Setara.net – Siapa yang tak suka makanan yang satu ini, ya,  Martabak. Mendengar namanya aja sudah bikin laper dan ingin mencicipinya. Martabak di Indonesia memiliki 2 ragam aneka rasa, yaitu martabak asin dan martabak manis.

Martabak asin terbuat dari campuran telur dan daging kemudian untuk martabak manis terbuat dari kue terang bulan dan biasanya diisi dengan coklat. Akan tetapi, untuk jenis marabak manis, dengan semakin berkembangnya jaman serta kreatifitas, maka saat ini martabak manis memiliki aneka rasa. Saking kreatifnya, sampai orang bingung ingin beli martabak yang segambreng jenisnya.
Lalu, dimana aja sih martabak yang enak di Jakarta?

Matrtabak 65A Pecenongan

Martabak 65A Pecenongan
Martabak 65A Pecenongan – pergikuliner.com

Tempat ini adalah bisa dikatakan yang terkenal dan paling ramai se-Jakarta. Di Martabak 65A Pecenongan memiliki aneka menu martabak yang tentunya membuat Anda ingin melahap semuanya. Diantaranya seperti Martabak Greentea, ada Martabak Keju, ada juga Toblerone, lalu Martabak Ovomaltime dan masih banyak martabak-martabak yang enak disini. Tenang, tempat ini buka setiap hari kok. Jadi Anda gak usah khawatir. Buka mulai pukul 6 sore hingga jam 12 malam. Alamatnya di Jalan Pecenongan No 65A, Jakarta Pusat.

Martabak Boss

Martabak Boss
Martabak Boss – foody.id

Martabak yang satu ini sedang ngehits di kalangan anak muda Jakarta.  Dengan konsep foodtruck,  atau mobile maka Martabak Boss mengesankan kekinian.  Martabak Boss sendiri,  saat ini di Jakarta memiliki beberapa gerai.  Diantaranya di Kampung Melayu, Tebet, Melawai dan di Menteng.  Sebenarnya konsep foodtruck seperti ini sudah ada sejak lama,  sebelum Martabak boss ada. di Indonesia kisaran 2 tahun lalu, penjaja dengan konsep foodtruck ini menjamur terutama di Jakarta. Menu yang dijual Martabak Boss adalah Martabak Daging Gokil, Martabak Tuna Bule, Martabak Kornet Curry dan beberapa varian martabak yang enak disantap kala pagi maupun malam hari apalagi di musim hujan. Betapa, sedapnya.

Martabak Bandung Raya

Martabak Bandung Raya
Martabak Bandung Raya – zomato.com

Bukan, bukan. Ini tempatnya masih di Jakarta kok, walaupun namanya Bandung Raya. Tempat ini menjual jenis martabak asin maupun manis. Sebenarnya Martabak Bandung Raya sama seperti tempat yang jual martabak-martabak lainnya di Jakarta atau bisa dibilang sangat umum. Dari menunya hampir sama. Di kategori Martabak Manis, ada martabak kacang, coklat, keju, wijen dan kombinasi dari beberapa rasa di atas. Akan tetapi, yang membuatnya berbeda dan wajib dikunjungi adalah rasanya. Martabak Bandung Raya dalam hal ini mendapat juara. Tempat ini sangat ramai terus jika Anda datang ke gerainya. Tenang, dalam hal jam buka, Martabak Bandung Raya buka 24 jam nonstop setiap hari. Jika Anda merasa kelaparan di tengah malam, tinggal pesan martabak disini atau delivery. Alamat Martabak Bandung Raya di jalan Fatmawati Raya No. 22 Jaksel, atau di depan D’Best Fatmawati.

 

Martabakku Menteng

Martabakku Menteng
Martabakku Menteng iradiofm.com

Martabakku Menteng menjual Martabak Manis dan asin. Untuk jenis martabak telur (asin), Anda bisa mengatur rasa kepedasan. Karena disini memiliki 5 level yang bisa disesuaikan dengan lidah Anda.

  • Insanely HOT : Buat kamu yang benar2 nekad berani makan dengan sensasi pedas yang membakar lidah.
  • Extra HOT : Meski tak sepanas Insanely HOT anda harus tetap berhati2 ambil level ini.
  • HOT : Cocok buat kamu yang senang selera pedas tapi tidak terlalu pedas.
  • Medium : Pengen yang standart? anda harus pilih level medium.
  • Mild : level paling rendah, jika anda pesan martabak untuk anak2 akan lebih bijak jika ambil level terendah.

Kemudian untuk Martabak Manis mereka menjual beberapa varian rasa. Seperti Martabak Manis Red Velvet, dan masih banyak lainnya.

Alamatnya di Jalan HOS. Cokroaminoto No. 1, Menteng. Tetapi tak hanya disini saja, mereka juga memiliki gerai di Gandaria, dan Fatmawati Jaksel. Buka dari jam 11 siang hingga 12 malam.

 

Markobar 1996 (Martabak Kota Barat)

Markobar Cikini
Markobar Cikini – liputan6.com

Pemilik dari gerai martabak ini adalah putra sulung dari Jokowi Presiden Indonesia, Gibran Rakabumingraka. Pertamakali buka di Solo, pada tahun 2015. Dengan kesuksesannya di Solo mereka membuka cabang di berbagai kota. Seperti Semarang, Jogja, Surabaya dan tentunya di Jakarta. Markobar beberapa waktu ini menjadi hits di media sosial karena “strategi marketing”nya yang beda dari yang lainnya. Dan tentu juga karena ditunjang anaknya presiden. Markobar memiliki menu spesial terang bulan 8 rasa, martabak satu lingkaran penuh dengan delapan topping yang berbeda, mulai dari rasa Ovomaltine, matcha, hingga coklat Toblerone.

Lokasi : Jl. Raden Saleh Raya No. 39, Menteng, Jakarta Pusat. Buka setiap hari dari jam 1 siang hingga 11 malam.


Gimana tertarik mencicipi Martabak yang enak di Jakarta?

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda