Setara.net –¬†Indonenesia merupakan negara dengan salah satu pengguna internet terbesar di dunia. Internet sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan. Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017 mencatat sebanyak 143,3 juta pengguna internet.

Jika dilihat data di atas berarti dengan populasi Indonesia sejumlah 262 juta jiwa, penetrasi pengguna internet di Indonesia sekitar 54,7 persen.

Penetrasi pengguna internet di Indonesia
APJII juga telah mengeluarkan data mengenai penetrasi pengguna internet di Indonesia dan dibagi beberapa kategori usia. Yang menarik adalah penetrasi tersebut didominasi oleh Generasi Z dan Generasi Milenial.

Perlu diketahui bahwa generasi Z adalah adalah kelahiran dari tahun 1996-2010, sedangkan generasi Milenial lahir antara tahun 1977-1995. Dari kedua generasi tersebut mendominasi pengguna internet di Indonesia. Generasi Z sebanyak 75,50 persen sedangkan generasi Milenial 74,23 persen.

Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Berdasarkan Usia
Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Berdasarkan Usia | APJII

Dengan peta di atas bisa dikatakan, jika kita ingin menjual suatu produk, maka kita tahu akan seperti apa yang harus dijual. Soal konsep dan strategi pemasaran juga demikian, harus lebih kekinian dan benar-benar menyasar ke anak muda.

Karakteristik Generasi Z

Data dari Tirto memaparkan bahwa karakteristik Generasi Z itu berbeda dibanding dengan generasi Milenial, apalagi dengan generasi X. Di Indonesia terdapat 68,02 juta jiwa (sesus 2010), mereka memiliki ciri-ciri karakteristik seperti menghargai keberagaman, menjadi agen perubahan, berorientasi pada target, dan senang berbagi.

Generasi Milenial dan Generasi Z
Generasi Milenial dan Generasi Z | Tirto

Selain itu mereka juga lebih hemat, menyukai kampanye yang kekinian, sanggup berkompromi, asyik dengan teknologi, berpikir terbuka, dan lain sebagainya.

Dengan adanya ciri dan karakteristik di atas, kita juga lebih tahu bagaimana menghadapi dua generasi ini. Tapi yang pasti adalah generasi milenial dan Z banyak menghabiskan waktunya untuk berinternet.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE