Setara.net – Menjadi aktris, penyanyi atau model memang sangat menggiurkan, apalagi jika ia sudah sangat terkenal dan sering wara-wiri di televisi nasional. Rasa-rasanya mencari uang itu mudah. Mendapatkan uang jutaan itu bisa dikerjakan dalam waktu beberapa jam saja.

Pendapatan sebagai seorang aktris papan atas di negeri ini maupun luar negeri itu dari berbagai cara. Mulai dari menyanyi, menjadi pemain film / sinetron, model dan juga menjadi bintang iklan.

Di Indonesia sangat banyak artis yang melakoni pekerjaannya dengan merangkap atau bisa dikatakan multi talenta. Ia bisa nyani, akting, ngelawak dan lainnya.

Baru-baru ini sebuah sebuah website toprichest.com, merilis artis terkaya di Indonesia tahun 2016. Nama-nama beken yang menempati posisi puncak pasti Anda sudah mengenalnya dan memang tak mengagetkan.

Mantan penyanyi cilik dan sebelumnya terkenal dengan nama Agnes Monica mendapat predikat artis paling kaya di Indonesia. Kini Agnes lebih kondang dengan nama Agnez Mo. Agnez Mo memiliki kekayaan mencapai US$ 16 juta atau setara dengan Rp 211,2 miliar (Kurs Rp 13.200 per US$ 1).

10 artis terkaya di indonesia
10 artis terkaya di indonesia. Infografis oleh tim SETARA

Hal ini karena Agnez Mo setiap manggung atau ada event, ia memang mematok tarif yang lebih mahal dibandingkan artis Indonesia lainnya. Maka tak ayal jika ia mendapat pundi-pundi kekayaannya banyak.

Nah di urutan kedua, ditempati oleh Anjasmara dengan jumlah kekayaan mencapai US$15 juta. Hanya beda satu juta dollar saja dengan Agnez. Anjasmara adalah artis kawakan. Puncak karirnya saat ia menjadi bintang film di Si Cecep pada tahun 2005 silam.

Di urutan ketiga ada Tukul Arwana dengan kekayaan mencapai US$ 13.5 juta. Barangkali hampir semua orang Indonesia pasti tahu dengan komedian yang satu ini. Dengan posisi ini, Tukul akan terus membuntuti Anjasmara soal kekayaan.

Lalu urutan ke empat ditempati oleh artis Bunga Citra Lestari. Istri dari Ashraf Sinclair ini mendapatkan pundi-pundi kekayaannya dari menyanyi dan bermain film. Tak hanya itu, ia juga kerap menjadi bintang iklan. Saat ini ia memiliki kekayaan sebesar US$ 12 juta.

Lalu dimanakah artis yang sensasional bernama Syahrini?

Princes Syahrini yang terkenal memiliki barang-barang branded yang “sesuatu” itu ternyata tidak masuk hitungan lima besar. Alih-alih lima besar, sepuluh besar saja si princes tersebut tidak masuk hitungan. Entahlah, ia di urutan nomor berapa.

Menjadi seorang artis memang menggiurkan. Mendapatkan penghasilan bisa mengalahkan pengusaha sekalipun. Namun, banyak juga kok artis-artis yang dulunya kaya banget dan sekarang melarat. Banyak sekali.

Jika tidak pintar-pintar dalam mengelola keuangan, maka akan menjadi melarat. Karena kehidupan seorang artis yang identik dengan glamour, maka jika ia tidak bisa memanfaatkan uangnya dengan baik maka akan tergerus oleh gaya saja.

Robit Mikrojul Huda