Beberapa Youtuber di Indonesia mengeruk jutaan rupiah setiap bulannya hasil dari video yang diunggah serta dari iklan. Siapa saja Youtuber Indonesia tersebut?

Setara.net – Hari ini siapa yang tak mengenal Youtube, sebuah situs berbagi video paling terkenal di dunia dan juga di Indonesia. Youtube dibuat oleh 3 pemuda, Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim pada awal 2005 silam. Video pertama kali diunggah di Youtube hanya berdurasi 19 detik oleh Jawed Karim. Diunggah pada 23 April 2005, hingga kini telah ditonton sebanyak 36.937.231 kali dengan jumlah komentar 261.204. Video itu diberi judul “Me at the Zoo”, dalam video tersebut hanya memperlihatkan Jawed saat berada di kebun binatang.

Menurut website Statshow, (18/3) dalam sehari rata-rata pengunjung Youtube sebanyak 36,713,290 orang. Pengunjung bulanan berjumlah 1,101,398,700. Bayangkan setiap detik, youtube ditonton oleh ribuan orang. Dari berbagai kalangan, usia dan negara di dunia. Youtube di Amerika menjadi situs yang paling banyak dikunjungi, begitupula dengan di dunia. Dalam situs Alexa.com, Youtube mendapatkan peringkat kedua di dunia, lagi-lagi mendapat ganjaran peringkat dua situs paling banyak diakses di dunia.

Bagaimana di Indonesia?

Di Indonesia pengguna internet jumlahnya kurang lebih adalah 80 juta orang. Dengan angka yang begitu fantastis, ternyata Youtube di Indonesia memilki popularitas yang sangat tinggi. Situs Youtube hanya kalah dengan Google.com, Youtube mendapat peringkat kedua situs di Indonesia yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia. Bahkan Google.co.id saja dikalahkan oleh Youtube.

Mengapa Youtube menjadi situs populer di Indonesia? Jawabannya adalah karena kecenderungan mayoritas warga di Indonesia lebih memilih menonton video, dibandingkan membaca. Hal ini membuat youtube terus terkerek naik kepopulerannya bahkan balita saja banyak sekali yang menonton situs berbagi video ini.

Memanfaatkan Youtube

Dengan jumlah pengunjung Youtube di Indonesia ribuan setiap harinya, hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif dan pencari uang di internet di Indonesia. Betapa tidak, saat ini channel semua tema ada. Mulai dari makanan, teknologi, anak-anak, humor, tips dan trik serta lainnya. Begitu banyaknya jumlah penonton, pengunggah video di Youtube (youtuber) di Indonesia terus bermunculan. Entah dari orang biasa, blogger, dan artis sekalipun juga menjadi seorang youtuber.

Banyak orang terkenal juga dari Youtube, sebut saja Sinta dan Jojo yang beberapa waktu silam terkenal berkat salah satu videonya. Begitupula dengan Briptu Norman Kamaru yang namanya melejit karena videonya yang menirukan salah satu dari video klip lagu berjudul “Chaiya-Chaiya”. Berkat Youtube, Norman dan Sinta-Jojo menjadi artis dadakan kala itu, walaupun kini, namanya meredup lagi.

Kaya raya berkat Youtube

Raditya Dika. Nama itu seolah-olah menjadi nama paling populer di kalangan anak-anak sekolah di Indonesia, mulai dari SD, SMP, SMA dan Mahasiswa sekalipun rasanya hampir kenal dengan nama yang satu ini. Memang, ia terkenal pertamakali sebagai penulis buku. Namun, tidak dipungkiri bahwa Radit -panggilan akrabnya, mendapatkan jutaan rupiah dari Youtube.

Youtuber Indonesia yang mendapatkan penghasilan jutaan

Menurut website Jalantikus, beberapa youtuber di Indonesia mengeruk jutaan rupiah setiap bulannya hasil dari video yang diunggah serta dari iklan. Siapa saja Youtuber Indonesia tersebut? Masih menurut Jalantikus, youtuber yang mendapatkan penghasilan paling banyak adalah channel Lifia Niala. Channel ini dibuat pada 3 tahun silam, tepatnya 4 maret 2014. Dengan channel yang baru berumur 3 tahun, saat ini ia memiliki jumlah pelanggan sebanyak 571.120 dan telah ditonton 656.651.574 kali. Video yang diunggah oleh channel ini hanyalah video dua anak kecil mengenai kegiatannya. Estimasi pendapatan channel Lifia Niala dalam sebulan mencapai 60 juta rupiah.

