Setara.net – Menjadi pasangan muda yang baru menikah, memang perlu penyesuaian berbagai hal. Mulai dari penyesuaian terhadap kebiasaan-kebiasaan pasangan, tingkah laku pasangan, sampai penyesuaian terhadap biaya pengeluaran bulanan. Setelah menikah bahkan bukan malah memangkas daftar-daftar harapan, malah justru menikah artinya menambah daftar-daftar harapan. Mulai dari membeli rumah, membeli kendaraan pribadi, dan lain sebagainya. Penginnya sih gak terlalu dipikirin, tapi kok ya memang rumah itu kebutuhan dasar dalam rumah tangga.

Nah, di sini setara.net ingin berbagi tips tentang cara mengatur pengeluaran untuk kamu pasangan muda agar segala harapan kamu bisa tercapai. Gak mungkin kan kamu ngikutin gaya hidup semasa muda yang masih tinggal bareng orang tua, kini setelah menikah kamulah yang menentukan hari ini mau apa dan masa depan akan gimana.

Berikut tips selengkapnya tentang cara mengatur pengeluaran untuk kamu pasangan muda.

  1. Rutin membuat catatan pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran adalah salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam mengelola keuangan. Jika biasanya setelah membelanjakan uang, hanya sebatas bertransaksi yang menghasilkan bon-bon yang pada akhirnya kamu gulung lalu kamu buang ke tempat sampah, setelah menikah ubahlah kebiasaan tersebut. Bawa pulang bon-bon belanjaan kamu untuk dicatat di buku pengeluaran. Jangan melewatkan satu pengeluaran, bahkan sampai seribu rupiah pun.

Dengan membuat catatan pengeluaran rutin dalam setiap bulan, akan membantumu mengkotak-kotakan mana pengeluaran primer, mana sekunder hingga tersier. Dengan begitu, kamu akan mampu menghapus pengeluaran yang tidak perlu di bulan berikutnya.

  1. Selalu sisihkan penghasilan untuk menabung

Meski telat karena harusnya kebiasaan menabung sudah dibiasakan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar atau sejak dini, tapi tetap saja untuk sebagian orang, membiasakan diri untuk menabung itu masih dinilai sulit. Maka dari itu, biasakan menyisihkan penghasilan untuk menabung di awal, bukan di akhir atau sisa dari pengeluaran sebulan. Dengan begitu, kamu akan dipaksa berhemat.

Ingatlah selalu mimpi-mimpimu, kamu gantungkan sedekat mungkin. Agar bisa jadi motivasi kamu dalam menabung. Jika kamu bisa konsisten menabung, maka pikiran bahwa menabung itu sulit, sedikit demi sedikit akan terkikis.

  1. Biasakan mengkonsumsi makanan rumah/ memasak

Jika kamu ingin berhemat agar harapan-harapanmu cepat terlaksana, mulailah dengan mengkonsumsi makanan buatan sendiri atau masak sendiri. Selain bisa berhemat, mengolah makanan sendiri juga membuatmu bisa mengontrol olahannya, kebersihannya, dan kandungan gizinya. Jadi bisa membuat kamu tambah sehat loh.

Langkah ini bisa dikatakan satu kali dayung, dua pulau terlampaui. Menghemat dan lebih sehat.

  1. Kurangi jajan di luar atau nongkrong

Jika cara-cara di atas sudah kamu lakukan, tapi kamu tetap dengan kebiasaan sewaktu mudamu dulu, cara-cara di atas tidak akan maksimal. Coba kamu hitung, berapa uang yang biasa kamu keluarkan dalam sekali nongkrong atau jajan di luar? Minimal pasti 50 ribu, apalagi jika kamu membawa serta keluarga. Wih makin boros.

Mulai sekarang, kurangin nongkrong demi mimpi-mimpi kamu. Bukan berarti tidak boleh nongkrong, akan tetapi cukup hanya sekali-kali saja ya.

  1. Gunakan listrik secukupnya

Kebiasaan menggunakan listrik secukupnya selain ikut mengkampanyekan gerakan hemat energi, kamu juga bisa sekalian berhemat loh. Tagihan listrik yang membengkak di akhir bulan, jelas bisa kamu siasati dengan menghemat penggunaannya.

Jika rumah yang kamu miliki atau sewa, menggunakan listrik token. Maka kamu bisa mengaturnya sendiri. Kamu bisa cek listrik atau cek pln sendiri serta mengisinya sendiri. Mudah bukan?

Nah itulah beberapa tips mengelola pengeluaran bagi pasangan muda. Semoga dengan adanya tips ini, kamu bisa lebih tepat dalam mengatur keuangan, ya.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda