Setara.net – Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saat ini sudah terdapat banyak sekali platform berita online yang sedikit demi sedikit bisa menarik perhatian banyak pengguna internet di Indonesia. Sebut saja BaBe (Baca Berita), Line Today, BACA, dan yang sedang trend dan banyak menjadi perhatian masyarakat adalah UC News.

Memang platform berita online yang berbasis Android dan iOS ini bisa menggeser beberapa media berita yang berbasis web, seperti Tribunnews, Detik.com, Kapanlagi.com, dan banyak lagi yang lainnya. Dan lebih hebatnya, dengan banyaknya platform berita online tersebut bisa sedikit menggeser dominasi Youtube yang dimana beberapa tahun terakhir ini sangat mempengaruhi sebagian besar pengguna internet di Indonesia.

Mungkin aplikasi BaBe (Baca Berita) merupakan platform berita online pertama yang di dalamnya terdapat postingan dari berbagai media mainstream (Tribunnews, dll). Meskipun perjalanan aplikasi BaBe ini sangat perlahan dan tidak secara cepat bisa booming, namun karena mungkin berbagai iklan dan usaha yang telah dilakukannya, lama kelamaan aplikasi yang katanya juga satu perusahaan dengan Jalantikus ini bisa booming dan sekitar seperempat pengguna Android di Indonesia “pernah” menginstall aplikasi ini.

Namun beberapa bulan setelah BaBe mulai kian menanjak, kompetitor dari China mulai menyerang dengan dikeluarkannya aplikasi platform berita online yang bernama UC News, yang dihadirkan oleh UCWeb Inc.

Perjalanan UC News ini setidaknya sedikit cepat dibandingkan BaBe. Dengan berbagai cara dan usahanya untuk memperkenalkan aplikasi yang dibawahi oleh Alibaba Group, dalam kurun waktu 3-5 bulan UC News sudah mulai booming dan banyak terpasang di berbagai Smartphone Android. Selain iklan yang begitu gencar dilakukan oleh UC News, juga karena faktor terintegrasi-nya dengan UC Browser yang bisa membuat UC News ini sangat cepat untuk populer.

Tetapi, beberapa bulan setelah boomingnya UC News, akhir-akhir ini platform berita online paling populer tersebut mulai ditinggalkan oleh sebagian penggunanya. Sepertinya hal itu dikarenakan kualitas berita dari banyak kontributor di UC News yang sangat mengecewakan. Seperti banyaknya berita hoax, fake news, dan lebih parahnya antara judul dan isi tidak nyambung.

Presentase Sumber Akses Berita Online 2
Presentase Sumber Akses Berita Online | Setara.net

Saat ini UC News sangat populer dengan kejelekannya. Bahkan banyak juga yang menganggap bahwa UC News merupakan sumber berita hoax ataupun fake news. Banyak yang membully UC News dengan berbagai kejelekannya tersebut, bahkan sudah sering keluar meme-meme yang menyudutkan UC News.

Tetapi, saat ini bukan hanya UC News yang terkenal dengan beritanya yang penuh dengan clickbait dan terlalu lebay. Nampaknya aplikasi BaBe (Baca Berita) yang awalnya sangat terpercaya, saat ini perlahan juga mendapatkan nada yang negatif dari para pembacanya. Seperti mengikuti jejak UC News, berita yang dihadirkan oleh BaBe juga sangat lebay dan seperti berusaha keras mendapatkan viewers dibandingkan dengan kualitas informasi.

Akan tetapi, meskipun sudah mendapatkan berbagai testimoni negatif dari para pembacanya, UC News dan BaBe masih terdapat di posisi 5 besar platform berita online yang paling banyak dibaca oleh masyarakat.

Laporan Khusus:

SHARE