Kemudian di posisi kedua adalah Raditya Dika. Sutradara cum penulis cum komika ini telah membuat akun Youtube sejak Juni 2007 silam. Selama hampir sepuluh tahun, ia telah mengunggah video sebanyak 477 buah. Dengan kepopuleran di Indonesia, akun Radit memilki pelanggan yang jumlahnya sangat gila. Sebanyak 2 juta lebih telah mengikuti akun Radit. Total hingga kini adalah 2.232.343 orang dan telah ditonton sebanyak 226.876.926 kali. Walaupun pelanggannya empat kali lipat dibanding dengan Lifia Niala, namun Radit kalah jauh oleh Lifia Niala dalam hal jumlah penayangannya. Dalam sebulan, Radit mengeruk uang dari Youtube sekitar 45 juta rupiah.

Lalu ada Reza “Arap” Oktovian, pada video-video yang diunggah oleh Arap ini adalah mengenai dokumentasinya tentang ia bermain game. Dibuat pada November 2012, ia telah menjaring pelanggan sebanyak 1.131.293 dan teah ditonton sebanyak 198.885.030 kali. Pendapatannya dalam sebulan dari Youtube ia bisa memperoleh uang sebesar 42 juta rupiah, beda tipis dengan Radit.

Selanjutnya ada channel dari Edho Pratama yang telah memiliki pelanggan sebanyak 965.304 dengan estimasi pendapatan perbulan mencapai 40 juta. Kemudian ada channel Last day Production (LDP) yang dikerjakan oleh beberapa orang ini dalam sebulan mereka bisa mendulang uang sebanyak 32,5 juta dalam sebulan dengan jumlah pelanggan 831.995.

Adalagi Young Lex, dengan kemunculannya yang begitu kontroversi, ia mendapatkan uang bulanan dari Youtube estimasi sebanyak 30 juta rupiah. Dengan banyaknya kecaman dan sindiran terhadap dirinya, malah membuat pemilik nama lengkap Samuel Alexander Pieter ini terus melambungkan namanya. Hingga saat ini, Young Lex memiliki pelanggan 456.864.

Estimasi penghasilan Youtuber Indonesia
Estimasi penghasilan Youtuber Indonesia

Sebenarnya masih ada daftar nama-nama youtuber yang mendapatkan uang jutaan rupiah dalam sebulan, sebut saja Agung Hapsah, Chandra Liow, Miawaug, Bayu Skak, dan nama-nama beken lainnya.

Tujuan membuat channel Youtube

Saya mengobrol dengan pemilik channel Rona Ariyolo Sitorus. Ia adalah pelaku dan juga seorang editor di beberapa channel youtube. Dengan ketrampilannya, saat ini ia mengedit sebanyak 8 channel youtube. Namun ia mengatakan kepada saya bahwa ia belum seorang youtuber. “Belum youtuber om” ucapnya sambil terkekeh. Dengan begitu banyaknya channel yang ia edit, dalam sebulan ia bisa meraup uang puluhan juta. “kalau yang dari media (editor) sekitar puluhan juta” tutur Yolo, sapaan akrabnya.

Dengan pendapatan yang begitu menggiurkan, ia tetap memiliki perkejaan utama di sebuah perusahaan yang berlokasi di Jakarta. Dan ia hingga saat ini masih bisa mengerjakan semuanya, menurutnya pekerjaan utama dan sampingannya baik-baik saja “Gak ada masalah kok, karena kan kerja di perusahaan yang bebas. Perusahaan yang menganut yang penting kerja beres” tutur pemuda yang baru merayakan usianya ke dua puluh tiga tahun ini.

Walaupun ia menjadi editor di beberapa channel dan media, ia masih meluangkan membikin channel sendiri. Channel yang ia buat menurutnya hanya untuk menunjang blognya, “bikin video di youtube sebagai penunjang blog, tapi memang nanti bulan mei akan coba develop konten menarik” ujar Yolo. Dalam channelnya, ia mengkhususkan pada tema teknologi dan lebih spesifik kepada IT Infrastucture.

Ketika saya menengok channelnya yang dibuat sejak 6 tahun silam, unggahan terakhir di bulan lalu. Memang di bulan ini ia sedang dipending. Jika melihat ke belakang dua bulan lalu ia masih mengunggah puluhan video dalam sebulan. Beberapa video, bahkan sudah ditonton lebih dari seratus ribu kali namun ia hapus. Saya tertarik menanyakan alasannya mengapa dihapus, dengan singkat ia menjawab “Pengen ajah”. Begitulah kata pemilik blog Ariyolo.id ini.

Pada saat membuat channel pribadinya ia tak niat untuk ditonton jutaan orang. Dengan idealisnya dan menurut pandangan orang keliru, justru hal ini bisa dibalikkan oleh Yolo. Malah ia mendapatkan pundi-pundi uang justru lewat jalan lain, bukan dari jumlah penonton. Ya, memang rejeki bisa datang darimana saja dan kita tidak tahu kapan waktunya.

Laporan Khusus :

  1. Muda, Beda dan Kaya Raya, Inilah 6 Pemuda Terkaya di Dunia
  2. Perusahaan yang Paling Royal Belanja Iklan di TV
  3. Mendulang Uang Dari Youtube

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE