Berbicara tentang pariwisata, jelas menjadi sektor yang sangat diminati pada masa sekarang ini, dan terbukti banyak bidang usaha yang menggeluti bidang ini. Yang paling baru adalah banyaknya startup yang mulai meminati sektor pariwisata, utamanya adalah di Indonesia.

Nah, perlu diketahui ternyata ada sebuah perhimbunan atau komunitas yang menyebut dirinya sebagai pihak yang berdedikasi untuk pariwisata Indonesia saat ini. Ia memiliki slogan “Dedikasi Membangun Pariwisata Tanpa Henti”. Namanya adalah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke 50 tahun pada 9 Februari 2019 ini.

Sejak PHRI didirikan pada 9 Februari 1969, salah satu tujuannya adalah berdedikasi terhadap perkembangan dan semakin majunya sektor pariwisata di Indonesia. Memang hotel dan restoran merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari pariwisata. Bahkan PHRI merupakan salah satu komponen dalam mata rantai berkembangnya pariwisata di Indonesia.

Bertempat di Grand Sahid Jaya, Jakarta pada tanggal 11 Februari 2019, salah satu rangkaian puncak dari HUT PHRI ke-50 adalah Rakernas PHRI IV. Pada rangkaian acara Rakernas inipun juga masih dibagi ke dalam beberapa rangkaian. Yang paling istimewanya adalah dalam HUT PHRI ke-50 ini terdapat terdapat sesi yang bernama “Anugerah PHRI”, yakni sebuah ajang penghargaan bagi perusahaan hotel dan restoran yang mampu memberikan dedikasi dan kontribusinya terhadap kemajuan pariwisata di Indonesia.

Dalam award yang bertajuk “Anugerah PHRI” tersebut memiliki beberapa kategori, seperti :

  1. The Best Resort Hotel
  2. The Best City Hotel
  3. The Best Affordable Hotel
  4. The Best 1 Star Hotel
  5. The Best 2 Star Hotel
  6. The Best 3 Star Hotel
  7. The Best 4 Star Hotel
  8. The Best 5 Star Hotel
  9. The Best Nusantara Restaurant
  10. The Best Oriental Restaurant
  11. The Best Continental Restaurant
  12. Wellness Resort
  13. Moslem Friendly Hotel
  14. Bahari Restaurant

Wah tentunya sangat seru karena ada sesi yang sangat spesial bertajuk Anugerah PHRI tersebut. Ada 14 kategori yang diperebutkan oleh puluhan bahkan ratusan dari hotel dan restaurant yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Lebih menariknya lagi, dalam rangkaian acara HUT PHRI ke-50 ini tidak hanya Anugerah PHRI dan Rakernas PHRI IV saja. Namun pada hari Minggu, 10 Februari 2019 juga sempat berlangsung HoRe FunWalk dan HoRe Culinary Festival yang bertempat di Jakarta. Serangkaian acara HUT PHRI ke setengah abad yang sangat meriah ini ditujukan memperkenalkan PHRI kepada publik, dan juga ajang sosialisasi bagi seluruh anggota PHRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Serangkaian HUT PHRI ke-50 berjalan secara meriah. Bahkan berbagai orang penting juga hadir dalam acara ini. Salah satunya yang menggemparkan banyak orang adalah hadirnya Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo yang ikut memberikan sambutan dalam Rakernas PHRI IV yang berlangsung di Jakarta.

Source : industry.co.id

Tentunya dengan usia PHRI yang sudah lima dasawarsa ini, akan semakin menunjukkan dedikasinya kepada sektor pariwisata demi semakin majunya negara kita, Republik Indonesia.

Melalui event ini, kita semua jadi tahu bahwa hotel dan restoran ternyata juga ada perkumpulannya. PHRI saat ini dipimpin oleh Bapak Hariyadi BS Sukamdani sebagai Ketua Umum, Bapak Kosmian Pudjiadi sebagai Sekjen, dan Bapak Stephanus Ridwan sebagai Bendahara.

PHRI berjanji akan terus berdedikasi dan berkontribusi bagi sektor pariwisata Indonesia, dan akan menjadi perhimpunan pengusaha yang semakin maju kedepannya.