Setara.net – Masih ingatkah Anda, pada tanggal 11 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Membahas kesehatan jiwa, apalagi dunia sekarang mungkin bisa dibilang lebih parah ketimbang dulu, perkembangan di semua lini begitu pesat, yang tidak dapat mengikuti perkembangan jaman akan tergerus oleh kemajuan teknologi.

Banyaknya pemberitaan mengenai kesehatan jiwa dan baru-baru ini ada berita video tentang bunuh diri seseorang yang diunggah di facebook sangat miris. Untuk itu Tahun 2015 lalu, di hari yang sama dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Direktorat Bina Kesehatan Jiwa dari Kementrian Kesehatan RI (sekarang Direktorat Pencegahan dan Pengedalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA) telah meluncurkan Aplikasi Sehat Jiwa. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi, informasi dan edukasi (e-KIE).

aplikasi sehat jiwa
aplikasi sehat jiwa

Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store pada sistem android. Berisi fitur-fitur yang meliputi info pelayanan yang meliputi informasi pencarian rumah sakit, informasi tentang pelaporan Wajib Lembaga Pecandu Narkoba. Info kesehatan, deteksi dini, laporan terduga pasung dan laporan percobaan bunuh diri serta disertai fitur geolokasi.

Fitur Kesehatan

Penampakan Aplikasi Sehat Jiwa
Penampakan Aplikasi Sehat Jiwa

Fitur kesehatan berisi informasi kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan jiwa seperti cara dan latihan dalam mengendalikan stress dan video tutorial pencegahan bunuh diri.

Fitur Deteksi Dini

Fitur deteksi dini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar deteksi kesehatan jiwa. Ada tiga pertanyaan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, yakni:

  • Geriatric Depression Scale untuk mendiagnosis depresi pada usia lanjut.
  • Self Reporting Questionnaire berupa pertanyaan yang berhubungan dengan nyeri atau sakit tertentu dan masalah yang mengganggu selama 30 hari terakhir.
  • Cage merupakan instrumen yang digunakan secara internasional sebagai penilaian untuk mengidentifikasi tingkat kecanduan alkohol seseorang.

Fitur Pelaporan Terduga Pasung dan Percobaan Bunuh Diri

Fitur ini menghimbau masyarakat agar tanggap dan perhatian terhadap lingkungannya, bila ada terduga pasung atau percobaan bunuh diri di sekitar lingkungannya maka dapat segera melaporkannya melalui fitur ini.

Sejak diluncurkannya aplikasi Sehat Jiwa sudah diunduh lebih dari 5000 kali dari berbagai negara dan digunakan terbanyak di indonesia. Testimoni positif dapat dilihat dalam review aplikasi menunjukan bahwa aplikasi ini mendapatkan sambutan yang cukup baik.

Pelayanan Kesehatan Jiwa yang Bergerak

Mobil Pelayanan Kesehatan Jiwa
Mobil Pelayanan Kesehatan Jiwa

Bergerak disini dimaksud dengan dibuatkannya mobil pelayanan khusus kesehatan jiwa agar dapat menjangkau masyarakat secara luas. Layanan Mobile Mental Health Service (MMHS) diluncurkan untuk mempermudah identifikasi dan penanganan terhadap penderita kejiwaan di sekitar masyarakat.

Dalam 1 mobil berisi tim yang terdiri dari tenaga kesehatan (dokter umum, perawat, psikolog dan psikiater) dan tenaga non kesehatan (pekerja sosial, konselor terlatih dan sopir). Mereka akan bekerjasama dengan puskesmas, guru, kader kesehatan posyandu, PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh wanita setempat dalam menjalankan pelayanan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Mengapa MMHS Harus Ada?

MMHS sangat diperlukan sebagai solusi untuk mendekatkan pelayanan kejiwaan kepada masyarakat. Hanya sekitar 10% penderita yang baru mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa serta kurangnya fasilitas membuat jauhnya akses pelayanan, rendahnya pengetahuan dan minimnya dukungan masyarakat akan pelayanan ini.

Jumlah Orang yang Menderita Sakit Jiwa
Jumlah Orang yang Menderita Sakit Jiwa | Setara.net

Sasaran MMHS

Pelayanan ini menyasar kepada masyarakat yang berisiko yang dibagi dalam berbagai kelompok masyarakat yakni, kelompok usia anak dan remaja, kelompok ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, kelompok pekerja, kelompok usia lansia, kelompok disabilitas, kelompok orang-orang yang mengalami kekerasan dan diskriminasi juga kelompok penghuni lapas dan rutan.

Diberikan jam pelajaran tambahan khusus bimbingan konseling di sekolah-sekolah agar siswa dapat mengarahkan gangguan seperti stres belajar ke arah yang lebih positif.

Dimana Dapat Menemukan MMHS

Ada tiga unit mobil yang diadakan per 2014, mobil pertama ada di RSJ Suharto Herdjan Jakarta untuk pelayanan Jabodetabek. Mobil kedua di RSJ Radjiman Widyodiningrat Lawang untuk pelayanan Jawa Timur. Mobil ketiga di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk pelayanan di Sulawesi Selatan.

Semoga dengan diadakannya pelayanan kesehatan jiwa yang terus berinovasi dapat menjadi alasan untuk meminimalisir penderita gangguan jiwa dan mengurangi tingkat persentase bunuh diri akibat depresi.

Baca juga:

Desti

Blogpreneur yang gak peduli sama sakit hatinya dihina orang, yang tetap berjalan menuju mimpinya sampai terwujud dan akan membuat si penghina berubah sikap menjadi bertepuk tangan dan pengagum rahasia.
SHARE