PLN sebagai perusahaan penyedia listrik di seluruh Indonesia kian hari kian meningkatkan mutu pelayanannya. Salah satu bentuk peningkatan tersebut tampak pada diterapkannya sistem layanan online. Dengan PLN Online, pelanggan pun semakin dimudahkan. Jika dulu masyarakat harus repot-repot datang ke kantor PLN yang jaraknya cukup jauh, kini mereka bisa mengurus semuanya dari rumah. Jadi, para pelanggan pun bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Tentu saja, masih ada banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh saat menggunakan layanan PLN Online. Berikut beberapa di antaranya.

  • Pemasangan Sambungan Baru Lebih Mudah

Saat memiliki hunian baru, Anda tentu akan sibuk mengurusi banyak hal. Salah satunya adalah pemasangan sambungan listrik. Banyak yang mengatakan bahwa proses pengajuan sambungan listrik itu ribet dan membutuhkan waktu lama. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Dengan layanan online, yakni melalui PB/PD PLN, Anda bisa langsung mengajukan sambungan baru dengan lebih mudah. Setelah mengisi data serta melakukan konfirmasi dan pembayaran, petugas akan segera datang untuk memasang meteran sesuai kapasitas daya yang Anda pesan.

  • Tambah Daya dan Migrasi Listrik Lebih Praktis
Migrasi Listrik
Migrasi Listrik – Bisnis Liputan6

Banyaknya peralatan listrik di rumah kerap membuat penghuni harus menambah daya. Terkadang, ada juga yang ingin mengubah listrik di rumahnya dari yang pascabayar ke prabayar supaya lebih praktis dalam pengisian pulsa atau penambahan kWh.

Untuk menambah daya atau migrasi listrik, pelanggan bisa memanfaatkan layanan online di situs PB/PD PLN. Hampir sama dengan prosedur sebelumnya (pemasangan sambungan baru), pelanggan juga tinggal mengisi data dan mengikuti langkah-langkahnya hingga prosedur pembayaran terselesaikan. Hanya dalam hitungan hari, petugas pun akan segera datang dan mengubah daya listrik di rumah Anda sesuai pesanan.

  • Pengajuan Sambungan Sementara Lebih Cepat

Pada saat perayaan tertentu, sebagian kelompok masyarakat kerap menggelar beragam acara, seperti pasar malam, pesta rakyat, pameran, festival budaya, atau pekan kuliner. Umumnya, acara semacam itu akan berlangsung cukup lama. Bisa berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Tentu saja, jumlah listrik yang dibutuhkan pun cukup besar.

Untuk mengatasinya, pihak pengelola acara bisa mengajukan sambungan listrik sementara melalui PLN Online. Caranya, tentu dengan memasukkan data ke web PB/PD PLN, mengisi perhitungan biaya dan besarnya daya yang akan diperoleh. Jika transaksi sudah berhasil, pihak PLN akan datang untuk memasang meteran dengan jumlah daya dan durasi sesuai kesepakatan pada saat pengajuan.

  • Bayar Tagihan Lebih Nyaman
Tagihan
Tagihan

Setiap bulan, para pelanggan listrik pascabayar wajib membayar biaya penggunaan listrik. Jika melewati waktu yang ditentukan, pelanggan akan dikenai denda dengan nominal tertentu.

Pembayaran tersebut dahulu biasa dilakukan di kantor unit PLN terdekat. Namun sejak adanya layanan PLN Online, pembayaran tagihan listrik bisa dilakukan dengan cara transfer. Bahkan kini, sudah ada sarana yang lebih mudah, yakni melalui ponsel pintar, seperti pada penggunaan aplikasi Traveloka.

Tidak hanya pembayaran tagihan, informasi tentang PLN juga bisa Anda peroleh di situs Traveloka. Jadi, sekalipun sedang berada di luar kota, Anda tetap bisa membayar tagihan listrik rumah.

  • Isi Pulsa Listrik Lebih Efisien

Selain tagihan listrik pascabayar, sistem online PLN juga memudahkan pelanggan untuk mengisi pulsa listrik prabayar. Jika sewaktu-waktu kWh di rumah habis dan ingin mengisinya via Traveloka, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut, lalu memilih nominal dan melakukan transaksi.

Jika sudah berhasil, Anda akan segera mendapatkan kode voucer yang bisa dimasukkan ke meteran untuk diubah menjadi kWh.

  • Terhindar dari Tunggakan

Kemudahan layanan online PLN juga bisa meminimalisasi kemungkinan adanya tunggakan oleh para pelanggan. Pasalnya, terkadang tagihan belum dibayar bukan karena pelanggan tidak punya uang, tetapi karena tidak punya waktu untuk pergi ke loket pembayaran.

Jadi, melalui cara pembayaran praktis via rekening atau ATM, pelanggan tidak perlu khawatir terkena tunggakan tagihan listrik. Bahkan jika dulu lembar bukti pembayaran bisa hilang karena jatuh di jalan, kini bukti tersebut tetap bisa aman karena tersimpan di email pribadi.

  • Pembayaran Bisa Dilakukan di Mana Saja
ATM
ATM

Pembayaran listrik secara online bisa dilakukan dari mana saja. Saat listrik di rumah mati karena kehabisan pulsa dan hanya ada anak-anak di rumah, misalnya, Anda bisa membelikannya secara online.

Jika sudah mendapatkan kode voucer, Anda hanya perlu mengirimkan kode tersebut untuk dimasukkan ke dalam meteran. Secara otomatis, kWh akan bertambah dan listrik pun bisa menyala seperti semula.

  • Pelayanan 24 Jam

Kebutuhan listrik memang kerap tidak menentu. Tidak jarang, listrik mati tiba-tiba karena kehabisan pulsa. Jika terjadi di tengah malam, tentu akan sulit menemukan toko penjual token listrik biasa.

Melalui sistem online, seperti Traveloka, pelanggan bisa membeli token listrik tanpa ada batasan waktu. Entah itu pagi, siang, sore, malam, sistem pembelian pulsa listrik online bisa Anda nikmati selama 24 jam.

  • Pelayanan Lebih Aman

Membawa uang ke luar rumah tentu bisa berbahaya. Terlebih jika nominal uang tersebut mencapai jumlah jutaan. Dengan adanya PLN Online, Anda tidak perlu khawatir soal keamanan transaksi. Sebab, semua proses pembayaran berlangsung secara aman via rekening bank dengan sistem pengamanan yang tinggi.

Selamat menikmati layanan terbaik dari PLN Online.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda