Dengan kemajuan teknologi, perusahaan sangat gampang mengiklankan lowongan pekerjaan kepada pelamar. Situs-situs lowongan kerja di Indonesia sangat banyak. Lalu apa saja sumber pelamar mendapatkan informasi lowongan kerja?

Setara.net – Mendapatkan pekerjaan di Indonesia itu sangat susah-susah gampang. Padahal di Indonesia atau di kota-kota besar di Inonesia, lowongan pekerjaan itu sangat melimpah. Namun para pelamar kerja juga sangat banyak. Perbandingan antara lowongan pekerjaan yang ada dengan pencari kerja sangat timpang. Tentunya lebih banyak pencari kerjanya.

Buan-bulan ini adalah bulan para pencari kerja. Betapa tidak, momen ini adalah usai lebaran dan tentu saja lulusan sekolah seperti SMU/SMK ingin mencari kerja. Selain itu para pencari kerja menunggu momen setelah lebaran karena mereka ingin ikut saudaranya bekerja di luar kota.

Lowongan kerja melimpah, pelamar apalagi

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa lowongan pekerjaan di kota-kota besar di Indonesia sangat berlimpah. Menurut CEO Karir.com pada acara Salary Benchmark di Jakarta, 2015 lalu mengatakan bahwa setiap satu lowongan pekerjaan memiliki GAP 50:1  “Hal ini berarti tiap satu orang pencari kerja harus bersaing dengan 49 orang lain di industri yang sama” ungkapnya, seperti dikutip dari Beritasatu.

Dengan begitu menunjukkan bahwa, ketika Anda ingin melamar pekerjaan artinya akan ada 48 orang yang akan melamar pekerjaan yang sama. Jika Anda tidak memiliki skill dan pengalaman yang lebih, maka siap-siap saja Anda akan ditendang oleh HRD. Hal ini adalah salah satu faktor mengapa di Indonesia memiliki jumlah pengangguran yang tinggi.

Sumber info lowongan kerja

Memperoleh informasi lowongan kerja saat ini sangat mudah dibandingkan dengan dulu. Saat ini internet telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia. Apalagi generasi milenial di Indoensia. Hal ini menarik bagi Jobplanet Indonesia untuk mengetahui lebih jauh mengenai pelamar kerja mendapatkan informasi lowongan kerja dari mana.

Survey yang dilakukan oleh Jobplanet Indonesia — sebuah paltform online mengenai informasi pekerjaan, menunjukkan bahwa sumber informasi lowongan kerja setidaknya dibagi menjadi enam macam. Survei tersebut dilakukan melalui situs Jobplanet.com sejak bulan Januari hingga Mei 2016 dan melibatkan 31.500 orang responden yang juga merupakan pengguna Jobplanet.

Sumber paling banyak didapat oleh pencari kerja adalah informasi langsung dari karyawan perusahaan. Sumber ini menyumbang sebesar 30,33 persen. Selanjutnya sumber dari iklan lowongan pekerjaan yang mendapat persentase sebanayak 24,94 persen. Iklan lowongan pekerjaan ini mencakup berbagai mecam media. Seperti media sosial, situs penyedia jasa lowngan kerja, portal online, koran, radio, dan televisi. Tentunya yang paling besar adalah dari iklan di internet.

Sumber Info Lowongan Kerja
Sumber Info Lowongan Kerja | © Jobpalnet Indonesia

Sumber selanjutnya adalah dari situs web perusahaan yang memperoleh persentase sebesar 13,06 persen. Lalu ada dari pusat pengembangan karir atau universitas yang hanya mendapatkan 10,55 persen saja.

Bagaimana dengan Perusahaan

Dengan kemajuan teknologi, perusahaan sangat gampang mengiklankan lowongan pekerjaan kepada pelamar. Situs-situs lowongan kerja di Indonesia sangat banyak. Dengan memasang iklan lowongan pekerjaan di situs tersebut, maka perusahaan dalam hal ini HRD tak susah payah saat mencari karyawan baru. Mudahnya lagi adalah, ketika lowongan kerja dipasang di situs online, maka tak akan lama para pelamar akan berdatangan. Hal ini juga menguntungkan dari sisis perusahaan karena dengan banyaknya pelamar, perusahaan bisa memilih pelamar yang sesuai dengan kriteria.

Laporan Khusus:

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
SHARE