Setara.net – Melindungi rumah yang kamu tinggalkan sejenak untuk liburan adalah hal yang sangat penting. Apalagi jika kamu mengadakan liburan di tempat yang jauh atau misalnya ke luar negeri. Pastiin kamu mengambil langkah yang tepat, agar liburanmu bisa tenang dan tidak kepikiran rumah. Karena fungsi liburan salah satunya adalah melupakan sejenak tentang rumah.

Apa saja sih langkah untuk melindungi rumah pada saat liburan?

Pasanglah  CCTV di rumahmu

cctv di rumah
Memasang CCTV adalah hal penting pada saat kamu liburan

Sebelum kamu melakukan liburan dengan keluarga, sebaiknya kamu memasang kamera pengintai di rumah. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tidak salahnya jika rumah kamu dipasangi kamera pengintai. Dengan adanya kamera ini, rumahmu bisa kamu kontrol ketika sedang liburan. Jika dirasa harganya mahal, banyak sekali kok jenis CCTV yang harganya murah.

Pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci

Tutup jendela rumah
Jangan lupa menutup pintu dan jendela rumah

Kamu akan menghabiskan waktu yang lumayan panjang pada saat liburan. Sebelum kamu berangkat untuk melakukan kegiatan liburan, kamu harus mengecek pintu dan jendela rumah. Pastikan semuanya terkunci dengan baik.

Simpan barang berharga di tempat yang aman

brankas penyimpanan barang mewah
Surat dan barang berharga harus disimpan di tempat yang aman

Kamu berlibur pastinya tidak akan membawa barang-barang yang berharga bukan? Cara yang terbaik untuk menyimpan barang atau surat berharga adalah dengan cara menyimpannya di tempat yang aman. Misalkan di brankas, dan dipastikan setelah menyimpan harus dikunci.

Periksa Listrik dan Gas

cabut colokan listrik
Listrik dan gas adalah pemicu kebakaran, maka kamu harus mencabutnya

Cabutlah barang-barang elektronik yang tidak kamu gunakan dari sambungan listrik selama berlibur. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebakaran. Juga yang tak kalah pentingnya adalah, cabutlah selang gas di dapur, resiko kebakaran juga berasal dari kompor gas. Maka kamu harus memeriksa kedua barang tersebut.

Titipkan kunci rumah kepada teman atau keluarga terdekat

Titipkan kunci ke keluarga terdekatmu
Titipkan kunci ke keluarga terdekatmu

Dalam poin ini, kamu harus benar-benar tahu temanmu. Maksudnya disini adalah, titipkan kunci rumah kepada teman baikmu. Kamu harus mengenal dekat. Tapi lebih baiknya, kamu menitipkan ke keluarga terdekat yang bisa kamu percaya. Fungsinya menitipkan kunci rumah adalah untuk mengecek dan menjaga rumahmu saat kosong. Hal ini juga membantu kamu saat ada barang atau surat yang dikirimkan ke rumah. baca juga tips liburan hemat dan menyenangkan

 

Informasikan kepada RT atau pihak kemanan setempat

Two female friends talking.
Informasikan ke RT atau kemanan perumahan

Memberikan informasi kepada RT atau pihak kemanan perumahan adalah hal yang sangat penting. Informasikan kepada mereka bahwa kamu akan berlibur dan menghabiskan waktu beberapa hari ke depan.

Gak usah pamer sedang liburan di sosial media

jangan pamer di sosial media
Jangan terlalu pamer di sosial media pada saat kamu liburan

Ketika kamu beserta keluargamu sedang berlibur, maka usahakan jangan selalu update liburanmu di media sosial. Karena jika seseorang yang mengenalmu dan berniat jahat, maka rumah bisa dijadikan target “pencurian” atau hal yang tidak diinginkan lainnya.


Itulah tips meninggalkan rumah saat liburan. Gimana sudah siap untuk berlibur? Jika kamu memiliki tips selain di atas, kasih tahu ya di menu komentar.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda