Hanna Anisa, nama orang yang satu ini begitu terkenal di dunia maya akhir-akhir ini. Artis bukan, pejabat bukan, politisi bukan, tapi nama tersebut langsung melejit karena kontroversinya soal video “esek-esek.” Meski sampai saat ini belum terdapat kejelasannya apakah yang di dalam video tersebut Hanna Anisa asli atau hanya sekedar mirip, dan bahkan melalui akun instagramnya, Hanna Anisa membantah ia melakukan adegan tersebut, tapi sampai saat ini nama “Hanna Anisa” masih menjadi bahan perbincangan dan masih sering muncul di media sosial.

Oke kita tak membahas lebih lanjut tentang kasus Hanna Anisa, tapi kita akan membahas tentang betapa viralnya nama Hanna Anisa ini. Bahkan pada tanggal 26 Oktober 2017 yang lalu, keyword ‘Hana Annisa’ menempati ranking pertama dalam pencarian terbanyak di Google. Bahkan, data dari Google Trend juga menunjukkan keyword ‘Hana’ bisa menempati peringkat ketiga Trending Google saat itu.

Memang dengan semakin viralnya Hanna Anisa ini akan semakin membuat orang penasaran dan terus kepo dengan dirinya. Diberitakannya Hanna Anisa di televisi juga membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu dan pasti akan penasaran dengan siapa dia, dan akhirnya mencari di Google.

Viralnya Hanna Anisa ini sangat luar biasa antara rentang tanggal 26-27 Oktober 2017, bahkan mengalahkan Perppu Ormas yang seharusnya jadi viral, dan luar biasanya bisa mengalahkan Film Thor yang baru saja dirilis.

Tapi melejitnya keyword tentang Hanna Anisa ini ternyata masih jauh sekali dibandingkan dengan kasus antara Ariel dan Luna Maya beberapa tahun yang lalu. Hal itu bisa dilihat dari Google Trend yang membandingkan antara keyword ‘Hanna Anisa’ dan ‘Ariel Luna Maya’.

Secara rating menariknya pencarian dengan keyword tersebut, Hanna Anisa di bulan Oktober 2017 ini masih mencapai poin 3. Hal itu jauh berbeda dibandingkan saat Ariel Luna Maya di bulan Juni 2010 yang lalu sampai pernah mencapai poin 100 atau poin tertinggi dengan rating pencarian paling menarik. Artinya hal ini menunjukkan Hanna Anisa tidak lebih viral dibanding Ariel dan Luna Maya. Keyword Hanna Anisa hanya bertahan beberapa hari, sementara Ariel Luna Maya bisa bertahan berbulan-bulan.

Sementara ketika dilihat dari hasil pencarian juga demikian. Keyword ‘Hanna Anisa’ hanya memiliki 729.000 hasil penelusuran. Sementara jika ditambahi keyword ‘Video Hanna Anisa’ ternyata lebih banyak lagi yakni 3.270.000 hasil penelusuran. Tapi, hasil penelusuran tersebut tetap masih kalah banyak dengan keyword ‘Video Ariel Luna Maya’ yang memiliki 5.440.000 hasil penelusuran.

Inti dari artikel kali ini bahwa boomingnya Hanna Anisa saat ini tidak akan bisa mengalahkan betapa viralnya Skandal Ariel Peterpan (sekarang Noah) beberapa tahun yang lalu.

Tapi hal ini sangat wajar karena dengan Ariel sebagai seorang artis atau publik figur, pasti lebih terkenal dibanding Hanna Anisa yang hanya berstatus sebagai mahasiswa, bukan artis, bukan politisi, bukan pejabat, apalagi pelawak. Faktor Luna Maya yang juga sebagai artis juga semakin membuat skandal tersebut sangat viral saat itu dan mungkin sekarang seharusnya sudah dilupakan karena Ariel sendiripun sudah lama manggung dengan band-nya, Noah yang dulunya adalah Peterpan.