Satudarah milik Indonesia. Kita semua basisnya dari Indonesia, selayak dan sebaiknya satu darah pulang ke Indonesia dan menjadi milik Indonesia.

Setara.net – Pada awalnya ke tujuh pemuda asal Maluku yang tinggal di Belanda ingin bergabung dengan geng motor di negara tersebut. Dengan latar belakang yang berbeda maka pemuda asal Indonesia ini ditolak masuk di geng tersebut. Penolakan yang didasari ras membuat pemuda asal Maluku ini membuat geng motor sendiri.

Tepat di tahun 1990, ketujuh pemuda asli Maluku dan bersama dengan dua orang warga campuran keturunan Belanda mendirikan gen motor yang diberi nama Satudarah Motor Cycle (MC). Meskipun dibentuk di Belanda, namun Satudarah menjunjung tinggi adat dan budaya asal pendirinya, yaitu Maluku Indonesia.

Logo Satudarah adalah wajah lelaki yang berwarna hitam-putih. Warna yang bertolak belakang tersebut melambangkan bentuk diskriminasi yang didapat oleh warga Maluku yang tinggal di Belanda.

“Siapa pun bikers bisa bergabung dalam konteks satu darah. Kita punya komitmen yang sama, kita punya hati yang sama untuk berkembang bersama jadi satu darah” Ujar sekretaris Satudarah, Ralph Manuputty. Sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

Di usianya yang sudha menginjak tujuh belas tahun ini, Satudarah telah memiliki banyak anggota tak hanya di Belanda saja. Namun di kota-kota di Eropa juga terdapat anggota geng motor Satudarah.

Di tanah kelahirannya Indonesia, geng ini juga melebarkan sayapnya. Tepatnya pada 22 Agustus 2012 silam, Satudarah MC didirikan di Indonesia. Saat ini Satudarah MC tak hanya ada di Belanda dan Eropa saja, namun di kota-kota besar di Indonesia geng ini juga ada. Misalnya chapter kota Jakarta, Bandung, Bali, Maluku dan lainnya.

“Satudarah milik Indonesia. Kita semua basisnya dari Indonesia, selayak dan sebaiknya satu darah pulang ke Indonesia dan menjadi milik Indonesia” tandas Ralph Manuputty.

Chapter Satudarah MC di seluruh dunia

Sebaran geng Satudarah MC di dunia - setara.net
Sebaran geng Satudarah MC di dunia – setara.net

Setidaknya Satudarah MC ada di 21 negara di dunia. Hal ini speerti yang terdaftar pada websitenya. Menurut laman website satudarahmc.com, geng ini memiliki anggota yang tersebar di dunia. Tak tanggung-tanggung, mulai di negara Kanada, Singapura, Malaysia, Indonesia, Perancis, Spanyol, Swiss, Turki, Swedia, Denmark dan tentunya Belanda. Tak cukup dari itu, negara Belgia, Australia hingga Amerika juga ada anggota Satudarah MC.

Tentunya di Belanda adalah paling banyak chapter kotanya. Lebih dari 25 kota di Belanda terdapat geng motor Satudarah MC. Selanjutnya ada negara Indonesia yang memilki 8 chapter kota. Diantaranya adalah Jakarta, Depok, Bogor, Sanur dan lain sebagainya.

***

Bagaimana menurutmu warga Indonesia, bangga atau apa yang kamu rasakan?

 

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
SHARE