Perusahaan startup Jobplanet Indonesia yang bergerak di bidang informasi dan lowongan kerja secara online telah merilis startup terbaik di Indonesia sepanjang tahun 2016. Apa saja?

Setara.net – Dunia ini perkembangannya semakin cepat. Seakan hari ini dengan besok, perkembangannya tak bisa kita duga. Begitupula dengan perusahaan. Banyak sekali di global maupun lokal perusahaan-perusahaan bermunculan dan juga banyak juga yang gulung tikar.

Dimulai dari satu dekade lalu, perusahaan-perusahaan bermunculan dengan latar belakang teknologi. Startup-startup dunia muncul dan menjadi primadona hingga sekarang. Saat ini, di Indonesia beberapa tahun terakhir kehadiran startup-startup yang didominasi oleh generasi muda terus bermunculan. Malah ada beberapa contoh yang saat ini sudah menjadi besar. Sebut saja Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan sederetan startup lainnya.

Perusahaan konvesional

Dengan banyaknya kemunculan perusahaan startup di lima tahun terakhir membuat perusahaan konvesional ketar-ketir. Pasalnya adalah menurut website pencari kerja Jobplanet, bahwa generasi milenial justru lebih condong untuk melamar kerja pada perusahaan startup dibandingkan dengan perusahaan konvesional yang sudah besar dan terkenal. Dengan begitu, patut dikhawatirkan perusahaan-perusahaan konvesional ini harus bisa berinovasi. Jika inovasi tidak dilakukan, maka lambat laun akan bangkrut dan menjadi sejarah saja, bahwa pada masanya perusahaan itu pernah jaya.

Perusahaan Startup Indonesia dan Dunia

Pada dasarnya sebenarnya startup adalah memodifikasi perusahaan konvesional. Namun peraturan dan lainnya teah mereka rubah. Kemunculan startup di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Tiket, dan Gojek membuat kehadiran startup lainnya semakin meriah. Jika Anda pengamat berita teknologi, misalkan sering baca di Tech in Asia maka kemunculan startup baru dalam seminggu saja jumlahnya banyak sekali.

Bekerja di perusahaan Startup

Begitu banyaknya startup, maka para pencari kerja khususnya generasi milenial justru memilih pekerjaan pada perusahaan startup. Padahal startup-startup ini masih banyak yang merintis dari nol dan belum besar. Namun hal ini bukan menjadi masalah para pencari kerja, karena yang mereka cari bukanlah uang yang banyak, melainkan pengalaman dan kenyamanan dalam bekerja.

Nyamannya bekerja di perusahaan Startup

Perusahaan startup di dunia maupun lokal dipandang atau identik dengan nyaman. Contoh paling nyata adalah di Google Inc. Siapa generasi milenial yang tak mau bekerja di Google. Dengan fasilitas yang luar biasa, dan kenyamanannya serta fleksibelnya peraturan perusahaan maka mayoritas pencari kerja akan bersedia bekerja di Google.

Begitupula di Indonesia. Ada hal-hal yang banyak dicari pekerja mengapa memilih startup dibandingkan dengan perusahaan konvesional. Contoh yang paling nyata adalah, di perusahaan startup dalam hal berpakaian saja sangat santai. Tidak perlu lah kita memakai kemeja lengan panjang, bercelana bahan, dan menggunakan speatu pantofel layaknya di kantoran atau perbankan. Pakaian formal seperti itu sangat dibuang jauh dan terkesan kaku oleh pekerja di perusahaan startup.

Belum lagi pada peraturan perusahaan. Bandingkan dengan konvesional yang harus masuk dari misalkan jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Pada perusahaan startup justru cenderung lebih siang masuk kerjanya. Pada poin ini, perusahaan startup lebih fleksibel dan bahkan kadang bisa dikerjakan di rumah, tak perlu datang ke tempat kerja.

Belum cukup dengan itu saja, di perusahaan startup berbagai fasilitas disediakan untuk menunjang kenyamanan karyawannya. Area bermain di tempat kerja, minuman serta makanan, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang tentunya tidak didapat pada perusahaan konvesional.

8 Perusahaan Startup Indonesia yang nyaman untuk bekerja di Indonesia

Beberpaa waktu lalu, perusahaan startup Jobplanet Indonesia yang bergerak di bidang informasi dan lowongan kerja secara online telah merilis startup terbaik di Indonesia sepanjang tahun 2016.

Pada riset ini, Jobplanet menilai tingkat kepuasan karyawan dari skala 1 sampai 5, di mana 1 adalah mewakili penilaian sangat tidak puas, Kemudian 2 tidak puas, 3 cukup puas, 4 puas, dan 5 sangat puas.

Perusahaan startup terbaik yang terpilih, merupakan perusahaan yang mendapatkan penilaian tertinggi dari para karyawannya, yakni perusahaan dengan tingkat kepuasan karyawan di atas 3,5.

Startup ternyaman menurut karyawan di Indonesia
Startup ternyaman menurut karyawan di Indonesia

PT Sale Stock Indonesia mendapat posisi paling atas dengan skor 4,38. Kemudian disusul oleh PT Global Digital Niaga (Bibli.com) dengan nilai (4,31), dan selajutnya PT Tokopedia (4,19). Gojek, perusahaan yang menarik banyak pekerja menempati posisi ke-6 dengan skor 3,64.

Nah, bagaimana Anda? Apakah tertarik bekerja di perusahaan startup atau apakah memilih di perusahaan konvesional? Pilihan ada di tangan Anda sendiri.

Laporan Khusus : 

  1. Grab, Go-Jek dan Matahari Mall, Siapa yang Mendapatkan Kucuran Dana Terbanyak?
  2. Geevv, Social Search Engine Karya Anak Bangsa
  3. Blu-Jek, Tumbang Sebelum Berkembang
  4. Go-Jek, Lahir dan Berkembang Menjadi Contoh Startup di Indonesia
  5. Perusahaan Startup Paling Nyaman Untuk Bekerja di Indonesia

 

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
SHARE