7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan bagi pemula

Setara.net – Liburan adalah kegiatan yang menyenangkan bagi semua orang. Apalagi jika tahu tentang tips liburan hemat dan menyenangkan, pastinya liburan akan sering dilakukan.

Liburan adalah salah satu kegiatan untuk menghilangkan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari. Menghilangkan stres sejenak dengan liburan. Liburan juga tidak selalu di tempat yang mahal dan jauh, bisa juga memilih tempat liburan sesuai budget dan moment agar bisa mendapatkan hasil liburan yang menyenangkan.

Lalu apa saja tips agar liburan kamu menjadi hemat dan menyenangkan? Berikut ini Setara.net telah membuat beberapa tips agar kamu bisa berhemat saat kamu berlibur.

Hitung Budget

Mengitung budget saat akan liburan
Mengitung budget saat akan liburan

Adalah hal yang pertama untuk masalah budget. Kamu harus mengerti budget berapa, karena ini adalah yang paling terpenting. Jika sudah mengetahui budget berapa, maka kamu bisa menentukan akan berlibur kemana.

Lokasi tujuan liburan

Pantai Indah
Tentukan lokasi liburanmu

Setelah menentukan budget, kamu bisa berlanjut memikirkan akan liburan kemana. Disarankan jika budget kamu pas-pasan, maka lebih baik mencari tempat liburan yang tidak terlalu jauh. Disamping biaya murah, kamu juga bisa berhemat. Maksudnya adalah, tidak semua tempat liburan yang jauh tempatnya bagus kok. Kamu bisa mencari tempat liburan di sekitar tempat tinggal.

Berlibur di hari biasa

nama nama hari
Berlibur di hari biasa sangat menghemat biaya

Tips ini juga bisa kamu lakukan saat berlibur. Karena jika kamu berlibur di hari biasa, maka segala hal tentang biaya transportasi akan lebih murah. Misalnya dari mulai harga tiket pesawat, bus dan tiket masuk tempat liburan. Akan tetapi tips ini jarang dilakukan oleh orang, karena terbentur dengan hari kerja atau kegiatan sehari-hari.

Ketahui informasi tentang tempat tujuan Liburan

Mencari banyak informasi tentang tempat liburan
Mencari banyak informasi tentang tempat liburan

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang lokasi liburan agar kamu bisa mendapatkan harga yang termurah. Mulai dari akomodasi transportasi, dan paket wisata yang paling murah. Informasi dalam hal ini sangat berguna sekali bagi kamu. Jika tidak mengetahui tentang informasi tempat liburan, maka saat tiba di tempat, kamu akan mengeluarkan banyak biaya. Yang pastinya bisa membuat “kehilangan” banyak uang.

Usahakan cari tempat makan yang murah

Makanan tradisional
Menyantap makanan tradisional… Enak!

Sangat wajar sekali, bahwa makan atau jajan di tempat liburan itu harganya mahal. Bisa dibilang 2 kali lipat dari harga normal, atau bahkan lebih dari itu. Karena penjual mematok harga yang tinggi adalah mensiasati bayar pajak untuk lapak di tempat liburan. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar mencari tempat jajanan yang murah. Hindari juga makan di tempat makanan yang mewah. Bukankah kamu tujuannya untuk berliburan? Alangkah baiknya, membeli makanan lokal yang harganya lebih murah. Sudah otomatis ngirit, kamu juga bisa merasakan aneka makanan tradisional.

Liburan bareng teman

Liburan bareng banyak temen
Liburan bareng banyak temen, seru!

Jika kamu ingin berliburan, maka lebih baik beramai-ramai. Alasannya adalah karena liburan bareng teman itu asik dan menyenangkan sekaligus juga bisa membuat liburanmu lebih hemat. Pasalnya adalah jika kamu melakukan perjalanan wisata berkelompok, biasanya paket wisata yang kamu pilih akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan perorangan.

Gunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit agar dapat banyak diskon
Menggunakan kartu kredit agar dapat banyak diskon

Ini adalah hal yang harus kamu ketahui saat akan melakukan liburan. Musim liburan membuat banyak bank maupun perusahaan travel memberikan banyak diskon. Misalnya, menggunakan kartu kredit saat melakukan pemesanan tiket pesawat, di situs pesan tiket online banyak yang akan memberikan kemudahan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ditambah lagi kamu juga akan mendapatkan diskon atas transaksi tersebut.


Bagaimana, apakah sudah siap untuk liburan  secara hemat dan menyenangkan?

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda