Apakah kamu pecinta kopi dan setiap hari selalu mengkonsumsinya? Jika iya sepertinya kamu perlu waspada. Hal ini dikarenakan ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan jika terlalu sering mengkonsumsinya. Seperti yang diketahui jika kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Meski begitu, saat ini kebiasaan minum kopi bukan hanya sebagai kebutuhan melainkan bagian dari gaya hidup sehari-hari. Tidak heran jika saat ini banyak bermunculan brand-brand kopi dengan varian rasa yang menarik. Lalu apa saja dampak minum kopi yang harus diketahui? Supaya lebih jelas, simak uraian dibawah ini. 

  1. Kecanduan 

Dampak minum kopi terlalu sering adalah membuat kecanduan. Perlu diketahui jika sebenarnya kopi memiliki banyak manfaat. Kecanduan yang terjadi dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsinya. Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa menyebabkan ketergantungan fisik maupun psikologis.

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa tidak ditemukan komponen dalam kafein yang benar-benar membuat kecanduan. Namun, penelitian tersebut mengungkapkan jika kopi diminum dalam dosis yang tinggi berpotensi bisa menimbulkan ketergantungan.

  1. Peningkatan Detak Jantung 

Dampak buruk akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi yaitu bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh efek stimulasi kafein yang ada di dalamnya. Sebuah studi mengatakan jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi kopi, bisa menyebabkan terjadi fibrilasi atrium atau irama detak jantung berubah, terutama pada anak muda.

Bagi kamu yang jarang mengonsumsi kopi maka dampak satu ini akan sangat terasa. Jika tidak mau hal tersebut terjadi sebaiknya hindari konsumsi kopi secara berlebih. Bagi yang tidak terbiasa sebaiknya tidak perlu mengonsumsi kopi. 

  1. Menyebabkan Terjadinya Masalah Pencernaan 

Memiliki kebiasaan minum kopi bisa menyebabkan terjadinya masalah pencernaan. Penyebabnya yaitu kafein yang ada dalam kopi bisa merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik maupun kontraksi. Dosis kafein yang terlalu tinggi dalam kopi bisa menyebabkan diare.

Tidak hanya itu saja, gangguan pencernaan yang muncul akibat kafein dalam kopi adalah memperburuk penyakit GERD. Penyakit GERD merupakan penyakit asam lambung yang bisa mengakibatkan munculnya rasa terbakar pada dada. Hal ini diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan.

  1. Insomnia 

Dampak minum kopi yang paling sering dirasakan adalah gangguan sulit tidur atau insomnia. Gangguan ini disebabkan oleh kafein dalam kopi bisa membantu tubuh tetap terjaga sehingga mempengaruhi porsi tidur.

Apabila kamu terlalu banyak minum kopi artinya ada banyak kafein yang masuk di dalam tubuh. Akibatnya akan membuat tubuh menjadi tidak bisa tidur dengan nyenyak. Jika tubuh kurang tidur akan memberikan pengaruh kurang baik.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah 

Dampak buruk dari minum kopi selanjutnya yaitu meningkatkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena kafein dalam kopi memberikan efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung dan juga stroke. Supaya itu tidak terjadi sebaiknya hindari minum kopi dalam porsi yang berlebihan.

  1. Lebih Sering Buang Air Kecil 

Sering buang air kecil menjadi dampak buruk selanjutnya karena terlalu banyak minum kopi. Penyebabnya yaitu adanya sifat diuretik kafein yang memberikan efek stimulasi pada kandung kemih. Jika kamu merasa setelah minum kopi menjadi lebih sering buang air kecil berarti itu disebabkan dari kafein yang ada pada kopi.  

Nah itulah 6 dampak minum kopi yang perlu kamu tahu. Diharapkan setelah membaca penjelasan diatas menjadi lebih tahu mengenai dampak dari kopi yang dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Redaksi