Setara.net – Jakarta adalah kota yang super sibuk di Indonesia. Karena kota ini adalah ibukota negara Indonesia. Jakarta bagaikan kota yang tak pernah tidur, 24 jam selalu beroperasi. Dari pagi, siang, malam, tengah malam dan balik lagi ke pagi lagi selalu ada aktivitas di kota ini.

Dibalik kesibukannya, kota ini memiliki banyak wisata yang indah untuk dikunjungi oleh anak muda maupun wisata keluarga. Jakarta memang terkenalnya dari segi negatif, seperti macet, banjir dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika singgah di Jakarta.

Berikut ini Setara.net merangkum Tempat Wisata yang harus dikunjungi di Jakarta.

Monumen Nasional (Monas)

Tugu Monas di Malam hari
Tugu Monas di Malam hari yang keren

Mayoritas orang dari luar Jakarta, jika sedang di Jakarta maka ia tak akan lupa untuk mengunjungi Monumen Nasional atau sering disebut dengan Monas. Monas bisa dibilang icon dari kota Jakarta. Rasanya kurang, jika kamu pergi ke Jakarta dan tidak ke Monas. Monas setiap harinya ramai sekali oleh anak muda maupun para keluarga. Dari pagi hingga malam, tempat ini selalu ramai. Kamu hanya membayar sewa parkir kendaraanmu saja, jika ke Monas. Karena masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya. Bagi yang ingin ke Jakarta, tak ada salahnya jika kalian mampir ke Monas.

Museum Fatahillah (Kota Tua Jakarta)

10 tempat wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi
Museum Fatahillah di sore hari.

Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1 Jakarta Barat, dengan luas 1.300 Meter. Museum ini sering disebut juga dengan Kota Tua. Museum adalah salah satu tempat untuk kita belajar tentang sejarah di masa lampau. Museum ini adalah salah satu bangunan tua tinggalan Belanda. Tak heran, jika arsitektur bangunan ini memiliki ciri khas Belanda, seperti warna putih polos terbentang dari bawah hingga atas bangunan. Berbicara soal pengunjung, Kota Tua sangat banyak pengunjungnya jika senja mulai menghinggapi kota Jakarta. sekitar pukul 4 sore, museum ini sudah banyak anak muda nongkrong. Apalagi di hari libur. Selain bangunan yang artsy, banyak juga di museum Fatahillah ini terdapat orang yang memakai pakaian a la noni-noni Belanda. Dan kamu bisa berfoto ria dengan mereka. Museum Fatahillah merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika di Jakarta, apalagi di Museum ini kamu juga bisa belajar tentang sejarah kota Jakarta.

Kebun Binatang Ragunan (Taman Margasatwa Ragunan)

kebun binatang ragunan
kebun binatang ragunan

Sedang menikmati hari libur atau lagi liburan di Jakarta bareng keluarga? Tempat ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk berwisata. Selain di dalamnya berisikan berbagai macam hewan, kamu juga bisa beristirahat menikmati pemandangan yang indah. Udara yang sejuk, rasa-rasanya kamu tidak sedang berada di Jakarta. Disini kamu akan menikmati hutan tropis mini yang berisikan 5.000 pohon serta lebih dari 2.000 ekor satwa. Dengan tiket yang murah (untuk dewasa 4000 serta anak-anak 3000) maka kamu tak akan rugi berkunjung kesini. Kamu juga bisa mengelilingi Ragunan dengan membayar sewa kereta. Selain itu Taman Margasatwa Ragunan juga menyediakan fasilitas berupa :

  • Pusat Primata Schmutzer
  • Sarana Rekreasi
  • Taman Refleksi
  • Taman Satwa Anak

Alamat Kebun Binatang Ragunan :

Taman Margasatwa Ragunan

Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu,

Jakarta Selatan 12550 Indonesia

Tel. (021) 7884 7114 // Fax. (021) 780 5280

Email : ragunanzoo@jakarta.go.id

Info Tiket : Disini

 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

taman-mini-indonesia-indah-tmii
Taman Mini Indonesia Indah

Kamu ingin melihat miniatur Indonesia? Datang aja ke Taman MIni Indonesia Indah (TMII). Wahana wisata sekaligus pendidikan ini merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar. Tempat wisata ini diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1991. Selain terdapat rumah-rumah khas dari seluruh Indonesia, TMII juga memiliki wahana wisata banyak sekali.

Diantaranya adalah :

  • Kereta Aeromovel Indonesia
  • Balon Raksasa
  • Theatre 4D
  • Pemancingan Telaga Mina
  • Snowbay Waterpark
  • Kereta Gantung dll

Dengan tiket yang lumayan murah, kamu bisa menikmati seharian di Taman Mini Indonesia Indah. Informasi mengenai tiket dan fasilitas kamu bisa mengunjungi websitenya disini.

 

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
salah satu wahana di Taman Impian Jaya Ancol

Jika kamu ingin berwisata air dan sejenisnya kamu wajib datang ke Ancol. Ancol berlokasi di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara. Dengan harga tiket masuk perorang sebesar 25.000,-. Di Ancol kamu bisa menikmati berbagai wahana dan fasilitasnya. Di Ancol terdapat beberapa destinasi diantaranya adalah Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudera, Atlantis Water Adventure dan masih banyak yang lainnya. Tentunya biaya tiket masuk di awal belum termasuk tiket untuk destinasi tersebut. Kamu bisa menikmati liburanmu di Ancol dari pagi hingga malam. Di waktu senja tiba, kamu juga bisa menikmati matahari tenggelam secara perlahan-lahan di pinggir pantai. Rasa capek dan stres akan hilang bersama matahari tenggelam di ujung barat. Info mengenai tiket dan lainnya bisa dikunjungi websitenya disini.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda