yang meadai dapat mempengaruhi kinerja seseorang.

Good governance adalah suatu konsep yang mengacu pada tujuan pemerintahan yang lebih baik dengan pencapaian yang tepat dan target yang diharapkan, serta dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat juga memiliki suara untuk merekomendasikan jalanya pemerintahan yang baik, maka dukungan dari masyarakat sangatlah penting. Dengan pengajuan masyarakat secara tidak langsung dapat di lihat partisipasi masyarakat terhadap suatu negara. Keterbukaan pemerintah dengan masyarakat juga sangat berpengaruh bagi suatu negara. Di sisi lain dengan adanya keterbukaan antara pemerintah dan masyarakan diharapkan tidak adanya kesalahpahaman dan mis communication. Sehingga kesejahteraan akan lebih mudah dicapai. Namun good governance di Indonesia belum bisa dikatakan berhasil karena masih banyak di jumapai kecurangan di sana-sini, hal ini di ebabkan karena masih banyaknya sifat ke individuan antar masyarakat sehingga tidak ada kekompakn dengan hasil yang maksimal. Cita-cita yang seharusnya terwujud sampai sekarang belum tercapai hanya karena kelalaian dalam pengelolaan.