Anda mau tau cara membuat Online Shop? – Online Shop adalah cara berbelanja melalui internet, tidak ada tatap muka secara langsung seperti ketika Anda membeli barang langsung di toko. Online Shop kini menjadi salah satu alternatif berbelanja karena kemudahan dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

Bisnis online shop merupakan bisnis yang menjanjikan dan sangat menguntungkan. Hal ini karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar seperti ketika membuka toko secara offline. Anda ingin mencoba membuka online shop? Tetapi sebelum membuat online shop sendiri, silahkan simak beberapa poin penting ini terlebih dahulu:

  1. Menentukan Apa yang Anda Jual

Anda harus mempertimbangkan mengenai apa yang akan Anda jual pada bisnis online Anda. Karena tidak semua barang yang dijual offline bisa diterapkan di bisnis online. Anda bisa memilih produk fisik atau pun jasa yang terpenting, Anda harus bisa menangkap peluang pasar yang ada.

  1. Segmentasi pasar

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan segmentasi pasar. Anda harus melihat persaingan pasar untuk produk yang akan dijual. Usahakan produk Anda unik dan memiliki nilai pembeda yang bisa dijadikan alasan kenapa customer harus membeli produk Anda.

  1. Uji Pasar

Sebelum memasarkan produk secara luas, alangkah baiknya Anda melakukan uji pasar untuk produk yang akan Anda jual. Kenapa? Karena dengan melakukan uji pasar, akan tahu siapa pembeli untuk produk Anda, berapa kuantitas rata-rata yang akan dibeli dan yang terpenting adalah tingkat kepuasan customer terhadap produk Anda.

  1. Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis adalah modal awal untuk Anda memulai bisnis online. Buat rencana yang matang tentang bisnis yang akan Anda kembangkan. Lakukan survey-survey untuk mengembangkan rencana bisnis Anda.

  1. Strategi pemasaran

Banyak yang bisa Anda lakukan untuk strategi pemasaran Anda di bisnis online. Anda bisa menggunakan iklan Adword, FB Ads, Intagram Ads dan bermacam iklan yang ditawarkan. Anda juga bisa mengembangkan secara organik dengan website yang Anda punya.

Di sini hal yang perlu diperhatikan adalah Anda memerlukan Online shop yang siap untuk menampung produk Anda. Kenapa harus Online shop? Karena Online shop adalah rumah untuk bisnis online Anda. Anda tidak bisa hanya mengandalkan marketplace unuk berjualan karena marketplace hanya persinggahan yang tidak bisa Anda andalkan.

Anda memerlukan sebuah rumah untuk pondasi dan mengembangkan bisnis online Anda. Dengan adanya online shop Anda dapat menarik pengunjung yang kemudian bisa Anda konversi menjadi customer yang membeli produk Anda.

Bagaimana cara membuat Online shop yang mudah? Ada cara mudah untuk membangun Online shop yaitu bergabung dengan winmarket.id.

Winmarket adalah platform ecommerce yang bertujuan untuk meningkatkan omzet jualan Anda. Di Winmarket, Anda bisa mengelola online shop sendiri dan pastinya Anda dapat mengembangkan brand agar lebih dikenal luas. Anda juga dapat menggaet para dropshipper untuk membantu memasarkan produk Anda.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE