Beberapa waktu lalu, sekitar dua mingguan lalu, di media sosial saya yakni; Instagram, Facebook, dan Twitter terdapat postingan mengenai lomba media sosial yang diadakan oleh Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, yakni Menuju Indonesia Maju.

Jika teman-teman sering mengikuti media sosial saya pasti ingat betul, bahwa hadiah lomba tersebut sangat menggiurkan. Lomba Setkab diadakan hampir di semua kanal media sosial, baik di instagram, facebook, dan twitter. Dari ketiga sosial media, tema lombanya berbeda-beda dan hadiahnya juga bervariasi.

Apa saja sih tema lomba yang dihelat oleh Setkab? Saya mulai dari platform instagram, ya. Jadi di Instagram, Setkab mengadakan lomba untuk membuat meme dengan tema: Pahlawan Masa Kini Vesimu. Lomba ini diadakan selama 7 hari, yakni 9-16 November 2018. Dengan waktu yang singkat tersebut, banyak yang mengikuti lombanya. Total hadiah pada lomba meme di instagram ini adalah 10 juta untuk 10 pemenang. Mantab bukan?

Lomba Medsos Sekab di Instagram
Lomba Medsos Sekab di Instagram

Kita lanjut pada platform Facebook, ya. Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa setiap platform media sosial, tema lomba, dan konsep yang diadakan oleh Setkab itu berbeda-beda. Nah pada Facebook, lomba yang diadakan oleh Setkab adalah Teka-teki silang #HariPahlawan. Memang lomba ini bertepatan di hari pahlawan, yakni 11 November 2018.

Lomba Medsos Setkab Facebook
Lomba Medsos Setkab Facebook

Lomba media sosial oleh Setkab di Facebook ini adalah menjawab teka-teki silang dengan menjawab 5 pertanyaan yang sudah dibuat oleh Setkab. Mulai dari siapa Perdana menteri pertama Indonesia, tokoh utama di balik pertempuran 10 November 1945, hingga siapa pahlawan nasional wanita pendiri Sakla Kautaman Istri.

Pada platform Facebook, lomba ini disediakan total hadiah enam juta rupiah untuk enam pemenang. Dengan hanya menjawab teka-teki silang mengenai pahlawan, kita bisa berkesempatan mendapat ahdiah jutaan rupiah.

Selanjutnya di platform twitter. Diakui atau tidak, twitter masih menjadi media sosial yang masih digandrungi banyak orang di Indonesia. Meski banyak yang meninggalkan media sosial ini, nyatanya penggunanya masih militan. Hal ini juga dimanfaatkan oleh Sekretariat Kabinet untuk membuat lomba di twitter.

Lomba Medsos Setkab di Twitter
Lomba Medsos Setkab di Twitter

Di twitter, tema lombanya hampir sama dengan di instagram, yakni dengan tema siapa pahlawan masa kini versimu. Jika di instagram adalah dengan membuat meme, kalau di twitter adalah dengan menceritakan siapa pahlawan masa kini versi teman-teman. Di twitter, pemenannya lebih banyak lagi yakni 10 orang pemenang dengan masing-masing mendapkan hadiah 2 juta. Mantab sekali bukan?

Nah, lalu bagaimana keseruan lomba yang diadakan oleh Sekretariat Kabinet Republik Indonesia ini? Ramai sekali, banyak peserta yang mengikuti lombanya baik di instagram, facebook, maupun di twitter.

Saya sebagai salah satu pesertanya, harus menelan pil pahit, karena tidak mendapat hadiahdi ketiga media sosial. Namun tidak usah khawatir, karena ikut mba itu menyenangkan. Menang itu hanya bonus. Yang terpenting adaah usaha kita.

Nah saya mau kasih informasi mengenai para pemenang di tiga media sosial, instagram, facebook, dan twitter. Siapa saja sih pemenangnya? Berikut daftar nama yang beruntung mendapat hadiah jutaan rupiah dari Setkab!

Pemenang di Instagram
Pemenang di Instagram
Pemenang di Twitter
Pemenang di Twitter
Pemenang di Facebook
Pemenang di Facebook

Nah itulah para pemenang lomba media sosial dari Setkab. Selamat kepada pemenang dan semoga di bulan selanjutnya, Setkab terus mengadakan lomba seperti ini. Selain hadiahya yang menggiurkan, kita sebagai peserta juga bisa belajar banyak mengenai hal-hal yang tidak kita ketahui, misalnya tentang pahlawan Indonesia. Sekali lagi, selamat kepada pemenang!

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda