“Aku mengenal makeup dari umur 3 tahun, mungkin karena suka melihat mamaku pakai makeup dan aku suka coba-cobain”

Kosmetik adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Umumnya merupakan campuran dari beragam  senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis. Menurut sejumlah sumber, perkembangan awal kosmetik bisa diketahui sejak bangsa Mesir kuno menggunakan minyak jarak sebagai pengganti balsem, atau penggunaan krim kulit yang terbuat dari lilin lebah, minyak zaitun, dan air mawar pada zaman Romawi.

Pada abad ke-16, penggunaan kosmetik telah menyebabkan meningkatnya permintaan produk kosmetik di kalangan kelas atas. Pertengahan abad ke-20, kosmetik telah digunakan secara meluas hampir oleh semua wanita di negara-negara industri di seluruh dunia. Dari banyak perusahaan kosmetik, yang terbesar adalah L’Oreal, yang didirikan oleh Eugene Schueller pada tahun 1909 dengan nama French Harmless Hair Colouring Company. Produk-produk L’Oreal mulai memasuki pasar Amerika Serikat pada 1910-an, yang dipasarkan oleh Elizabeth Arden, Helena Rubinstein, dan Max Factor, menjelang berdirinya Revlon sebelum Perang Dunia II.

Kebanyakan perusahaan kosmetik memisahkan kosmetik menjadi dua jenis, yakni kosmetik rias dengan kosmetik perawatan. Kosmetik rias umumnya digunakan sebagai riasan untuk area muka atau wajah, misalnya bedak, lipstik, pensil alis, perona pipi, perona mata, celak, dan maskara. Lebih luasnya, kosmetik rias juga termasuk produk untuk merias kuku dan rambut seperti kuteks dan cat rambut. Sedangkan kosmetik perawatan meliputi produk yang digunakan untuk merawat tubuh, termasuk krim kulit, losion tangan dan tubuh (hand body lotion), deodoran, parfum, sabun, masker muka, dan sebagainya.

Perihal atau tata cara menggunakan kosmetik disebut dengan tata rias atau make up. Saat ini sedang terkenal istilah make up artist yang berarti seni dalam ber-make up. Make Up Artist memiliki aliran dan spesialisasi tertentu,  sesuai dengan tujuan penggunaannya. Apakah untuk rias pengantin, pemotretan, film, cat walk, pementasan drama, dan sebagainya. Oleh karena itu tidak semua make up artist bertujuan untuk mempercantik.

Karena berbagai tujuan dan kepentingan, kosmetik tidak hanya dipakai oleh wanita saja. Namun juga dipakai oleh lelaki, seperti halnya kosmetik perawatan yang digunakan sehari-hari dengan contoh sabun permbersih muka, deodoran, parfum, dll. Sedangkan untuk kosmetik rias, para aktor lelaki pun pasti akan di-makeup sesuai dengan kepentingan dan keperluannya.

Seorang make up artist pun tidak selamanya wanita, adapun lelaki yang berprofesi sebagai make up artist. Contohnya Bennu make up, Anpa Suha, Bubah Alfian, dan Ifan Rivaldi. Bahkan Bennu makeup dan Anpa Suha telah membuka workshop pelatihan makeup artist di beberapa kota besar di Indonesia. Karena saat ini, profesi makeup artist di Indonesia memang sedang terkenal dan menjanjikan.

Tidak jarang kita temui pembahasan mengenai kosmetik di internet, terutama di YouTube. Tinggal ketik apa yang ingin kita ketahui tentang kosmetik, maka akan muncul banyak YouTubers ataupun beauty vlogger yang menyediakan konten tentang kosmetik yang kita inginkan, baik itu mengenai skincare routine (kosmetik perawatan harian), review produk kosmetik, tutorial makeup, dll.

Tentunya YouTubers ataupun beauty vlogger tersebut, menyediakan video dengan konten tersebut memang berdasarkan pengetahuan ataupun pengalaman pribadinya. Entah itu dengan mengikuti kelas kecantikan, ataupun belajar mencoba-coba sendiri dengan melihat tutorial di youtube.

Contohnya seperti Ashilla Sikado. Ia merupakan salah satu youtubers yang menyediakan konten tentang kecantikan. Entah itu mengenai skincare routine, review produk kosmetik, ataupun makeup tutorial. “Aku mengenal makeup dari umur 3 tahun, mungkin karena suka melihat mamaku pakai makeup dan aku suka coba-cobain” ungkap pemilik akun youtube Ashilla Sikado ini. “Ingin mengenal makeup lebih jauh sih sebenarnya baru-baru ini sekitar akhir tahun 2015, Itu aku ga sengaja nonton makeup tutorial di youtube, jadinya seperti ingin mencoba sendiri.” Lanjut Ashilla Sikado.

“Aku ga pernah ikut kelas, padahal kepengen banget, Cuma as u know makeup class kadang suka mahal banget, mendingan uangnya aku pakai buat beli makeup dan belajar sendiri liat tutorial di youtube.” cerita Ashilla Sikado sambil terkekeh. Dengan berbekal makeup yang dimilikinya dan menonton video tutorial makeup di youtube, Ashilla Sikado mencoba mempelajarinya. Lalu Ashilla Sikado memberanikan diri untuk membuat video tutorial makeup di channel youtubenya.

Menurut Ashilla mengenai awal membuat video di youtube banyak yang memberikan reaksi positif begitupula sebaliknya. “Reaksi viewers ada yang positif, tapi lebih banyak yang negatif karena aku kan masih dalam tahap belajar saat itu, jadinya ya makeupnya kurang pro gitu hasilnya.” Pastinya untuk mereka yang memutuskan untuk membuat video yang berkonten kecantikan, harus mengenal terlebih dahulu bagaimana tipe kulit wajah mereka. “Tipe kulit aku berminyak. Aku kalau untuk makeup ga pilih-pilih sih, asal pigmented dan full coverage. Cuma untuk complexion nya yang aku pilih banget karena mukaku juga sensitive.” ungkap Ashilla Sikado.

“Kalau untuk Ashilla yang sekarang nih yaa.. makeup bukan suatu kebutuhan lagi, karena aku lebih fokus ke skincare.” Ucap Ashilla. Menurut Ashilla Sikado kosmetik perawatan sudah seperti kebutuhan. Kalau kita perhatikan, memang skincare atau kosmetik perawatan lebih dibutuhkan oleh kulit kita. Karena percuma kita memakai makeup sebagus apapun kalau tidak diiringi dengan perawatan kulit wajah, yang ada malah akan merusak kulit wajah kita.

Kosmetik Terpopuler di Twitter
Kosmetik Terpopuler di Twitter | Setara.net

Berbicara soal produk kosmetik di Indonesia, saat ini semakin banyak merek kecantikan asli buatan Indonesia. Hal itu memberikan angin segar bagi berkembangnya brand kosmetik lokal agar mampu bersaing dengan merek global. Beberapa brand kosmetik lokal Indonesia sudah sangat lama dikenal masyarakat, seperti Sariayu, Mustika Ratu, atau Viva Cosmetics. Hadirnya brand kosmetik Indonesia baru seperti Wardah, Inez Cosmetics, atau Polka Beauty menjadi alternatif pilihan bagi konnsumen.

“Yang gua pake Wardah, karena yang pertama karna halal dan ga susah dicari.” Ucap Anuriana Fajar Amrullah yang kerap disapa Yaya. “Untuk wardah pakai skincare yang aloevera gel sama facial foam, kalau untuk bedak sehari-hari Cuma BB Cream dan Concealer untuk mata.” Sambung Yaya. Ia mengaku mulai memakai skincare tersebut dari awal tahun ini, sedangkan untuk BB Cream sudah dari dua tahun lalu. “Cocok dan ga timbul alergi serta gatal-gatal selama ga pakai macam-macam.” cerita Yaya dengan tipe kulitnya yang kombinasi cenderung kering terkadang normal tersebut.

Di balik pesona kosmetik yang dapat mempercantik penampilan, ada juga dampak negatif yang timbul apabila kita salah dalam memilih suatu produk kosmetik yang dipakai. Sebaiknya kenali terlebih dahulu dengan baik, daftar kandungan yang terdapat pada label setiap produk kosmetik sebelum memakainya. Apakah mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit atau tidak, serta cocok atau tidak dengan jenis kulit kita. Dan jangan lupa, untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsanya.

Untuk dampak negatif yang ditimbulkan dari kosmetik, yakni apabila kosmetik yang digunakan tidak cocok maka kulit akan menjadi kusam, dalam hal ini seperti pemakaian bedak atau foundation. Lalu bila kosmetik yang dipakai mengandung logam, maka akan menimbulkan efek depresi atau rasa cemas berlebihan, kerusakan memori, serta sakit kepala dan vertigo. Bila kosmetik yang dipakai mengandung merkuri, maka akan menimbulkan efek kerusakan memori, sakit kepala dan vertigo, serta emosi tidak stabil. Jika kosmetik yang dipakai telah kadaluarsa, maka akan merasakan gatal pada mata. Dan yang terakhir kosmetik dapat menyebabkan iritasi kulit jika kita alergi dengan kandungan pada jenis kosmetik tertentu.

Tuhan telah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya rupa, tinggal bagaimana kita mampu menjaga serta merawatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat yaa untuk kalian.

Baca juga:

Rodhiyatum Mardhiyah

Hanya seorang pembelajar kehidupan yang ingin tetap hidup dengan menulis
Rodhiyatum Mardhiyah

Latest posts by Rodhiyatum Mardhiyah (see all)