Indonesia rata-rata kecepatan internetnya adalah 4,5 Mbps. Tertinggal jauh dengan negara lainnya. Indonesia dalam hal kecepatan internet bertengger di urutan 94 dunia.

Setara.net – Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, terutama di kota-kota besar┬ádi Indonesia. Sekarang, kegiatan banyak dilakukan dengan menggunakan internet. Bagaimana tidak kebutuhan pokok, misalnya bagi siswa sekolah ataupun mahasiswa ketika sedang ada ujian atau soal yang lumayan sulit, mereka kebanyakan akan menjawab soal tersebut dari internet.

Hal ini berbeda dengan generasi sebelumnya, atau misalnya di Indonesia sebelum tahun 2000. Para murid ketika mendapatkan soal atau tugas dari guru yang agak sulit, maka mereka akan kelimpungan untuk menjawab, jalan terbaiknya adalah dengan mencontek atau bertanya kepada teman. Alih-alih mencari jawaban tersebut di internet.

Dengan semakin berkembangnya jaman, dan akses informasi mudah didapat, maka banyak orang memanfaatkan internet untuk menunjang bisnisnya. Tak hanya bisnis semata, namun internet saat ini adalah ladang informasi yang sangat besar.

Koran atau media cetak dan televisi sekarang pelan-pelan sudah ditinggalkan. Orang-orang lebih suka membaca berita atau mencari informasi di internet. Dahulu, banyak orang setiap pagi membaca koran di teras rumah. Koran-koran terus menyediakan berita terhangat pada hari sebelum koran tersebut dicetak. Artinya, dalam hal kecepatan mendapatkan informasi, orang telah tertinggal satu hari.

Berbeda dengan internet dalam hal ini media daring (online). Misalnya pada jam sekarang terjadi bencana alam atau kebakaran katakanlah, maka selang beberapa menit berita tersebut sudah tersiar di internet. Mulai dari sosial media, hingga media online.

Menurut survey terakhir oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jumlah pengguna internet di Indonesia adalah sebanyak 95,7 juta orang (2016). Yang menggembirakan lagi adalah, survey tersebut setiap tahunnya terus bertambah jumlah penggunanya dengan kenaikan yang signifikan.

Namun yang belum menggembirakan adalah dengan jumlah yang sebanyak itu, Indonesia masih jauh sekali mengenai kecepatan internet. Menurut berita yang dilansir CNN Indonesia, Indonesia rata-rata kecepatan internetnya adalah 4,5 Mbps. Tertinggal jauh dengan negara lainnya. Indonesia dalam hal kecepatan internet bertengger di urutan 94 dunia.

Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) harus membenahi masalah ini. Itupun kecepatan internet di Indonesia juga belum merata. Misalnya di pelosok desa, untuk mengakses internet saja susah. Alih-alih untuk streaming, youtube misalnya. Untuk browisng saja leletnya minta ampun.

Survey terakhir oleh website Statista, ini 10 negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia. Mungkin anda sudah menduga, negara-negara dengan sektor ekonomi yang maju pasti menempati posisi tersebut.

negara-negara dengan internet tercepat di dunia
negara-negara dengan internet tercepat di dunia. Infografis setara.net

Bagaimana dengan Indonesia ke depan?

Dengan akses pengguna internet yang jumlahnya terus melonjak. Maka pemerintah harus menggenjot untuk memperbaiki kekurangan ini. “Semua kabupaten kota tahun 2019 harus terhubung broadband, dengan kecepatan sama” Ujar Menteri Rudiantara di Batam, Riau tahun lalu.

“Kecepatan akses di Jakarta 20 kali lebih cepat dibanding di timur. Di ruangan ini, jauh di bawah Jakarta. Itu kenikmatan di Jakarta. Harga di Papua, paket internet juga 1,65 kali dibanding Jakarta. Sudah lelet, lebih mahal” lanjut Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Menarik untuk ditunggu, agar anak-anak di pelosok desa bisa menggunakan internet dengan layak. Bukankah penyebaran informasi itu penting? Lebih-lebih informasi yang positif.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE