ada ikan Lele, Gabus, dan ikan Sapu-sapu

Setara.net – Tahukah Anda jika di dekat masjid Istiqlal ada tempat pemancingan gratis yang saat ini mulai ramai oleh orang yang hobby mancing. Saat ini belum banyak yang tahu tentang tempat pemancingan yang tersembunyi di dekat mesjid istiqlal, Jakarta Pusat. Saya sempatkan untuk mencari informasi di sana dan mewawancarai seorang mancing mania yang ada di sana.

Kami bertanya kepada salah satu pengunjung dan salah satu mancing mania. Saya menanyakan ada jenis ikan apa saja yang ada.  Menurut bapak yang namanya tidak ingin disebut, di sini ada beberapa jenis ikan ”ada ikan lele, ikan gabus, dan ikan sapu-sapu” Jawabnya.

Tempat pemancingan ini tidak banyak yang mengetahuinya. Pemancingan ini terletak di antara mesjid Istiqlal dan pusat perbelanjaan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tempatnya terlihat jika Anda melakukan perjalanan dari jalan H. Juanda menuju ke jalan Gunung Sahari. Atau lebih gampangnya adalah di jalan Dr. Sutomo, Pasar baru.

Berada tepat di sebelah kiri jalan. Jadi sepanjang jalan ini terdapat Kali. Di lokasi ini juga sudah banyak yang berjualan. Seperti Pedagang kopi keliling dan lainnya. Banyak juga pengendara jalan yang menepikan kendaaraanya sekadar melihat orang mancing atau istirhata sejenak.

Kemudian saya melanjutkan bertanya kepada bapak pemancing tadi. ”belum dapat satupun, tapi sebelah telah dapat 1 ekor belut”. Tegasnya. Ketika saya menanyakan apakah sudah dapat ikan atau belum.

mancing di pasar baru
mancing di Pasar Baru © Antoni Clianto

Jika kita simpulkan bahwa tempat pemancingan ini kurang banyak ikannya, Anda terlalu cepat menyimpulkan. “Semalem ada yang begadang sampai jam 3 pagi di sini” lanjut Bapak itu berkata menyakinkan saya.

Tempat pemancingan ini belum lama ramai seperti ini. Bisa ramai karena sering ada yang membuang ikan dalam jumlah banyak ke kali yang berarus tenang. Sumber terpercaya mengatakan bahwa di tempat pemancingan ini suka ada yang membuang ikan dalam jumlah besar. Tidak diketahui apa maksud dan tujuannya membuang ikan ke kali Jakarta yang mulai tercemar dengan logam berat.

Anda penasaran dengan tempat pemancingan ini? Anda bisa kunjungi kapan saja, karena setiap hari dari pagi hingga malam selalu ada yang memancing. Sore hari menjelang pulang kerja sudah ramai orang yang mancing di sini. Pesan dari saya saat mengunjungi tempat ini; Jagalah kebersihan, buang sampah pada tempatnya. Jika belum ada tempat sampah, simpan ke dalam tas yang Anda bawa.