Setara.net – Siapa yang tak kenal dengan Es Krim? Pastinya sudah mengenal makanan yang satu ini. Para penggemar atau penikmat es krim apalagi di Jakarta, sudah barang tentu tahu mengenai tempat legendaris yang bernama Es Krim Ragusa Italia. Berlokasi di jalan Veteran 1 No. 10, Gambir membuat tempat ini gampang ditemui.

Es krim Ragusa memiliki sejarah yang panjang. Di tahun 2012, Es krim Ragusa telah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena tempat ini adalah tempat es krim tertua yang masih buka di Indonesia. Dimulai sejak tahun 1932, didirikan oleh dua orang berkebangsaan Italia, bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa.

Es krim Ragusa banyak dikunjungi dan terkenal karena bahan dasar es krim ini dari bahan dasar susu sapi segar. Sehingga menghasilkan es krim dengan tekstur yang lembut dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Saat ini, pemilik toko dipegang oleh Ibu Sias Marwani. Dari perjalanannya yang panjang, tempat ini tidak berubah dari masa ke masa. Es krim Ragusa berasitektur klasik. Yang membuat para pengunjung bisa belajar mengenai sejarah berdirinya toko ini. Disertai lukisan-lukisan tempo doeloe, menambah susana klasik sangat terasa jika kita masuk ke dalam toko Es Krim Ragusa.

Menu Es Krim Ragusa Italia

Salah satu keunggulan menu es krim ragusa adalah tak diberikannya pengawet pada produknya. Ini adalah salah satu perbedaan dengan eskrim yang ada di pasaran (modern). Menu yang dijual di sini hanya meliputi tujuh rasa dasar. Diantaranya adalah coklat, vanilla, mocca, stroberi, nougat, durian dan rum raisin.

Harga

Mengenai harga, eskrim Ragusa membuat harga yang lumayan murah. Kisaran dari 20.000 hingga 50.000. Misalnya kamu datang berdua dengan teman atau kekasih, tak akan menghabiskan uang seratus ribu. Dalam hal ini, es krim ragusa menjadi terkenal karena harga yang relatif murah dan rasa yang lezat serta faktor “ke-klasik-annya”.

Beberapa keunggulan es krim Ragusa dibandingkan lainnya.

  1. Es krim yang dijual tanpa bahan pengawet
  2. Berbahan dasar susu sapi segar
  3. Es Krim Ragusa hanya menjual tujuh dasar rasa dan dicampur berbagai varian.
  4. Rasa es krim ini sangat berbeda dengan yang ada di pasaran, karena toko ini memiliki racikan rahasia yang diwariskan turun-temurun.
  5. Es krim rasa coklat (menurut saya) adalah yang paling lezat diantara lainnya. Lelehan coklat dicampur dengan kacang yang lezat membuat lidah tak ingin berhenti menikmati.
  6. Lokasi mudah dijangkau, di jantung kota Jakarta, Gambir.
  7. Selalu ada pengamen yang bergaya klasik dan melantunkan lagu-lagu tempo doeloe.
  8. Tempatnya klasik yang membuat rasa “romantisme” hadir di toko ini

Jadi, bagi kamu yang belum merasakan atau mencicip es krim ragusa rasanya sangat rugi sekali. Oh ya, tempat ini buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Mendingan jika kamu ingin kesini, diusahakan pada hari biasa. Jika kamu datang pada saat hari libur atau weekend, siap-siap saja menunggu terlebih dahulu untuk mendapatkan meja kosong. Baca juga : tempat ngopi asik di Jakarta.

Menu es krim ragusa italia
Menu es krim ragusa italia. Kamu bisa menikmati berbagai rasa yang sangat lezat.

Es Krim Ragusa Italia
Jl. Veteran I No. 10 Gambir
Buka puluk 10:00 – 22:00
Telepon : 021 – 3849 123

Robit Mikrojul Huda