Setara.net – Koper adalah barang wajib bawa saat traveling, apalagi ketika kita menggunakan pesawat. Tentunya membawa dan mengurus koper di bagasi bandara prosesnya agak ribet. Belum lagi beberapa waktu lalu banyak sekali diberitakan bahwa koper-koper yang ada di bagasi tersebut dibobol oleh orang lain.

Untuk mengantisipasi terjadinya koper diambil isinya, kita harus benar-benar menjaga koper kita seaman mungkin. Ada cara-cara agar koper kita aman dan tentunya tidak dibobol oleh orang.

Tips Agar Koper Tak Dibobol Maling di Bandara

Gunakan Gembok atau sabuk pengaman tas tambahan

Ini adalah tips yang penting bagi kita saat membawa koper. Belilah gembok koper agar koper menjadi aman oleh pembobol. Selain susah dibuka, gembok ini juga memiliki kode angka-angka yang tentunya kamu sendiri yang tahu.

Lapisi Koper dengan plastik wrap

Setelah koper digembok. Berikutnya adalah memasang plastik wrap pada koper. Memang, hal ini akan menambah biaya traveling. Tapi, ini berfungsi untuk keamanan barang yang kita bawa. Saat ini sudah banyak di bandara yang menyediakan layanan plastik wrap. Kalaupun ada niat orang jahat dan membobol koper, pastinya akan membekas. Jadi kita bisa melaporkan kepada pihak bandara.

Gunakan Koper yang mencolok atau berbeda dari yang lain

Hal ini adalah salah satu cara agar koper kita aman oleh sindikat pembobol koper di bandara. Selain koper yang kita bawa resiko tertukar dengan koper orang lain minim, koper dengan warna mencolok akan memudahkan kita saat proses pengambilan di bandara. Sedkit norak? Tidak masalah, selama barang bawaan kita aman.

Buang Airline tag sebelumnya

Untuk mengantisipasi agar koper kita tidak tertukar atau hilang, kita harus membuang airline tag sebelumnya. Hal ini agar petugas di bandara tidak salah menaruh koper kita di pesawat lain.

Pilihlah koper tanpa reseleting

Para sindikat pembobol koper di bandara beraksi dengan cara membobol reseleting pada koper. Modusnya adalah dengan memasukkan sesuatu ke reseleting hingga terbuka. Setelah terbuka dan mengambil isinya, mereka akan menarik kepala reseleting hingga tertutup kembali. Kita bisa membeli koper dengan reseleting yang bisa disembunyikan atau sekalian membeli koper tanpa reseleting.

Pilih maskapai yang reputasinya bagus

Selain memberikan perlindungan lebih terhadap barang bawaan, kita juga pelru mencermati otoritas-otoritas yang mengurus koper. Gunakanlah maskapai yang memang terbukti bagus serta reputasi keamanan dan pelayanan yang baik. Menggunakan maskapai dengan reputasi keamanan yang baik membuat kita aman dari para pembobol. Meskipun di beberapa bandara aktivitas bongkar muat tidak sepenuhnya tanggung jawab maskapai, setidaknya resiko koper kita dibobol kecil.

Baca juga : Pertama Kali Naik pesawat? Ketahui Hal Berikut Ini

Itulah beberapa cara agar koper kita aman di bandara. Pada intinya, kita harus mengantisipasi sedini mungkin agar koper kita tidak dibobol oleh maling. Semoga cara di atas berguna bagi kita semua dan di waktu mendatang tidak ada lagi cerita yang kopernya dibobol oleh orang-orang jahat.

Sekian tips dari Setara.net, simak terus mengenai tips traveling dan wisata kuliner hanya di setara.net.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda