Setara.net – Setiap tahunnya situs web World Happiness Report selalu membuat daftar negara yang paling bahagia di dunia. Mereka membuat penilaian dari berbagai indikator, misalnya dari pemerintahan yang baik, kualitas hidup yang baik dan masyarakat yang saling menghargai satu sama lain.

Dalam situs tersebut, sangat lengkap. Kamu bisa melihat negara-negara yang paling bahagia, begitupun sebaliknya. Lalu, negara mana saja yang paling bahagia di dunia?

Tujuh Negara Paling Bahagia di Dunia

  • Denmark (Indeks 7.536)
negara paling bahagia di dunia denmark
Betapa bahagianya tinggal di negara ini…

Negara Denmark merupakan posisi paling puncak untuk polling ini. Mengapa Demark adalah paling bahagia? Selain penduduknya mendapatkan pendidikan dan sekolah gratis, di sini kamu juga akan menemui para masyarakat Denmark yang ramah. Negara Denmark juga salah satu negara teraman di dunia.

  • Swiss (Indeks 7.509)
negara paling bahagia di dunia swiss
Sudah aman, negaranya paling bahagia lagi…

Negara Swiss menjadi negara paling bahagia nomor dua karena, di Swiss tidak adanya konflik. Dari konflik internal maupun eksternal. Di negara ini warganya sangat mengedepankan gaya hidup sehat. Tak salah, jika Swiss menjadi negara yang bahagia. Selain itu, Swiss juga masuk dari kategori negara teraman di dunia bagi traveler.

  • Islandia (Indeks 7.501)
negara paling bahagia di dunia islandia
Di negara ini, kamu akan mendapatkan tempat wisata alam yang indah…

Islandia masuk dalam 3 besar negara yang paling bahagia di dunia. Di Islandia, kamu akan mendapatkan pemandangan-pemandangan yang indah. Islandia juga mendapat ganjaran untuk negara paling aman di dunia. Dalam hal ini, Islandia merupakan sebuah negara yang bahagia dan ditambah lagi dengan aman.

  • Norwegia (Indeks 7.498)
negara paling bahagia di dunia norwegia
Kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan disini…

Norwegia adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di negara ini. Dalam hal wisata, Norwegia memiliki banyak destinasi untuk kamu yang suka traveling. Diantaranya adalah Kepulauan Lofoten, Trolltunga, Geirangerfjord dan lainnya.

  • Finlandia (indeks 7.413)
negara paling bahagia di dunia finlandia
Kamu bisa menikmati pemandangan yang indah ini…

Negara ini termasuk negara yang kecil. Penduduknya yang hanya berjumlah 5,2 jiwa membuat Finlandia menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia. Di negara ini kamu akan banyak sekali menemui tempat sauna. Selain terdapat jutaan tempat sauna. Di Finlandia kamu juga bisa berwisata di Kepulauan Aland dan Lemmenjoki National Park.

  • Kanada (Indeks 7.404)

Di negara ini, kamu juga akan mendapatkan pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, masyarakatnya juga sangat terbuka. Dalam hal sistem pemerintahan, Kanada memiliki sistem pemerintahan yang baik. Kamu bisa menjajal wisata di Kanada, seperti Rocky Mountains, Niagara Falls, dan lainnya.

  • Belanda
negara paling bahagia di dunia belanda
Kamu bisa bersepeda dengan santai di negara ini, jalur khusus sepeda sangat banyak

Negara Belanda merupakan negara yang menjunjung tinggi tentang Hak Asasi Manusia. Di Belanda juga terdapat mahkamah internasional, yang ada di kota Den Haag, Belanda. Warga Belanda, juga sangat terkenal dengan sepedanya. Mereka sangat bangga melakukan aktivitasnya dengan bersepeda.


Itulah negara-negara paling bahagia di dunia menurut World Happiness Report. Lalu, dimanakah posisi negara Indonesia? Negara kita tercinta ini, mendapatkan peringkat 79 dengan indeks bahagia 5.314. Dan lebih baik daripada negara Jordan. Akan tetapi, negara tetangga seperti Malaysia, Singapura berada di peringkat berapa? Negara Upin-Ipin ini memiliki peringkat ke 47 dalam hal negara paling bahagia di dunia. Jika kita tengok negara Singapur, akan lebih menakjubkan lagi. Ia menempati posisi 22.

Dalam hal ini, Indonesia masih lebih baik daripada negara China (5.245) di peringkat 83. Lalu India di peringkat 118 dunia, dari 157 negara.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE