Setara.net – Jogja adalah salah satu kota teristimewa di Indonesia. Itu sudah terlihat jelas dari taglinenya. Jogja Istimewa atau Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan keistimewaannya, kota ini memiliki beragam sosial dan budaya.

Kota Jogja memiliki banyak sebutan, misalnya kota pelajar, kota gudeg, kota budaya dan lainnya. Di Jogja kamu bisa mendapatkan atau menemui banyak sekali perguruan tinggi. Dari perguruan tinggi negeri hingga swasta. Semuanya tumpek blek di Jogja.

Selain itu, di Jogja sangat menarik dikunjungi karena tempat wisatanya. Mulai dari wisata alam, kuliner, dan lainnya. Dari informasi Dinas Pariwisata DIY tahun  2015, wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara yang datang ke Jogja jumlahnya lebih dari 280.000 orang untuk wisman dan 3,3 juta untuk pelancong lokal.

Kota Jogja memiliki kenaikan kunjungan setiap tahunnya. Baik wisatawan manca maupun lokal. Artinya, Jogja merupakan salah satu destinasi terbaik untuk urusan wisata di Indonesia.

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Dimana saja sih yang harus dikunjungi ketika kamu berada di kota Gudeg ini?

Tugu Jogja

Tugu Jogja
Tugu Jogja di malam hari

Tempat Pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Tugu Jogja. Ketika kamu pertamakali menjejakkan kaki di kota Jogja, hal pertama atau tempat pertama yang kamu kunjungi adalah Tugu Jogja. Tugu ini adalah ikon kota Jogja. Kamu bisa mengambil foto selfie atau bareng teman dan diupload ke sosial media. Bisa dibilang adalah hal wajib melakukan foto di sini ketika di Jogja.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Jogja di kala malam hari
Jalan Malioboro Jogja di kala malam hari

Dari Tugu Jogja kamu bisa beralih ke Jalan Malioboro. Adalah hal yang harus kamu kunjungi ketika di Jogja. Seperti Tugu Jogja, tempat ini merupakan incaran para pecinta selfie atau yang suka narsis. Rasanya sangat kurang ketika kamu di Jogja, dan tidak foto di Jalan Malioboro. Dari wisatawan lokal maupun manca kebanyakan akan melakukan hal ini. Mengambil foto berlatar tulisan “jalan malioboro” akan sering kita temui ketika seseorang sedang liburan di Jogja.

Candi Prambanan

Keindahan Candi Prambanan
Keindahan Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Candi ini merupakan kompleks candi hindu terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di jl. Jogja – Solo, Km 16, Prambanan, DIY. Konon, candi ini dibangun hanya dalam waktu semalam. Situs ini merupakan candi terindah yang ada di Asia Tenggara. Tak salah, jika kamu sedang berada di sekitaran Jogja dan mampir kesini.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam kalibiru
Foto Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Tempat wisata alam yang satu ini, beberapa tahun terakhir ini menjadi hits di media sosial. Karena tempat ini instagramable banget. Tempat ini berada di lokasi perbukitan Menoreh, Kulon Progo, DIY pada ketinggian 450 MDPL. Ketika kamu melancong kesini, pastinya kamu harus mencoba foto di salah satu fly over.

Pantai Parangtritis

Keindahan Pantai Parangtritis
Keindahan Pantai Parangtritis

Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal di Jogja, dan juga Indonesia. Sehingga Tempat ini layak kamu kunjungi ketika di Jogja. Pantai Parangtritis lokasinya 27 KM di selatan Yogyakarta. Kamu bisa menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Untuk transportasi umum, disana beroperasi hingga jam 5 sore. Alangkah lebih baiknya ketika kamu ke Parangtritis menjelang sore hari, kamu bisa menikmati sunset dengan indah nan damai bareng teman atau pasanganmu.

Baca juga : 7 Barang wajib bawa saat liburan ke pantai


Itulah sebagian dari wisata Jogja yang bisa kamu kunjungi. Terlebih dari itu, di kota Gudeg ini masih banyak menyimpan keindahan wisatanya. Kamu tak akan menyesal jika berkunjung ke Jogja. Apalagi disana jajanan dan biaya hidup terkenal murah. Dan penduduknya terkenal ramah.

Jadi, kapan kamu ke Jogja?

 

 

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE