Setara.net – World Halal Tourism Award adalah sebuah ajang penghargaan tingkat dunia yang diberikan kepada destinasi-destinasi halal. Tahun ini World Halal Tourism Award (WHTA 2016) diadakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Penghargaan ini berlangsung pada tanggal 24 Oktober hingga 6 November 2016 (babak penyisihan) dan 7 november sampai 24 November 2016. Untuk hasilnya, diumumkan pada tanggal 7 desember 2016 mendatang.

Destinasi halal yang dimaksud adalah tujuan wisata yang lengkap dengan fasilitas halal, pariwisata ramah wisatawan muslim dan lainnya. Sebagai contoh dalam kategori pariwisata halal ini adalah mudah ditemukannya masjid, tempat wudhu, hotel memiliki petunjuk arah kiblat, kitab suci, informasi waktu sholat dan lain sebagainya.

Pemerintah Indonesia menargetkan wisatawan manca negara sebanyak 12 juta pengunjung di tahun 2016. Penghargaan ini juga bisa mendongkrak para wisatawan terutama dari negara muslim yang akan datang ke Indonesia.

Di tahun lalu, Indonesia telah menjadi juara umum dengan memenangkan 3 kategori sekaligus dari 15 kategori yang dilombakan. Dalam WHTA 2015, tiga kategori tersebut adalah World Best Halal Honeymoon untuk Lombok, World Best Hotel Halal untuk Sofyan Hotel.

Di ajang WHTA 2016 ini, Indonesia telah mendaftarkan 12 kategori dari 16 kategori yang dibuat oleh pihak penyelenggara. Kabar bagusnya adalah, dari 12 yang diikut sertakan, kesemuanya masuk pada babak final.

Kita wajib bangga akan hal ini. Selain terkenal dengan pariwisatanya yang indah berkelas dunia, Indonesia juga ramah terhadap wisatawan muslim maupun non muslim dunia. Dari tahun ke tahun, para wisatawan dunia yang berkunjung ke Indonesia jumlahnya semakin banyak. Anda bisa melihat datanya disini.

Dua belas kategori yang diikuti oleh Indonesia dalam World Halal Tourism Award 2016 :

1. World’s Best Airline for Halal Travellers – Garuda Indonesia
2. World’s Best Airport for Halal Travellers – Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh, Indonesia
3. World’s Best Family Friendly Hotel – The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia
4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel – The Trans Luxury Hotel Bandung, Indonesia
5. World’s Best Halal Beach Resort – Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia
6. World’s Best Halal Tour Operator – Ero Tour, West Sumatera, Indonesia
7. World’s Best Halal Tourism Website – www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia
8. World’s Best Halal Honeymoon Destination – Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
9. World’s Best Hajj & Umrah Operator – ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia
10. World’s Best Halal Destination – West Sumatera, Indonesia
11. World’s Best Halal Culinary Destination – West Sumatera, Indonesia
12. World’s Best Halal Cultural Destination – Aceh.

Akankah Indonesia akan memenangkan dan menjadi juara umum seperti tahun lalu? Kita tunggu pengumumannya pada tanggal 7 desember 2016 mendatang. Kita bisa memberikan vote di voteindonesia.com. Dan pantau terus mengenai penghargaan World Halal Tourism Award di website itwabudhabi.com

 

Sumber : kemenpar.go.id

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
SHARE