Setara.net – Tak terasa tahun 2016 sudah di penghujung waktu. Seperti sebelum-sebelumnya, Google pasti akan merilis pencarian terpopuler sepanjang tahun.

Daftar ini dibikin oleh Google mengenai kata kunci yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia selama setahun. Pada 2016 ini, apa saja kata kunci yang paling banyak dicari di Google oleh orang Indonesia?

Pokemon GO

pokemon go logo

Pokemon Go adalah kata kunci paling banyak dicari masyarakat Indonesia tahun 2016. Game besutan Ninetendo ini sangat booming di tahun 2016. Bahkan di pertengahan bulan juli, tepatnya tanggal 10 hingga 16 juli 2016, pencarian dengan kata kunci “Pokemon Go” di Indonesia meningkat tajam. Namun, game tersebut tidak bertahan lama, setelah dirilis secara resmi malah banyak pengguna yang meninggalkan game tersebut.

Gerhana Matahari

gerhana matahari

Posisi kedua kata kunci yang paling banyak dicari orang Indonesia di google adalah gerhana matahari. Gerhana matahari terjadi di awal tahun tepatnya di bulan maret. Maka tak mengherankan jika di bulan maret 2016 pencarian dengan kata kunci “gerhana matahari”¬†meroket.

Timnas Indonesia

timnas Indonesia

Timnas Indonesia membuntuti gerhana matahari. Tren pencarian timnas Indonesia tahun 2016 ini dari bulan ke bulan sangat positif. Puncaknya adalah saat timnas Indonesia melaju ke final piala AFF. Namun sayangnya, timnas Indonesia harus tumbang dengan kalah agregat gol dari negeri Gajah, Thailand. Padahal di leg pertama, Indonesia memenangkan pertandingan di stadion Pakansari Bogor. Hal yang mneyakitkan adalah Indonesia kalah saat leg kedua, di Thailand. Namun, jika melihat sejarah AFF, Indonesia bisa dikatakan spesialis juara dua. Ya, itu kenyataannya.

Gempa Aceh

gempa aceh 2016Gempa Aceh di awal-awal tahun jarang dicari orang di Google. Namun semenjak terjadinya gempa Aceh di awal bulan Desember, maka pencarian melonjak drastis. Hal ini membuat kata “Gempa Aceh” menduduki peringkat ke empat Indonesia.

Donald Trump

donald trumpTahun 2016 di negara Amerika Serikat sedang melangsungkan pesta demokrasi, pemilihan presiden. Seperti Timnas Indonesia, kata kunci “Donald Trump” setiap bulannya trennya menaik dari awal tahun. Titik puncaknya saat Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika menggantikan Barrack Obama.

Hal ini banyak dicari di Google karena kontroversialnya sosok si Donald Trump. Padahal banyak lembaga survey di Amerika yang mengunggulkan lawannya, Hillary Clinton. Tak hanya dari sudut lembaga survey saja, namun dari kalangan netizen juga lebih condong ke Clinton. Tapi kenyataannya ketika pemungutan suara berlangsung, Donald Trump yang terpilih sebagai presiden.

Itulah lima peringkat teratas kata kunci di google Indonesia. Masih banyak yang dicari oleh orang Indonesia dalam skala jutaan, selain kelima di atas ada Mukidi, Demo 4 November, Rio Haryanto dan Jessica Kumala Wongso.

Pencarian dengan kata kunci “Donald Trump” dan “Pokemon Go” juga kata yang paling banyak dicari di dunia.

***

Dalam hal pencarian nama tokoh, nama yang paling banyak dicari di Google Indonesia adalah :

Tokoh 

  1. Ahok
  2. Sri Mulyani
  3. Buni Yani
  4. Wayan Mirna Salihin
  5. Nusron Wahid

Kemudian dalam hal peristiwa nasional, kata kunci yang paling banyak dicari adalah :

Peristiwa

  1. Bom Sarinah
  2. Gafatar
  3. Kasus Dimas Kanjeng
  4. Harga Rokok
  5. Kasus Yuyun

Itulah daftar pencarian terpopuler dan paling banyak dicari di google oleh orang Indonesia. Yang menarik lagi, orang Indonesia juga banyak mencari kata yang diawali dengan “Bagaimana Cara”

Bagaimana Cara

Cara Sholat Gerhana
Cara bikin jeans belel
Cara membuat slime
Cara Move On
Cara memutihkan badan.

Dalam kasus ini, berarti banyak orang Indonesia yang susah move on ditinggal kekasihnya. Banyak yang membuat celana jeansnya menjadi belel biar dikira anak gaul, dan lain sebagainya.

Lalu ada yang lebih menarik lagi di tahun 2016, banyak orang Indonesia yang mencari di Google dengan kata kunci mengandung “Dekat Sini”

Dekat Sini

Salon dekat sini
Toko bunga dekat sini
Hotel Bintang 5 dekat sini
Pom Bensin dekat sini
Toko action figure dekat sini.

Laporan Khusus :

Apa alasan Utama Orang Indonesia Mengakses Internet?
Inilah Negara Terpopuler di Instagram, Indonesia Nomor Berapa?
Startup Terbaik Tahun 2016

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda