Bagaimanapun humas (public relation) dan pemasaran (marketing) berbeda nama dan fungsi, namun tetap dalam satu kesatuan dalam dunia bisnis.

Setara.net – Tak sedikit orang humas merasa lebih penting daripada orang pemasaran. Sebaliknya banyak juga praktisi marketing beranggapan lebih dibutuhkan daripada praktisi public relation. Terjadilah diskursus apa perbedaan humas (public relation) dengan pemasaran (marketing).

Hasil gambar untuk MARKETING DAN PUBLIC RELATION

Dalam tataran teori maupun praktek, sering muncul perdebatan tentang perbedaan humas dengan pemasaran. Kedua akivitas ini sesungguhnya merupakan bagian dari komunikasi sehingga mengandung prinsip dan komponen komunikasi. Dalam komponen itu terdapat sumber, pesan, media, khalayak atau penerima informasi serta tujuan komunikasi. Meskipun demikian, humas dan pemasaran memiliki orientasi yang berbeda secara signifikan. Berikut perbedaan mendasar konsep humas dan pemasaran.

Pesan Komunikasi

Aktivitas humas dilakukan untuk mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholders (termasuk di dalamnya konsumen atau calon konsumen). Pemasaran mengkomunikasikan pesan atau hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan yang mengandung citra tertentu. Misalnya humas sebuah rumah sakit akan meyakinkan publik tentang citra baik pelayanan rumah sakitnya, sedangkan pihak pemasaran akan memberikan pesan dalam bentuk promosi penawaran produk atau jasa pelayanan rumah sakit dan meyakinkan konsumen atau pasien untuk memanfaatkan fasilitas pelayanan tersebut.

Alat Penyampai Pesan

sosial media sebagai alat penunjang
sosial media sebagai salah satu alat penyampai yang bagus

Dalam kegiatan humas alat penyampai pesannya adalah berita (news), mereka mengirimkan informasi ke media massa atau media sosial agar memuat informasi menjadi berita yang dapat dibaca khalayak, sedangkan marketing menggunakan iklan sebagai alat penyampai pesan.

Penggunaan Media

Humas menggunakan media sebagai relasi dan komponen stakeholder yang penting untuk dijaga dan tidak bisa dengan gampang memaksa media untuk mempublikasikan semua hak yang di-release  karena ini terkait kewenangan redaksional, sedangkan pemasaran memiliki kebebasan dalam menggunakan media sesuai dengan tarif yang dibayarkan.

Jangka Waktu Aktivitas

Jangka waktu humas panjang karena dalam fungsi manajemen humas harus mampu merancang berbagai aktivitas agar organisasi atau perusahaan itu bisa bertahan sepanjang waktu. Sedangkan pemasaran bersifat jangka pendek sesuai dengan usia produk yang ditawarkan.

Target dan Sasaran Komunikasi

Sasaran komunikasi humas lebih ke publik luas yang memiliki kepentingan terhadap kehidupan organisasi. Sedangkan pemasaran lebih ditujukan kepada publik yang dianggap berpotensi membeli dan menggunakan jasa yang ditawarkan.

Bagaimanapun humas (public relation) dan pemasaran (marketing) berbeda nama dan fungsi, namun tetap dalam satu kesatuan dalam dunia bisnis. Para praktisi  ini ibarat ujung tombak dalam sebuah bisnis, tanpanya bisnis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Desti

Blogpreneur yang gak peduli sama sakit hatinya dihina orang, yang tetap berjalan menuju mimpinya sampai terwujud dan akan membuat si penghina berubah sikap menjadi bertepuk tangan dan pengagum rahasia.