Setara.net – Traveling adalah kegiatan yang menyenangkan bagi semua orang. Kamu bisa mengenal tempat-tempat baru saat traveling. Kamu juga bisa berkenalan dengan banyak orang ketika melakukan traveling. Semenjak teknologi (internet) telah menjadi kehidupan sehari-hari, maka para traveller juga semakin banyak jumlahnya.

Informasi mengenai tempat wisata, memesan hotel dengan mudah, dan di era internet ini semua bisa mudah kamu lakukan saat traveling. Akan tetapi bagi kaum hawa, ingin traveling sendirian apa sih yang harus dipersiapkan?

Persiapan dan Perlengkapan Dokumen

persiapkan pakaian
Bawalah pakaian yang secukupnya, girls..

Pastinya yang paling pertama adalah mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan kamu bawa untuk traveling. Sudah umum, bahwa banyak cewek pada saat traveling akan membawa barang bawaan segudang. Untuk point ini, bawalah pakaian yang secukupnya. Jangan terlalu banyak membawa barang-barang yang tidak terlalu penting. Karena disini kamu akan traveling sendirian, gak mau kan saat traveling barang bawaanmu malah merepotkan. Setelah barang bawaan telah rapih dan siap dikemas. Selanjutnya adalah masalah perlengkapan dokumen. Dokumen yang dimaksud ini adalah seperti identitas dirimu, seperti KTP, passport atau lainnya.

Jangan bawa perhiasan yang mencolok

jangan membawa perhiasan mewah
Kamu akan traveling girls, bukan untuk pamer perhiasan mewah.

Cewek pada saat traveling memiliki resiko yang tinggi oleh tindakan kekerasan atau yang lainnya. Maka sebaiknya kamu membawa perhiasan jangan terlalu mencolok di mata orang lain. Bawalah yang sewajarnya, anting dan cincin. Karena jika terlalu mencolok, bisa mengundang orang lain melakukan hal yang tidak diinginkan.

Berpenampilan yang rapih dan sopan

Penampilan rapih
Penampilan yang rapi akan membuatmu lebih nayaman

Pada saat kamu traveling akan menemukan banyak hal baru di tempat tujuan. Akan lebih baik jika kamu menggunakan pakaian yang sopan. Gunakanlah sepatu outdoor yang nyaman dipakai. Pada intinya, dalam hal berpakaian, dianjurkan senyaman dirimu. Bebas, tetapi harus sopan.

Buatlah jadwal perjalanan

Buku catatan perjalanan
Catatan perjalanan sangat membantumu lho…

Menulis atau membuat list perjalanan adalah kegiatan yang jadul. Tetapi langkah ini adalah hal yang manjur. Karena membuat jadwal perjalanan akan membuatmu tidak bingung. Buatlah jadwal yang seefektif mungkin. Misalnya, membuat tujuan kemana saja, berapa lama dan ingin makan apa saja dan barang-barang apa yang ingin kamu beli nantinya. Jangan terlalu banyak jadwal, karena akan membuatmu capek dan akan membikin travelingmu berantakan.

Nginep di Hotel atau menginap dengan cara pesan aplikasi airbnb

Menginap di hotel
Menginap di hotel membuatmu lebih aman

Menginap di hotel adalah langkah aman bagi cewek. Karena keamanan serta lainnya terjamin. Tetapi kamu siap-siap merogoh kantong yang agak dalam. Namun dalam hal ini, kamu bisa mensiasati dengan memesan hotel di agen travel online atau aplikasi online. Karena dengan memesan melalui online, kebanyakan kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada kamu langsung pesan di hotel yang kamu akan singgahi. Cara lain adalah manfaatkan aplikasi pemesan seperti airbnb dan lainnya. Jika kamu melakukan tips ini, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada hotel. Cara kerja aplikasi ini adalah menghubungkan para pencari tempat tinggal sementara dengan penyewa langsung. Biasanya kamu bisa menyewa beberapa hari saja. Sekarang sudah banyak kok yang menggunakannya, di Indonesia apalagi di luar negeri.

Pada saat jalan-jalan tetaplah pede dan hati-hati

Tetaplah pede pada saat traveling
Tetaplah pede pada saat traveling

Meskipun kamu bepergian sendirian, jangan takut dan tetap hati-hati. Walaupun di tempat traveling yang kamu tuju itu di negara atau kota yang asing, maka kamu harus tetap pede. Karena jika kamu tidak pede dan seperti anak hilang, maka memperbesar kemungkinan orang jahat akan melakukan tindak kejahatan. Maka dalam hal ini, pede dan hati-hati harus kamu terapkan.

Selalu bawa nomor penting, di smartphone atau catatan perjalanan

cewek di pantai bawa handpone
Bawalah ponselmu, agar kamu tetep bisa menghubungi keluarga pada saat darurat

Selalu bawa smartphone-mu. Karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau keadaan darurat kamu bisa menghubungi keluarga terdekatmu. Apalagi jika kamu traveling ke luar negeri, usahakan kamu menghubungi keluarga, teman atau pacar lebih baik menggunakan telepon umum.


Itulah tujuh tips bagi cewek yang akan traveling sendirian. Dan yang terpenting dari itu semua, pada saat traveling kamu bisa merasakan atau menikmati travelingmu. Karena tujuan traveling adalah menghilangkan stres, dan juga mendapatkan pengalaman baru yang mungkin tidak akan kamu lupakan.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda